Contoh Kasus Audit Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh kasus audit hutang jangka pendek dan jawabannya merupakan prosedur mencari kebenaran nilai hutang kepada para pemasok. Pemasok adalah pihak yang mau dan mampu menyediakan barang dan jasa sesuai kebutuhan dari perusahaan untuk mengevaluasi kinerja keuangan selama satu periode yang telah berjalan.

Contoh soal audit pemeriksaan hutang jangka pendek dan jangka panjang bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diatribusikan sesuai kebutuhannya. Setiap perkembangan perusahaan harus dapat memberikan hasil bagi masyarakat dan pemegang saham terlibat terutama agar keputusan bisnis berjalan.

Pertanyaan tentang liabilitas jangka panjang dan jangka pendek dilaksanakan untuk mengalokasikan informasi keuangan sesuai jenis kekayaannya. Setiap perusahaan dapat memaksimalkan prosedur pembayaran tagihan untuk mengevaluasi pengambilan keputusan taktis selama periode yang berjalan.

Contoh Kasus Audit Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya

Uji Substantif dan Uji Compliane Hutang Dagang

Contoh kasus audit hutang jangka pendek dan jawabannya dilaksanakan setiap tahunnya agar dapat memprioritaskan pembayaran tagihannya. Jika auditor menemukan adanya utang yang belum dicatat oleh klien pada tanggal neraca apa yang harus dilakukan oleh auditor adalah memeriksan kebenaran transaksi lewat e-faktur pajak.

Pengujian substantif utang dagang dapat dilaksanakan selama satu periode untuk mengevaluasi kegiatan bisnisnya. Program audit liabilitas jangka pendek bertujuan agar kekayaan entitas diselenggarakan secara wajar selama satu periode. Entitas berhak membatasi adanya pembayaran dengan rekening bank atau kas kecil.

Pertanyaan tentang liabilitas jangka panjang dan jangka pendek dibuat dalam bentuk kuesioner dan wawancara. Calon karyawan staff accounting yang direkrut perusahaan harus memenuhi klasifikasi untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan setiap periodenya untuk pembayaran pajaknya.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pemakaian Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jawabannya dapat diselenggarakan agar perusahaan diberikan kemudahan pembayaran pajak penghasilan. Liabilitas adalah hutang perusahaan yang muncul akibat peristiwa masa lalu dan mengakibatkan adanya kas dan setara kas yang keluar.

Contoh soal pemeriksaan liabilitas jangka pendek harus diselenggarakan secara wajar selama satu periode. Penyajian hutang dagang dalam laporan keuangan harus dijadikan sumber daya modal pada posisi passiva. Passiva adalah sumber daya untuk mendapatkan aktiva lancar dan aktiva tetap satu periode.

Contoh kasus audit hutang jangka pendek terjadi saat PT Masraffi membayarkan tagihan senilai Rp 9.000.000 untuk pelunasan hutang pemasoknya. Kertas kerja audit menunjukkan adanya kesalahan pencatatan pelunasan hutang sebagai pembayaran beban listrik, bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

Baca Juga: Perbedaan Staff Accounting dan Staff Finance

Cara Membuat Program Audit Hutang Jangka Panjang

Cara membuat program audit hutang jangka panjang dapat menjadi pedoman bagi entitas untuk mengevaluasi kinerja keuangannya. Program audit adalah aktivitas yang direncanakan oleh auditor untuk menilai kewajaran salah satu akun di laporan posisi keuangan sesuai kebenarannya.

Contoh kasus audit hutang jangka pendek dan jawabannya bertujuan agar perusahaan dapat mengevaluasi schedul pembayaran tagihan. Hutang dagang terlalu lama mengakibatkan entitas mengalami kesulitan keuangan dalam upaya pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo tersebut.

Cara membuat program audit liabilitas jangka panjang diawali dengan menentukan ruang lingkup pemeriksaan. Internal control yang baik akan memperkecil tugas auditor ketika mengevaluasi kinerja perusahaan. Adapun jurnal penyesuaian yang disusun atas kesalahan pencatatan beban listrik adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Hutang Dagang Rp 9.000.000
Beban Listrik Rp 9.000.000

Baca Juga: Cara Mencari Bukti Audit yang Valid

Demikian contoh kasus audit hutang jangka pendek dalam materi praktikum pemeriksaan laporan posisi keuangan. Sistem pengendalian internal pembelian, penyimpanan barang dan pembayaran tagihan harus diadakan pemisahan tugas agar masing-masing departemen mampu membuat tagihannya.

0 Response to "Contoh Kasus Audit Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel