Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Berbunga dan Perhitungannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pendiskontoan wesel berbunga dan perhitungannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka mendapatkan kas dan setara kas. Wesel adalah metode pembayaran dimana penerbit meminta perpanjangan waktu pembayaran tagihan sesuai masa yang dikehendakinya dengan memberikan bunga.

Contoh soal cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar ditentukan berdasarkan tingkatan jenis pelanggan perusahaan. Entitas diharapkan mampu memberikan kebebasan bagi para pelanggan untuk menerima barang tanpa membayarkan terlebih dahulu dengan diberikan jangka waktu temponya.

Cara menghitung diskonto piutang wesel berbunga bertujuan agar perusahaan dapat segera mendapatkan kas untuk membantu kegiatan operasional. Tarif distonto wesel lebih besar daripada bunga wesel yang didapatkan perusahaan saat jatuh tempo dikarenakan adanya pembayaran masa tunggu pencairan dana penerbit.

Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Berbunga dan Perhitungannya

Apa yang Dimaksud Pendiskontoan Wesel Berbunga

Pengertian pendiskontoan wesel berbunga adalah aktivitas perusahaan memperdagangkan wesel tagih dari pelanggan yang belum jatuh tempo agar dapat segera memperoleh kas. Kas adalah metode pembayaran tagihan paling likuid dan berpengaruh terhadap rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas yang didapatkan perusahaan.

Contoh soal pendiskontoan wesel berbunga dan tidak berbunga dapat dilaksanakan sebagai akibat pertanggungjawaban dana perusahaan. Entitas diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para pelanggannya ketika membeli barang dan jasa agar tercipta hubungan kerjasama bisnis yang menyenangkan.

Apa yang dimaksud pendiskontoan wesel tagih? Diskonto wesel artinya perusahaan memperdagangkan aktiva lancar dan aktiva tetap milik perusahaan untuk disesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Kebutuhan kas dan setara kas sebagai metode pembayaran menjadi tujuan utama sebuah wesel tagih diperjualbelikan.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Pemeriksaan Kas

Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Contoh soal pendiskontoan wesel tagih dan wesel bayar harus diaplikasikan berdasarkan prosedur informasi perpajakan yang berlaku. Perbedaan surat wesel dan surat promes terletak pada kesepakatan bisnis yang diselenggarakan perusahaan untuk menyakinkan para pemegang saham tentang keberadaannya.

Setiap pendiskontoan wesel harus ditandatangani oleh setiap pihak berkepentingan. Lembaga keuangan dan perbankan adalah entitas yang mau memberikan dana atas percepatan proses pencairan pendapatan bunga wesel. Tanggal jatuh tempo wesel hendaknya disesuaikan kondisi sekarang di perusahaan tersebut.

Contoh soal diskonto piutang wesel terjadi ketika PT Masraffi menjual wesel tagih seniilai Rp 49.500.000 dengan bunga 8% dalam waktu 90 hari. Pada hari ke 40, PT masraffi memerlukan dana untuk melunasi PEB dengan menjual wesel bayar dengan tarif diskonto 10%. Berapakah nilai uang tunai yang didapatkan perusahaan?

Baca Juga: Contoh Jurnal Asuransi Dibayar Dimuka

Contoh Perhitungan Wesel Tagih dan Jawabannya

Contoh perhitungan wesel tagih dan jawabannya akan menentukan tanggal jatuh tempo wesel, tarif diskonto, jumlah bunga yang harus dibayarkan dan total kas perusahaan diakhir periode. Setiap penerbitan wesel akan menanggung sejumlah pengembalian sesuai masa berlakunya surat perintah tersebut.

Cara menghitung tingkat bunga dan diskonto wesel tagih harus mempertimbangkan adanya kesepakatan bisnis antara pelaksana kegiatan dengan pertimbangan bisnis. Perbedaan wesel tagih dan wesel bayar terletak pada pihak yang menerima dana hasil pencairan penjualan kredit dimasa mendatang.

Cara Menghitung Nilai Kas pada Masa Jatuh Tempo Wesel

Cara menghitung nilai kas pada masa jatuh tempo wesel perlu mempertimbangkan jangka waktu kerjasama bisnis. Pada umumnya, wesel tagih dan wesel bayar memiliki masa jatuh tempo selama 90 hari. Tarif diskonto akan lebih besar daripada bunga disebabkan entitas meminta pencairan dana terlebih dahulu

Nilai Nominal Wesel Rp 49.500.000
Ditambah
Bunga= 49,5juta*8%*90/360 Rp 990.000
Rp 50.490.000
Dikurangi
Diskonto= 50,490juta*10%*50/360-Rp 701.250
Nilai kas yang diterima Rp 49.788.750

Baca Juga: Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Demikian contoh soal pendiskontoan wesel berbunga dan wesel tidak berbunga dalam prosedur informasi keuangan perusahaan. Pelaporan neraca saldo apabila piutang wesel berjangka kurang dari satu tahun harus diinformasikan pada catatan atas laporan keuangan tahunan perusahaan di setiap periodenya.

0 Response to "Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Berbunga dan Perhitungannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel