Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan kas dan setara kas merupakan cara yang ditempuh perusahaan untuk memastikan kebenaran saldo kas kecil yang di laporan keuangan dan berdasarkan perhitungan fisik. Kas menjadi aktiva lancar yang mampu mengubah kepribadian para pemakai sesuai tingkat kepentingannya.

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas wajib diberlakukan menyesuaikan tingkatan bisnis seseorang. Setiap perusahaan berhak mengadakan kerjasama untuk menyakinkan para pelanggan atas barang dan jasa yang dikirimkannya. Kas dan setara kas menjadi metode pembayaran yang sering dipakai sesuai keperluannya.

Dokumen yang diperlukan auditor dalam audit kas dan setara kas adalah seluruh pencapaian perusahaan yang dapat membuktikan adanya kekayaan tersebut. Perbedaan pengakuan kas menjadikan entitas bertanggungjawab dalam atribusi pos laporan keuangan sesuai tingkatan bisnis yang telah diselenggarakannya.

Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Mengapa Perusahaan Melalukan Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal kas dan setara kas sebab entitas wajib melaporkan seluruh pemakaian dana perusahaan kepada pemegang sahamnya. Internal control menjadi upaya pencegahan dari adanya risiko bawaan dan risiko pengendalian internal atas aktiva tetap dan aktiva lancar yang dimiliki.

Apa yang menyebabkan terjadinya kecurangan atas saldo kas umum adalah tidak adanya pemisahan tugas antara kasir dan pencatatan kas kecil, kurangnya prosedur rekonsiliasi bank bulanan antar departemen dan tidak diterapkannya metode dana tetap ketika mengelola dana kas kecil yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Mengapa perusahaan melakukan pengendalian internal kas dan setara kas sebab kekayaan perusahaan harus dijaga atas pemakaian yang tidak sesuai peruntukkannya. Risiko bawaan adalah risiko yang timbul dari adanya pemakaian nama akun seperti risiko bahwa kas merupakan item yang disukai banyak orang.

Baca Juga: Tujuan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Dokumen yang Diperlukan Auditor dalam Audit Kas dan Setara Kas

Contoh pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan kas dan setara kas bertujuan agar seluruh sistem pengendalian internal dimaksimalkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dokumen yang diperlukan auditor dalam audit kas dan setara kas adalah menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai kebutuhan perusahaan.

Dokumen yang diperlukan auditor dalam audit kas dan setara kas adalah invoice, bukti persetujuan pemakaian kas kecil dan bukti pengeluaran kas dari staff finance. Apa dampak yang terjadi jika saldo kas terlalu banyak adalah entitas tidak melaksanakan efisiensi kekayaan yang dimiliki selama operasionalnya.

Dokumen yang diperlukan auditor dalam pemeriksaan kas dan setara kas adalah kertas kerja pemeriksaan. Mengapa kas adalah aset yang paling rentan terhadap kecurangan dalam perusahaan dikarenakan semua orang bekerja untuk mencari uang tunai untuk melanjutkan kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Pertanyaan Diskusi Tentang Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan kas dan setara kas harus dapat mendeteksi kecurangan dalam pengujian rinci saldo kas lebih diutamakan dibandingkan saldo aset lainnya sebab kas menjadi bahasa bisnis. Kas merupakan jantung di perusahaan sebab kegiatan operasional perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya kas tunai.

Contoh pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas bertujuan agar seluruh pencapaian perusahaan dapat dioptimalkan untuk penyelenggaraan kegiatan bisnis. Jenis kecurangan apa yang mengakibatkan kerugian paling banyak adalah penyelewengan penggunaan kas dan rekening bank perusahaan.

Pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan kas dan setara kas terjadi ketika PT Masraffi melaksanakan cash opname dengan hasil Rp 80.000.000. Sementara, akun kas kecil menunjukkan nilai Rp 76.000.000. Berdasarkan hasil audit, terdapat pemakaian kas untuk pembayaran reimbursement karyawan yang belum tercatat. Bagaimana jurnal penyesuaian kas kecil yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Reimbursement Employee Rp 4.000.000
Patty Cash Rp 4.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Essay Dana Kas Kecil

Demikian contoh pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan kas dan setara kas dalam bisnis syariah. Mengapa kas adalah aset yang paling rentan terhadap kecurangan dalam perusahaan disebabkan entitas harus dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi berdasarkan riwayat perdagangan dan penerapan sistem informasi akuntansi.

0 Response to "Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Pemeriksaan Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel