Pertanyaan Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Pertanyaan audit pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan jawabannya merupakan prosedur perusahaan mengalokasikan informasi keuangannya sebagai dasar pembayaran tagihan periode berikutnya. Hutang timbul ketika entitas telah mempersiapkan barang dan jasa sesuai kebutuhan selama satu periodenya.

Contoh soal audit hutang dagang dan jawabannya bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diatribusikan untuk pembayaran sesuai terminnya. Setiap tagihan atau faktur pembelian akan disertai termin pembayaran yang disepakati sebelum adanya pengiriman barang dan jasa kepada pemesan barang tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang adalah memastikan adanya keterjadian transaksi. Asersi manajemen adalah pendapat manajemen perusahaan terhadap bukti transaksi yang didapatkan untuk perolehan aktiva tetap, aktiva lancar, pembelian dan penjualan barang dagangnya.

Pertanyaan Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang dan Jawabannya

Contoh Pertanyaan Diskusi Audit Hutang Dagang dan Jawabannya

Contoh pertanyaan diskusi audit hutang dagang dan jawabannya merupakan prosedur pemeriksaan laporan posisi keuangan. Internal control questionnaires ditujukan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan setiap keputusan taktis yang diselenggarakan entitas dengan tujuan pelaporan informasi keuangan sesuai dasar akuntansinya.

Pertanyaan audit pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan jawabannya dapat digunakan oleh kantor akuntan publik agar dapat memeriksa kebenaran saldo hutang atau passiva. Akun passiva adalah akun yang menunjukkan sumber daya keuangan perusahaan ketika membeli aktiva lancar dan aktiva tetapnya.

Contoh pertanyaan diskusi audit hutang dagang bertujuan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen adalah pendapat perusahaan ketika memperoleh bukti transaksi dan prosedur pencatatannya sesuai kebijakan keuangan dan fiskal pada periode yang berjalan.

Baca Juga: Pengertian Management Letter

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Audit Liabilitas Jangka Panjang

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang adalah memastikan kertas kerja pemeriksaan mampu mendeteksi adanya kecurangan. Jika auditor menemukan adanya hutang dagang yang belum tercatat, maka auditor perlu memeriksa kebenaran faktur pajak masukan di aplikasi e-faktur pajak.

Pertanyaan audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang menjadi komponen laporan posisi keuangan. Liabilitas adalah pinjaman perusahaan kepada pihak ketiga dengan harapan mampu menambah kapasitas produksi sehingga pendapatan dan omzet perusahaan naik untuk pembayaran bunganya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang adalah memahami konsep asersi manajemen. Jika auditor menemukan adanya kesalahan pencatatan, maka diperkenankan untuk memberikan jurnal koreksi agar pencatatan sesuai keadaan entitas yang sebenarnya terjadi satu periodenya.

Baca Juga: Contoh Format Surat Pernyataan Langganan atau Client Representation Letter

Contoh Soal Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang dan Pembahasannya

Contoh soal pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan pembahasannya perlu memastikan adanya sistem pengendalian internal pembelian dan pembayaran tagihan. Internal control menjadi basis awal ketika membuat bukti transaksi sesuai keterjadian informasi di perusahaan dalam bisnis lokal ataupun multinasional.

Contoh soal audit pemeriksaan hutang dagang menjadi tindakan entitas untuk menilai kualitas pembelian bahan baku dan jasa. Barang dan jasa merupakan objek pajak pertambahan nilai yang artinya entitas harus melakukan pemungutan pajak untuk menghindari sanksi perpajakan yang dikenakannya.

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang adalah kepastian tentang pembayaran tagihan. Jika auditor menemukan adanya hutang dagang belum dicatat, maka harus dapat dibuktikan dengan adanya faktur pajak masukan dan surat jalan pengiriman barang dari pihak supplier.

Baca Juga: Cara Mencari Laporan Keuangan Tahun Lama di Idx

Demikian pertanyaan audit pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan jawabannya dalam sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Konfirmasi hutang merupakan prosedur awal dalam proses menentukan ruang lingkup pemeriksaan guna menghindari adanya subtantive test dan compliance test

0 Response to "Pertanyaan Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel