Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil Metode Imprest

Konten [Tampil]

Jurnal pembentukan dan pengisian kembali kas kecil metode imprest akan menyesuaikan saldo yang telah ditetapkan di awal periode. Ciri-ciri metode imprest adalah saldo kas kecil tidak akan berubah dan hanya dilakukan pengisian kembali dengan mengumpulkan bukti transaksi pemakian dana kas kecil.

Bagaimana cara mencatat jurnal penyesuaian metode dana tetap menjadi prioritas dalam sistem pengendalian internal. Contoh dana tetap dan tidak tetap dipengaruhi oleh kebijakan akuntansi dan internal control ketika menggunakan kas kecil sebagai metode pembayaran tagihan yang bersifat tidak material.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuasi menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal kas kecil sebaiknya melakukan pembayaran tagihan dengan nominal kurang material menggunakan patty cash sebab dapat menghemat biaya administrasi pemakaian cek dan bilyet giro.

Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil Metode Imprest

Apa Perbedaan Metode Imprest dengan Metode Fluktuasi

Perbedaan kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi terletak pada cara perusahaan melakukan pengisian kembali patty cash yang telah dipergunakan. Sistem periodik dan sistem perpetual berguna mencegah risiko kehilangan kas karena risiko bawaan atau risiko pengendalian internal perusahaan.

Perbedaan antara metode dana tetap dengan metode dana tidak tetap terletak pada mekanisme penentuan saldo awal kas kecil. Metode dana tetap akan menetapkan kas kecil sejumlah tertentu dan tidak diperkenankan melebihi ketika terjadi pengisian kembali saldo patty cash sesuai bukti transaksi yang dimiliki.

Keuntungan menggunakan metode imprest fund system adalah perusahaan hanya akan melakukan pengisian kembali dana kas kecil sesuai bukti transaksi yang diperoleh. Metode imprest atau metode dana tetap akan membantu perusahaan untuk mendeteksi pemakaian kas yang tidak terotorisasi dari kasir.

Baca Juga: Contoh Soal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Fund System)

Contoh soal kas kecil metode dana tetap diawali dengan menentukan saldo awal dari petty cash yang diperlukan. Setiap transaksi pemakaian kas kecil tidak langsung dicatatkan melainkan akan dicatat pada jurnal penyesuaian pada saat mau mengganti saldo kas kecil sejalan dengan bukti transaksi yang dimiliki.

Contoh soal dana kas kecil metode imprest berlaku bagi perusahaan yang menerapkan sistem dana tetap. Bagaimana cara mencatat jurnal penyesuaian dengan metode dana tetap terjadi ketika dalam proses jurnal pembentukan patty cash dan jurnal pengisian kembali saldo kas kecil yang telah dipergunakan.

Pada metode imprest dana kas kecil yang dicatat ke dalam jurnal umum adalah transaksi pemakaian patty cash selama satu periode. Contoh soal kas kecil metode dana tetap terjadi pada PT Masraffi yang menetapkan saldo kas kecil sebesar Rp 66.200.000. Adapun transaksi selama bulan januari sebagai berikut:

TanggalTransaksi
02/05/2022Pembayaran biaya isi ulang galon air minum sebesar Rp 1.200.000
08/05/2022Pembayaran biaya fotocopy sebesar Rp 5.000.000
17/05/2022Pembelian materai sebesar Rp 500.000
23/05/2022Pembelian bensin kendaraan sebesar Rp 400.000
31/05/2022Pengisian kembali kas kecil sesuai pengeluarannya

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil Metode Imprest

Jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali kas kecil akan dibentuk pada awak kesepakatan jumlah kas yang dicadangkan. Kas kecil merupakan aktiva lancar yang dimiliki untuk pembayaran tagihan dengan nominal kurang material dan kurang efisien ketika menggunakan cek atau bilyet giro.

Jurnal pembentukan kas kecil metode imprest hanya dibuat pada awal penetapan saldo kas kecil dan pada saat terjadi perubahan anggaran saldo patty cash. Pembentukan kas kecil akan mengurangi saldo rekening giro sesuai pemilikan rekening bank. Adapun jurnal pengisian kembali kas kecil metoda dana tetap adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Patty Cash Rp 66.200.000
Mandiri Bank Rp 66.200.000

Jurnal pengisian kembali kas kecil metode imprest dibuat sesuai bukti pengeluaran kas yang didapatkan. Nilai akhir penggunaan saldo kas kecil harus sama ketika terjadi pembentukan anggaran patty cash. Adapun jurnal pemakaian kas kecil untuk pembayaran macam-macam biaya sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022All Expance Rp 7.100.000
Mandiri Bank Rp 7.100.000

Baca Juga: Karakteristik Kas Kecil Metode Imprest

Demikian contoh jurnal pembentukan dan pengisian kembali kas kecil metode imprest dan soal pilihan gandanya. Setiap transaksi penggunaan kas kecil harus dibuktikan dengan bukti pengeluaran kas yang telah disetujui oleh pejabat perusahaan yang berwenang dalam menjalankan transaksi seperti kasir.

0 Response to "Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil Metode Imprest"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel