Contoh Soal Jurnal Penjualan Secara Kredit dengan Uang Muka

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penjualan secara kredit dengan uang muka merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan informasi keuangan guna membayarkan tagihan yang telah jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo tagihan harus dihindari agar pemasok dapat mengirimkan barang sesuai waktu yang dijanjikannya.

Bagaimana jurnal uang muka penjualan harus diaplikasikan dalam prosedur informasi keuangannya. Uang muka pembelian dalam laporan keuangan diukur berdasarkan kegiatan bisnisnya. Cara membedakan jurnal penjualan dengan jurnal pembelian adalah informasi yang diaplikasikan melalui prosedur laporan keuangannya.

Contoh soal pendapatan diterima dimuka menjadi pertimbangan dalam prosedur mendapatkan kas dan setara kas dikemudian harinya. Apabila terjadi transaksi penjualan secara kredit maka akun apa yang akan berpengaruh bagi penjual adalah piutang, ppn keluaran dan penjualan barang sesuai nilai kontrak kerjasamanya.

Contoh Soal Jurnal Penjualan Secara Kredit dengan Uang Muka

Pengertian Uang Muka Penjualan

Pengertian uang muka penjualan adalah aktivitas yang diselenggarakan perusahaan untuk mendapatkan kas sebagai modal awal agar pesanan pelanggan dapat dipenuhi. Bagaimana cara mencatat jurnal pembelian dan penjualan beserta format pembuatan jurnal harus mempertimbangkan standar akuntansi keuangan.

Contoh soal jurnal penjualan secara kredit dengan uang muka bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diapresiasi berdasarkan tingkatan informasi keuangannya. Uang muka pembelian dalam bahasa inggris sering disebut down payment sebab entitas memberikan dp atas surat pesanan yang telah diterbitkannya.

Apa yang dimaksud dengan uang muka penjualan? Pengertian uang muka penjualan adalah seluruh pendapatan yang diterima perusahaan terlebih dahulu daripada kondisi keuangan untuk mempertimbangkan sebagian besar potensi yang dimiliki agar dapat memperpanjang kontrak kerjasamanya.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dalam Perbankan Syariah

Fungsi Jurnal Penjualan dan Jurnal Pembelian

Contoh soal jurnal penjualan secara kredit dengan uang muka harus dapat menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap seluruh pendapatan yang diterima dimuka. Ijarah dalam akuntansi syariah adalah akad dimana entitas akan membuat barang sesuai pesanan dimana pembayaran akan dicicil sesuai periodenya.

Fungsi jurnal penjualan dan jurnal pembelian adalah mencatat segala aktivitas perusahaan dalam rangka menilai kinerja keuangan satu periodenya. Apabila transaksi sudah dicatat dalam jurnal khusus maka tidak perlu dicatat kembali pada jurnal umum agar menghindari kesalahan pencatatan secara berulang.

Apa fungsi dari jurnal pembelian dan jurnal penjualan adalah menilai kinerja keuangan selama satu periode. Laporan laba rugi komprehensif didapatkan dari aktivitas pembelian, produksi dan penjualan barang yang sesuai target terciptanya informasi keuangan untuk mencegah terjadinya kesulitan keuangannya.

Baca Juga: Contoh Kasus Ijarah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Jurnal Penjualan Secara Kredit dengan Uang Muka

Contoh soal jurnal penjualan secara kredit dengan uang muka terjadi ketika PT Masraffi menerima surat pesanan senilai Rp 55.000.000. Kebijakan penjualan mewajibkan pelanggan memberikan down payment atau uang muka senilai 40% dari total surat pesanan. Bagaimana cara mencatat jurnal penerimaan uang muka dan jurnal pelunasan barang tersebut?

Jurnal Penerimaan Uang Muka Penjualan

Jurnal penerimaan uang muka penjualan harus dapat mengaplikasikan setiap kas dan setara kas untuk pelaporan pajak pertambahan nilai. Tanggal transfer uang muka menjadi pedoman bagi staff accounting dalam menerbitkan faktur pajak penjualan untuk meminimalisir kesalahan pencatatan transaksi.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2022Kas Rp 24.420.000
Uang Muka Penjualan Rp 22.000.000
PPN Keluaran Rp 2.420.000

Jurnal Pelunasan Barang dengan Uang Muka Penjualan

Jurnal pelunasan barang dengan uang muka penjualan merupakan aktivitas pelanggan yang menginginkan agar barang segera dikirimkan ke alamat gudangnya. Uang muka pembelian termasuk akun aktiva dan dilaporkan dalam laporan posisi keuangan. Adapun jurnal penjualan barang dengan uang muka adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/12/2022Kas Rp 36.630.000
Uang Muka Penjualan Rp 22.000.000
PPN Keluaran Rp 3.630.000
Penjualan Rp 55.000.000
HPP Rp 24.750.000
Barang Terkirim Rp 24.750.000

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Rekening Koran dan Jawabannya

Demikian contoh soal jurnal penjualan secara kredit dengan uang muka dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap perusahaan dapat mencatat jurnal pembelian dan penjualan menggunakan jurnal umum atau jurnal khusus yang disesuaikan kebijakan akuntansi dan perubahan yang disesuaikannya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penjualan Secara Kredit dengan Uang Muka"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel