Contoh Soal Jurnal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal asuransi dibayar dimuka dan jawabannya terdiri dari jurnal pembayaran polis asuransi dan jurnal penyesuaian beban asuransi yang dipakai selama satu periode. Staff akuntan perusahaan harus menyesuaikan seluruh pencapaian perusahaan dan pembayaran agar dapat menerapkan prinsip perbandingan.

Contoh soal asuransi dibayar dimuka dan jurnal penyesuaiannya diharapkan mampu mengurangi pajak penghasilan yang harus disetorkan ke kas negara berdasarkan tingkat kesesuaian bisnisnya. Perusahaan dagang dan jasa harus dapat mengaplikasikan pencapaian agar dapat membagikan dividen tunai dan dividen saham.

Mengapa beban dibayar dimuka dan asuransi dibayar dimuka digolongkan sebagai aktiva lancar disebabkan entitas telah membayarkan sejumlah dana tertentu tetapi belum mempergunakan secara keseluruhan sampai akhir periode. Prepaid expance harus dialokasikan menggunakan metode penyusutan.

Contoh Soal Jurnal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Asuransi Dibayar Dimuka

Apa yang dimaksud dengan asuransi dibayar dimuka? Pengertian asuransi dibayar dimuka adalah pembayaran polis asuransi secara tunai sebagai bentuk jaminan atas bencana alam dan meminta ganti rugi ketika terjadi kejadian yang tidak terduga dan berakibat pada penurunan omzet perusahaan ditahun berjalan.

Prepaid insurance atau asuransi dibayar dimuka adalah bentuk pertanggungjawaban pihak perusahaan agar dapat menjaga aset yang bernilai lebih besar daripada polis asuransi. Beban dibayar dimuka tidak diperkenakan dikurangkan secara langsung sebagai deductible expance melainkan harus dialokasikan secara wajar.

Pengertian asuransi dibayar dimuka adalah seluruh kas dan setara kas yang telah dibayarkan kepada lembaga asuransi untuk meminta pertanggungjawaban ketika terjadi sesuatu terhadap objek asuransi. Nilai pertanggungjawaban akan dipenuhi lembaga asuransi dan dibayarkan setelah terjadinya pemeriksaan.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dalam Perbankan Syariah

Contoh Soal Asuransi Dibayar Dimuka pada Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal asuransi dibayar dimuka pada perusahaan dagang dan jasa akan melibatkan berbagai departemen yang ada di perusahaan guna menjalankan aktivitas bisnis. Setiap entitas diharapkan mampu menterjemahkan seluruh pencapaian perusahaan ketika menjalankan aktivitas penagihan kekayaan.

Contoh soal jurnal asuransi dibayar dimuka pada perusahaan dagang terdiri dari jurnal pembayaran polis asuransi dan jurnal penyesuaian pemakaian beban asuransi selama masa polis berjalan. Beban dibayar dimuka termasuk akun aktiva dan dilaporkan pada laporan posisi keuangan selama periodenya.

Contoh soal jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka terjadi ketika PT Masraffi mengadakan kontrak nilai asuransi dengan harga polis Rp 94.000.000 selama 24 bulan. PT Masraffi membayarkan polis asuransi secara tunai dan telah menggunakan selama 4 bulan. Buatlah jurnal umum yang diperlukan untuk mencatat transaksi tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Selisih Kas Metode Imprest

Pencatatan Jurnal Asuransi Dibayar Dimuka Pada Perusahaan Dagang

Pencatatan jurnal asuransi dibayar dimuka pada perusahaan dagang harus diselenggarakan secara wajar mengikuti standar akuntansi keuangan yang berlaku. Setiap perusahaan diwajibkan melaporkan seluruh sumber daya keuangan untuk menciptakan aliran pendapatan dan pengeluaran melalui laporan kinerjanya.

Jurnal Pembayaran Polis Asuransi Secara Tunai

Jurnal pembayaran polis asuransi secara tunai dilaksanakan untuk menyakinkan para pemegang saham berkaitan dengan nilai pertanggungjawaban para lembaga asuransi. Lembaga asuransi mewajibkan para nasabah membayarkan sejumlah polis untuk menerima nilai pertanggungjawaban saat terjadi bencana alam

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/10/2022Asuransi Dibayar Dimuka Rp 94.000.000
PPN Masukan Rp 10.340.000
Bank Mandiri Rp 104.340.000

Jurnal Penyesuaian Beban Asuransi pada Akhir Tahun

Jurnal penyesuaian beban asuransi pada akhir tahun diperlukan sebab entitas harus menilai kembali seluruh aset yang dimilikinya berdasarkan nilai wajar. Contoh soal jurnal asuransi dibayar dimuka dan jawabannya mewajibkan melakukan penyusutan menggunakan metode garis lurus sesuai masa polis asuransi

TanggalKeteranganDebitKredit
31/01/2023Beban Asuransi Rp 15.666.667
   Asuransi Dibayar Dimuka Rp 15.666.667

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Beban Dibayar Dimuka

Demikian contoh soal jurnal asuransi dibayar dimuka dan jawabannya dalam materi praktikum akuntansi keuangan menengah. Soal essay dan pilihan ganda akuntansi pengantar tentang beban dibayar dimuka harus diaplikasikan melalui pemakaian neraca saldo untuk melihat kondisi keuangannya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Asuransi Dibayar Dimuka dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel