Contoh Soal Penerimaan Kembali Piutang Yang Sudah Dihapus dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dan jawabannya merupakan langkah perusahaan melakukan penagihan atas barang yang sudah diiklaskan ke pelanggan. Penghapusan piutang adalah tindakan perusahaan dalam rangka memaksimalkan proses penagihan barang dan jasa yang telah diberikan.

Jurnal untuk mencatat penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dalam metode penyisihan adalah membalik rekening cadangan kerugian piutang atau beban piutang tak tertagih. Jelaskan dua metode pencatatan penghapusan piutang tak tertagih adalah metode cadangan dan metode penghapusan piutang langsung.

Metode penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung berpengaruh terhadap situasi arus kas perusahaan. Metode penghapusan dimana perusahaan akan mencatat penghapusan piutang pada saat piutang tersebut benar benar sudah tidak dapat ditagih lagi adalah metode langsung atau direct method.

Contoh Soal Penerimaan Kembali Piutang Yang Sudah Dihapus dan Jawabannya

Penyebab Dilakukannya Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Penyebab dilakukannya penghapusan piutang tak tertagih adalah penelitian terhadap kemampuan financial perusahaan dalam rangka menyelenggarakan bisnis. Jika piutang tidak dibayarkan maka pelanggan akan kehilangan supplier atau distributornya. Perusahaan dapat menerapkan term of payment sesuai analisis kreditnya.

Contoh soal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dan jurnal pencatatannya dapat menjadi pertimbangan bagi entitas untuk menerapkan siklus akuntansi. Audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam rangka efektivitas kegiatan bisnis selama satu periode.

Penyebab dilakukannya penghapusan piutang tak tertagih adalah pelanggan tidak memberikan indikasi mau membayarkan tagihannya. Allowance for bad debts adalah cadangan kas yang dialokasikan membantu perusahaan untuk terhindar dari kegagalan pembayaran barang dan jasa yang sudah diterima pelanggan.

Baca Juga: Cara Mencari Jurnal Utama dan Jurnal Pendukung Skripsi

Perbedaan Metode Penghapusan Piutang Langsung dan Tidak Langsung

Perbedaan metode penghapusan piutang langsung dan tidak langsung terletak pada informasi yang disajikan dalam laporan posisi keuangan. Cadangan kerugian piutang harus dibentuk untuk menghindari kegagalan pembayaran tagihan pelanggan setelah beberapa kali cicilan diselenggarakannya.

Contoh soal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus berdampak pada kenaikan kondisi keuangan perusahaan. Piutang tak tertagih adalah hasil dari kerja keras pihak marketing dalam mencari surat pesanan. Besarnya kerugian piutang dapat ditaksir dari penjualan kredit ataupun persentase total piutangnya.

Kejadian penerimaan piutang yang sudah dihapuskan dengan menerima cek dituangkan dalam dokumen bukti kas masuk. Besarnya kerugian piutang tak tertagih dapat ditaksir dengan melihat kondisi penjualan kredit dan total piutang yang dimilikinya. Cara membuat daftar umur piutang tak tertagih akan meminimalisir resiko bisnis.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang dan Piutang Lain-Lain

Contoh Soal Penerimaan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus

Contoh soal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus terjadi ketika PT Masraffi mendapatkan pesanan senilai Rp 8.000.000 dengan penjualan kredit. Setelah beberapa periode penagihan, PT Masraffi menyatakan tidak dapat memperoleh bukti pelunasan pesanan tersebut sehingga piutang dihapuskan. Bagaimana jurnal pencatatan pelunasan piutang yang sudah dihapus jika pelanggan memberikan cek lagi?

Jurnal Pencatatan Penjualan Kredit atau Piutang Dagang

Contoh soal piutang tak tertagih beserta jawabannya berasal dari kegiatan penjualan kredit. Penjualan kredit adalah promosi yang diselenggarakan perusahaan untuk memaksimalkan omzet perusahaan ditahun berjalan. Mengapa ada piutang yang tidak bisa ditagih sebab perusahaan tidak melakukan pengamatan fisik. Adapun jurnal pencatatan piutang dagang adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Piutang Dagang Rp 8.880.000
Penjualan Rp 8.000.000
PPN Keluaran Rp 880.000

Jurnal Pencatatan Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Jurnal pencatatan penghapusan piutang tak tertagih metode langsung berawal dari perusahaan tidak melaksanakan cadangan kerugian piutang. Biaya kerugian piutang akan mengurangi sejumlah keuntungan yang dihasilkan dari kegiatan penjualan. Adapun jurnal penghapusan piutang metode langsung adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Beban Kerugian Piutang Rp 8.880.000
Piutang Dagang Rp 8.000.000

Jurnal Mencatat Penerimaan Kembali Piutang yang Sudah Dihapus

Adakalanya pelanggan yang sudah dipastikan tidak akan membayarkan tagihan berusaha untuk melunasi tagihan kepada perusahaan. Maka perusahaan diwajibkan membuat jurnal pembalik atas transaksi pencatatan penghapusan piutang tak tertagih yang sudah dibuat dimasa lampau sebelum mencatat penerimaan pelunasan tagihannya.

Tanggal Keterangan DebitKredit
10/03/2023 Piutang Dagang Rp 8.880.000
Beban Kerugian Piutang Rp 8.880.000
(Jurnal pembalik penghapusan piutang)
Kas Rp 8.880.000
Piutang Dagang Rp 8.880.000
(jurnal pelunasan tagihan)

Baca Juga: Apa itu Allowance for Bad Debts

Demikian contoh soal penerimaan kembali piutang yang sudah dihapus dalam materi akuntansi keuangan menengah. Piutang diakui sebesar tagihan yang diberikan kepada pelanggan berdasarkan invoice dan faktur pajak penjualan. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice untuk mengurangi resiko ketidaksesuaian informasi.

0 Response to "Contoh Soal Penerimaan Kembali Piutang Yang Sudah Dihapus dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel