Cara Menghentikan Pemakaian Aset Tetap dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Cara menghentian pemakaian aset tetap dan jurnal pencatatannya merupakan materi sistem informasi akuntansi bagian internal control pembelian aset. Sistem pengendalian internal terhadap aktiva tetap dan aset tetap tak berwujud mewajibkan entitas bertanggungjawab terhadap kesempatan berbisnis yang dilakukan perusahaan.

Contoh soal penghentian aktiva tetap dan aset tak berwujud harus dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Setiap kejadian di perusahaan harus dapat dibuktikan dengan adanya prosedur pencatatan tertulis agar terdapat record atas peristiwa. Tujuan diadakannya penyusutan aktiva tetap adalah memastikan biaya dialokasikan sesuai periodenya.

Pelepasan aktiva tetap harus mendapatkan persetujuan dari pejabat perusahaan yang berwenang. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap biaya penyusutan adalah harga perolehan aset, metode depresiasi dan keuntungan perusahaan. Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila mengalami kerusakan parah.

Cara Menghentikan Pemakaian Aset Tetap dan Jurnal Pencatatannya

Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Penghentian Pemakaian Aset

Cara menghentikan pemakaian aset tetap dan jurnal pencatatannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan untuk mendatangkan keuntungan ditahun berjalan. Revaluasi adalah transaksi perusahaan menyesuaikan nilai buku berdasarkan harga wajar pada saat transaksi. Setiap perubahan kebijakan akuntansi harus didukung dengan bukti yang valid.

Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila adanya perubahan kebijakan keuangan. Penghentian aset tetap harus mendapatkan kesempatan berbisnis dari lawan transaksi. Keterlambatan pengambilan keputusan berakibat pada tertundanya prosedur pembayaran piutang jangka pendeknya.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penghentian pemakaian aset tetap adalah cara perusahaan merawat aset. Tujuan diadakannya penyusutan aktiva tetap adalah mengalokasikan kebutuhan perusahaan untuk mengapresiasi kebutuhan berbisnis. Bisnis adalah aktivitas mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill dan Bonus dalam Persekutuan

Kapan Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap Dilakukan

Kapan penghentian pemakaian aktiva tetap dilakukan tentu membutuhkan informasi yang sesuai standar akuntansi keuangan. Bukti transaksi pembelian aktiva tetap dijadikan dasar bagi perusahaan mencatat setiap kejadian bisnis. Pembukuan adalah metode penyelesaian transaksi keuangan berdasarkan kesempatan berbisnisnya.

Cara menghentikan pemakaian aset tetap merupakan investasi jangka pendek yang dialami perusahaan. Dapatkah sebuah aktiva tetap digunakan terus menerus sehingga tidak terjadi penghentian aktiva tetap tentu tidak dapat dilakukan mengingat setiap mesin, kendaraan dan bangunan memilik usia pemanfaatan masing-masing.

Kapan penghentian pemakaian aktiva tetap diselenggarakan yaitu pada saat entitas tidak mendapatkan keuntungan dari mesin tersebut. Alasan perusahaan menghapus dan menjual aset harus dapat dipertanggungjawabkan agar setiap prosedur perolehan keuntungan dapat diaplikasikan sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Cara Mencatat Pembelian Aset Tetap Menggunakan Wesel Tagih

Contoh Soal Jurnal Penghentian Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penghentian aktiva tetap dan jawabannya merupakan bagian dari kerjasama bisnis diantara para pemegang saham. Setiap pertumbuhan perusahaan harus mendatangkan kesempatan berbisnis dari para pihak. Bisnis dan pertemanan harus dipisahkan agar mengurangi resiko bisnis yang terjadi.

Cara menghentikan pemakaian aset tetap dan jurnal pencatatanya dapat dilakukan sesuai periode akuntansi. Bagaimana pencatatan aset tetap ketika dibuang atau dihapuskan harus mendapatkan persetujuan dari pejabat perusahaan yang berwenang. Setiap aset memiliki biaya perolehan yang menguntungkan bagi perusahaan.

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap terjadi ketika PT Masraffi menyetujui pembelian kendaraan senilai Rp 54.000.000 yang akan disusutkan selama 2 tahun. Departemen research and development mendapati adanya kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada akhir tahun pertama, sehingga memutuskan aset tidak dipergunakan kembali.

Bagaimana cara mencatat jurnal biaya penyusutan aktiva tetap metode garis lurus dan jurnal pencatatan penghentian aset tetap?

Jurnal Depresiasi Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

TanggalKeteranganDebitKredit
13/03/2023Biaya Depresiasi Aktiva Tetap Rp 27.000.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 27.000.000

Jurnal Penghentian Aset Tetap Karena Rusak dan Dibuang

TanggalKeteranganDebitKredit
15/03/2023 Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 27.000.000
Biaya penghentian pemakaian aset tetap Rp 27.000.000
Modem Wifi Rp 54.000.000

Baca Juga: Cara Daftar Kuliah di Universitas Muria Kudus

Demikian cara menghentikan pemakaian aset tetap dan jurnal pencatatannya dalam sistem informasi akuntansi. Alokasi harga perolehan aktiva tetap pada periode-periode akuntansi dalam masa penggunaannya disebut depresiasi. Materi akuntansi keuangan menengah akan membahas perihal pemanfaatan kekayaan perusahaan.

0 Response to "Cara Menghentikan Pemakaian Aset Tetap dan Jurnal Pencatatannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel