Cara Membuat Laporan Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Cara membuat laporan penjualan konsinyasi bagi komisioner dan jawabannya menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan lanjutan. Apa kerugian dan keuntungan penjualan konsinyasi bagi consignee dan consignor harus dicantumkan pada akta perjanjian kerjasama untuk menghindari kerugian fiskal ditahun berjalan.

Contoh soal barang konsinyasi yang tidak laku terjual sampai akhir periode berakibat pada penurunan jumlah komisi yang diterima komisioner atau consignee. Pihak yang terlibat penjualan konsinyasi berhak menjalankan hak dan tanggungjawabnya selama berorganisasi sesuai arah tujuan yang ditetapkan dalam sistem informasi akuntansi.

Akuntansi penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan metode laba tidak terpisah berpengaruh terhadap komponen pos laporan keuangan. Neraca saldo dan laporan laba rugi menjadi product yang diciptakan oleh staff accounting dan staff finance ketika mengelola data laporan keuangan sesuai periode pelaporannya.

Cara Membuat Laporan Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Jawabannya

Apa itu Laporan Penjualan Konsinyasi

Pengertian laporan penjualan konsinyasi adalah format laporan keuangan per bulan yang diciptakan oleh komisioner saat meminta pendapatan komisi. Consignee akan menerima komisi sesuai tingkat penjualan produk berdasarkan persentase ataupun target yang ditentukan saat kontrak sistem konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari disepakati.

Format laporan penjualan konsinyasi harus diikuti dengan pedoman standard akuntansi keuangan. Informasi jumlah penjualan, kuantitas barang, harga pokok produksi dan jumlah komisi yang diberikan kepada komisoner akan menghasilkan tingkat keuntungan sesuai target yang ditetapkan oleh para pemegang saham.

Cara membuat laporan penjualan konsinyasi bagi komisioner dapat dilakukan diakhir periode akuntansi ataupun akhir kontrak kerjasama. Kapan waktu yang tepat untuk evaluasi sistem konsinyasi yaitu saat entitas mendapatkan persetujuan adanya kesepakatan bisnis dengan lawan transaksi yang berhubungan dengan kondisi keuangan.

Baca Juga: Karakteristik Penjualan Konsinyasi dan Penjualan Angsuran

Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat dari arah perkembangan perusahaan saat menjalankan kerjasama bisnis. Keseluruhan informasi keuangan harus diatribusikan untuk keperluan taktis bagi entitas saat membayarkan pajak penghasilan badan usaha dan angsuran pajak per periodenya.

Cara membuat laporan penjualan konsinyasi bagi komisioner dan jawabannya bertujuan agar kekayaan perusahaan disisihkan untuk keperluan pembayaran pajak perusahaan. Apabila pajak penghasilan tidak dibayarkan maka perusahaan akan menerima surat ketetapan pajak kurang bayar yang dikeluarkan kantor pelayanan pajak setempat.

Contoh penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari terjadi saat adanya pemesanan barang kena pajak. Sistem konsinyasi diperkenankan agar pemilik barang tidak perlu menyewa tempat jual beli dan hanya membayarkan biaya komisi sesuai nilai barang keluar. Departemen marketing akan terbantu dengan sistem penjualan ini.

Baca Juga: Cara Input Penjualan Konsinyasi di Accurate

Cara Membuat Laporan Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner atau Consignee

Cara membuat laporan penjualan konsinyasi bagi komisioner atau consignee diawali dengan adanya perkembangan bisnis perusahaan. Jumlah barang yang disetorkan dan dilaporkan harus sama untuk  menghindari adanya barang rusak, barang hilang dan barang catat sehingga mempengaruhi penilaian pengamanat.

Apa yang harus dilakukan agar produk kita bisa terjual dengan sistem konsinyasi adalah memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan adanya diskon dan kemudahan retur. Pemilihan toko penyalur barang yang baik berpengaruh terhadap kondisi barang saat pertama kali dikirim sampai penjualan terjadi.

Contoh soal barang konsinyasi tersisa sampai akhir bulan terjadi ketika PT Masraffi mengirimkan 20 motor kepada toko penyalur kepercayaannya. Sampai akhir periode, terdapat sisa barang sebanyak 4 buah. Jika harga jual barang Rp 90.000, Hpp Rp 35.000, biaya promosi Rp 230.000 dan komisi senilai 20%. Bagaimana cara membuat laporan penjualan konsinyasi atas barang yang sisa tersebut?

Keterangan 20 Buah 16 Buah 4 Buah
Harga Jual Rp 1.800.000 Rp 1.440.000 Rp 360.000
Harga Pokok penjualan Rp 700.000 Rp 560.000 Rp 140.000
Biaya Promosi Rp 230.000 Rp 184.000 Rp 46.000
Biaya Komisi Rp 360.000 Rp 288.000 Rp 72.000
Laba Rp 3.090.000 Rp 2.472.000 Rp 618.000

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Staff Accounting bagi Fresh Graduated

Demikian cara membuat laporan penjualan konsinyasi bagi komisioner dan jawabannya dalam materi sistem konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan. Bagi pengamanat, pemilihan toko penyalur atau consignee yang baik akan memberikan kualitas penjualan barang dan jasa sesuai target yang ditetapkannya.

0 Response to "Cara Membuat Laporan Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel