Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian dan pembahasannya menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan lanjutan. Pengertian adjustment journal adalah pencatatan yang dipergunakan untuk mengukur aktiva perusahaan berdasarkan kejadian sesungguhnya dengan menggunakan metode akrual basis dan kas basis.

Cara membuat jurnal penyesuaian dapat terjadi dari aktivitas pendapatan diterima dimuka dan pendapatan yang masih harus diterima. Akrual basis adalah dasar pencatatan transaksi berdasarkan seluruh aktivitas bisnis yang dijalankan agar sesuai dengan pencatatan sistem informasi akuntansi keuangan menengah.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang menjadi aktivitas sederhana dalam pencatan siklus akuntansi. Neraca lajur akan membantu perusahaan menentukan laporan posisi keuangan dan laba rugi komprehensif. Setiap pengeluaran kas dan penerimaan kas kecil harus disertai bukti transaksi yang kuat.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Pembahasannya

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo akan memudahkan menentukan jumlah aktiva tetap yang sesuai kondisi keuangan perusahaan. Setiap tambahan manfaat ekonomis harus didistribusikan agar seluruh pencatatan perusahaan dapat berjalan sesuai tujuan pembentukan perusahaan ketika pertama kali terjadi penggabungan usaha.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar

Contoh soal jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin menjalankan aktivitas bisnisnya. Beban bunga adalah biaya yang ditanggung perusahaan sebagai akibat pemanfaatan aktiva tetap dan aktiva lancar milik perusahaan lain atau pihak ketiga.

Cara membuat jrunal penyesuaian beban yang masih harus dibayar harus memperhitungkan secara proporsional jumlah yang menjadi tanggungan periode berjalan. 3 langkah membuat jurnal umum adalah mengidentifikasi transaksi, menterjemahkan transaksi melalui asersi manajemen dan menentukan akun yang tepat.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa terjadi pada PT Masraffi yang menerbitkan wesel bayar senilai Rp 600.000.000 dengan bunga 8% per tahun selama 2 tahun. Buatlah jurnal penyesuaian pengakuan beban bunga apabila pinjaman telah berjalan selama 1 bulan sejak diterbitkan wesel tagiha tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Biaya yang masih harus dibayar Rp 2.000.000
Hutang Bunga Rp 2.000.000
(Jurnal mencatat bunga pinjaman)

Baca Juga: Cara Menghitung Neraca Saldo Setelah Penyesuaian di Neraca Lajur

Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan yang Masih Harus Diterima

Pendapatan yang masih harus diterima adalah sejumlah penghasilan ditahun berjalan atas pemberian barang kena pajak dan jasa kena pajak kepada pelanggan. Penghasilan diakui ketika terdapat tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan dan dapat diukur secara handal sesuai nilai perolehannya.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan pembahasannya diperlukan sebagai dasar menyesuaikan transaksi yang terjadi sesuai aktivitas bisnis. 3 langkah membuat jurnal umum adalah meminta bukti transaksi, melakukan asersi manajemen dan mencatatnya transaksi ke dalam buku besar.

Contoh jurnal penyesuaian pendapatan yang masih harus diterima terjadi pada PT Masraffi yang telah menyerahkan barang sebanyak 800 unit dengan harga Rp 5.000.000. Diakhir periode, akuntan PT Masraffi lupa mencatat untuk mengakui adanya pendapatan yang terjadi. Buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Piutang Rp 4.000.000.000
Pendapatan Jasa Rp 4.000.000.000
(Jurnal penyelesaian pekerjaan

Baca Juga: Pengertian Akun Nominal dan Akun Riil

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Cara membuat jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Beban yang dibayar dimuka harus dialokasikan sesuai masa pemanfaatannya dan dapat dikoreksi fiskal sesuai masa pelaporan pajak penghasilan badan.

Langkah-langkah membuat jurnal umum dari neraca saldo akan mempermudah menentukan saldo akhir setiap periodenya. Neraca lajur bertujuan memudahkan proses pembuatan laporan keuangan sebelum diterbitkannya jurnal penutup dan jurnal pembalik transaksi jurnal penyesuaian dimasa lampau.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang terjadi pada PT Masraffi yang membayarkan asuransi sebesar Rp 554.000.000 untuk kebakaran gedung. Polis asuransi selama 5 tahun dan baru digunakan perusahaan selama 4 bulan. Buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan untuk transaksi tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Asuransi dibayar dimuka Rp 554.000.000
Kas Rp 554.000.000
(Jurnal pembayaran asuransi
31/12/2018Beban Asuransi Rp 36.933.333
Asuransi dibayar dimuka Rp 36.933.333
(Jurnal pengakuan pemakaian asuransi

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Saldo

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa dalam metode perubahan kebijakan akuntansi. Perubahan metode persediaan dari fifo menjadi rata-rata tertimbang mengakibatkan perusahaan ditahun berjalan dan berikutnya tanpa mempertimbangkan peristiwa masa lampau.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel