Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Tidak Langsung

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan tidak langsung diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin menjalankan koreksi fiskal. Beban kerugian piutang adalah biaya yang ditanggung perusahaan sebagai akibat pelaksanaan kebijakan penjualan kredit untuk meningkatkan omzet perdagangan perusahaan.

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih dapat dilaksanakan menggunakan cadangan kerugian piutang atau pengurangan piutang dagang. Taksiran kerugian piutang didasarkan pada penjualan kredit atau saldo akhir piutang dagang. Piutang adalah akun sementara untuk menampung pendapatan yang belum dibayar pelanggan.

Metode penghapusan piutang terdiri dari metode langsung dan metode pembentukan cadangan kerugian piutang. Taksiran piutang tak tertagih dapat didasari pada tingkat penjualan kredit atau piutang dagang perusahaan. Internal control penjualan kredit harus didapatkan persetujuan dari analisis pembayaran dimasa lampau.

Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Soal dan Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Contoh soal dan jurnal penghapusan piutang tak tertagih dapat terjadi diberbagai jenis perusahaan. Akta pendirian adalah perjanjian kerjasama antara masing-masing sekutu untuk menjalankan bisnis sesuai kesepakatan. Pembagian laba rugi persekutuan harus dicantumkan agar terhindari dari kecurangan tertentu.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung diterapkan diperusahaan sebagai upaya mempresentasikan informasi keuangannya. Keuntungan penjualan kredit adalah meningkatkan penjualan barang dan membantu pelanggan mendapatkan barang sesuai keinginannya secara cicilan.

Kelebihan dan kelemahan metode penghapusan piutang secara langsung adalah mengurangi pemanfaatkan pembukuan akuntansi. Ketika piutang dagang langsung dikreditkan maka terjadi pengurangan pendapatan perusahaan. Beban kerugian piutang tidak dapat mengurangi penghasilan kena pajak.

Contoh soal dan jawaban piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung terjadi pada PT Masraffi yang mensetujui penjualan kredit sebesar Rp 85.000.000 dengan 4 kali cicilan. Apabila pembayaran ke 1, pelanggan sudah tidak dapat membayarkan tagihan. Bagaimana cara membuat jurnal penghapusan piutang tersebut?

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya

Cara Membuat Tabel Umur Piutang Tak Tertagih

Cara membuat tabel umur piutang tak tertagih berlaku bagi metode tidak langsung. Metode cadangan kerugian piutang akan membentuk akun sementara untuk menampung beban kerugian piutang agar ketika perusahaan mendapatkan pelanggan yang bermasalah tidak mempengaruhi kewajaran laporan keuangan.

Contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan tidak langsung diterapkan sesuai kebijakan akuntansi perusahaan. Sistem pengendalian internal piutang berkaitan erat dengan sistem penjualan kredit. Analisis credit score akan menunjukkan ketepatan waktu pembayaran yang dilaksanakan pelanggan.

Cara membuat tabel umur piutang tak tertagih dihitung dari tanggal barang dikirimkan. Piutang dagang dinilai sesuai harga jual yang disepakati. Beban kerugian piutang akan mengurangi nilai penjualan bersih yang didapatkan perusahaan. Adapun cara menghitung beban kerugian piutang tak tertagih sebagai berikut:

Piutang Tak Tertagih = Rp 85.000.000 / 4 * 3
Piutang Tak Tertagih = Rp 63.750.000

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi di Accurate

Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Cadangan Kerugian Piutang

Jurnal penghapusan piutang metode langsung dan cadangan kerugian piutang diakibatkan dari adanya  kesalahan dalam proses pemberian kebijakan kredit. Credit score merupakan penilaian terhadap kualitas pembayaran tagihan pelanggan dimasa lampau ketika masih melakukan penjualan tunai.

Jurnal penghapusan piutang karena pailit mengakibatkan perusahaan menanggung kerugian tertentu. Kelemahan penghapusan piutang dengan metode langsung adalah mengurangi secara mendadak piutang dagang dan mengakibatkan berkurangnya kekayaan perusahaan secara tiba-tiba di neraca saldo.

Piutang usaha dinilai berdasarkan seluruh barang dan jasa yang diserahkan kepada customer sesuai nilai tukarnya. Nilai tukar adalah harga yang disepakati antara penjual dan pembeli dalam akad jual beli. Adapun jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/06/2022Beban Kerugian Piutang Rp 63.750.000
Piutang Dagang Rp 63.750.000
(Jurnal penghapusan piutang langsung)

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi 15 Transaksi dan Jawabannya

Demikian contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan tidak langsung dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Process costing dan job order costing diberikan sebagai dasar perhitungan harga pokok produksi atas barang yang telah diberikan kepada para pelanggan.

0 Response to "Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Tidak Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel