Contoh Soal Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jawabannya merupakan dasar bagi entitas untuk mempertimbangkan total keuntungan yang harus dikenakan pajak penghasilan. Setiap perusahaan menginginkan agar setiap periode akuntansi mendapatkan laba yang besar agar memikat hati para investor baru.

Metode penghapusan piutang tak tertagih terdiri dari dua tahapan yaitu metode penghapusan langsung dan metode cadangan kerugian piutang. Piutang tak tertagih artinya tagihan yang tidak dimungkinkan mendatangkan arus kas masuk di perusahaan sebagai akibat penurunan performa keuangan lawan transaksi.

Jurnal penghapusan piutang metode cadangan kerugian dapat mempertimbangkan penjualan kredit atau total piutang yang harus disediakan. Kebijakan akuntansi diperusahaan harus ditetapkan berdasarkan standar audit yang berlaku sesuai keuntungan dan kerugian yang diatribusikan berdasarkan kesepakatan bisnisnya.

Contoh Soal Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Piutang Tak Tertagih

Pengertian piutang tak tertagih adalah kegiatan pelanggan yang berakibat pada penurunan performa arus kas masuk di perusahaan. Piutang berasal dari kesepakatan penjualan kredit yang disetujui perusahaan atas penyerahan barang dan jasa kena pajak sesuai ketentuan umum perpajakan. Piutang diakui sebesar nilai yang ditagihkan ke pelanggan.

Contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jawabannya memungkinkan entitas dapat bertahan atas modal sendiri. Modal kerja atau working capital adalah segala arus kas yang dimiliki perusahaan untuk mengapresiasi setiap tagihan yang diterbitkan atas nama perusahaan oleh para suppliernya.

Apa yang dimaksud piutang tak tertagih adalah tagihan yang dibebankan kepada pelanggan dan tidak mampu dibayarkan dalam waktu termin pembayaran yang disepakati. Berapa persen penyisihan piutang tak tertagih sebesar 5% dari total piutang bersihnya. Akun cadangan kerugian piutang tidak dapat menjadi kredit pajak saat melaporkan spt badan usaha.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Piutang untuk Pelanggan

Contoh Soal Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Perhitungannya

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih dan perhitungannya merupakan langkah yang ditempuh perusahaan dalam rangka mengapresiasi pertumbuhan bisnisnya. Piutang dicatat pada akun aktiva. Piutang disajikan sesuai nilai nominal yang ditagihkan ke pelanggan berdasarkan jumlah barang dan harga yang disepakati.

Mengapa harus dibuat cadangan piutang tak tertagih sebab entitas diwajibkan menjaga laporan posisi keuangan sesuai prosedur yang ditetapkannya. Persentase piutang tak tertagih yang harus disediakan oleh perusahaan adalah 5% dari total tagihan yang beredar. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko gagal bayar dari nasabahnya.

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih terjadi ketika PT Masraffi menyepakati adanya penjualan kredit sebesar Rp 60.000.000 belum termasuk pajak. PT Masraffi menyetujui pembentukan akun cadangan kerugian piutang dari total penjualan kredit yang terjadi dalam satu periode sebesar 5%. Berapa nilai cadangan yang harus dibentuk oleh perusahaan?

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Umur Piutang

Metode Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Metode penyisihan piutang tak tertagih terdiri dari metode cadangan kerugian piutang dan penghapusan piutang langsung. Kelebihan metode penghapusan langsung adalah entitas tidak perlu memperhitungkan akun piutang setiap periode dan hanya mengakui setiap kerugian saat lawan transaksi tidak mampu membayarkan tagihan.

Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Penjualan Kredit

Cara menghitung piutang tak tertagih berdasarkan penjualan kredit terletak pada kemungkinan pertumbuhan produksi yang dimiliki perusahaan. Penjual diharapkan selektif saat menerapkan kebijakan penjualan kredit antar pelanggan. Adapun langkah-langkah menghitung piutang tak tertagih adalah

Penjualan Kredit Rp 60.000.000
PPN Rp6.600.000
Piutang Dagang Rp66.600.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp3.000.000

Jurnal Cadangan Piutang Tak Tertagih

Contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jawabannya merupakan dasar pengenaan pajak atas seluruh pencapaian perusahaan. Setiap perusahaan diharapkan mendapatkan verifikasi identitas saat menyelenggarakan kegiatan usaha seperti nomor izin berusaha, npwp dan akta pendirian.

Jurnal cadangan piutang tak tertagih berdasarkan penjualan kredit adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
08/03/2023 Biaya Kerugian Piutang Rp3.000.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp3.000.000

Baca Juga: Contoh Surat Konfirmasi Piutang Positif dan Negatif

Demikian contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar. Piutang disajikan sesuai nilai yang akan dibayarkan oleh nasabah. Pemungutan pajak pertambahan nilai harus dilakukan saat entitas telah mencapai omzet sebagai pengusaha kena pajak.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel