Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung dapat menerapkan sistem pengendalian internal penjualan kredit. Penjualan kredit adalah pemberian barang kepada pelanggan tetapi pembayarannya dapat dilaksanakan setelah barang diterima sampai termim pembayarannya.

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih wajib diselenggarakan untuk memaksimalkan keuntungan atas pendapatan bunga perusahaan. Wesel berbunga dan wesel tanpa bunga dapat dijadikan alat untuk menyelesaikan permasalah hutang dagang. Wesel bunga akan memberikan sejumlah interest sesuai persentasenya.

Contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan tidak langsung akan berdampak pada laporan keuangan perusahaan. Akuntansi piutang dagang terdiri dari penilaian, pengakuan dan penyelesaian piutang usaha disertai adanya permasalahan wesel tagih dan wesel bayar diantara dua tanggal pembayaran.

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung

Contoh soal jurnal penghapusan piutang metode langsung akan terjadi ketika perusahaan telah mendapatkan pelanggan dengan kualitas pembayaran tidak baik. Sebelum memberikan kebijakan penjualan kredit, perusahaan harus dapat mengalokasikan secara wajar nilai tukar yang disepakatinya.

Contoh jurnal penghapusan piutang metode penyisihan cadangan kerugian piutang telah mempersiapkan nilai piutang yang tidak mampu dibayarkan pelanggan. Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar bertujuan menghitung pendapatan bunga dan beban bunga yang harus dibayarkan selama periode tersebut.

Contoh soal dan jawaban jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung terjadi pada PT Masraffi yang mendapati pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan sebesar Rp 76.280.000. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal untuk mengakui piutang yang tidak mampu dibayarkan tersebut?

76.280.000Keterangan Debit Kredit
08/05/2021Beban Kerugian Piutang Rp 169.242.000
   Piutang Dagang Rp 169.242.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Fifo dan Contoh Soal

Dasar yang Digunakan dalam Metode Tidak Langsung

Dasar yang digunakan dalam menghitung piutang tak tertagih metode tidak langsung adalah menaksir jumlah piutang sejalan dengan persentase penjualan atau persentase piutang dagang. Kebijakan akuntansi dapat menggunakan process costing dan job order costing dalam menilai harga pokok penjualan.

Metode penghapusan piutang tak tertagih dapat menggunakan metode cadangan kerugian piutang. Keuntungan menggunakan metode tidak langsung adalah entitas telah mempersiapkan beban kerugian piutang diperiode sebelumnya untuk menghindari adanya pelanggan yang tidak mampu membayarkan tagihan sesuai termin pembayarannya.

Dasar yang digunakan dalam menghitung piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang harus menitikberatkan pada nilai tunai kas yang dapat direalisasikan. Prinsip matching cost again revenue diberikan kepada pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan sesuai kebijakan penjualan kreditnya.

Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Anggota Baru Persekutuan

Contoh Soal Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang bertujuan agar entitas dapat mempersiapkan sejak dini adanya kemungkinan pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan karena pailit, bangkut bahkan entitas harus ditutup sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Contoh soal dan jawaban jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode tidak langsung berdampak pada adanya koreksi fiskal positif. Koreksi fiskal adalah menyesuaikan beban yang dikeluarkan perusahaan sejalan dengan penghasilan yang harus dibayarkannya ketika memperoleh pendapatan kena pajak.

Contoh jurnal penghapusan piutang metode cadangan kerugian piutang terjadi pada PT Masraffi yang membentuk penyisihan kerugian piutang sebeasr 25% dari penjualan kredit. Ditahun berjalan, PT Masraffi mampu menghasilkan penjualan tunai sebesar Rp 114.00.000 dan kredit sebesar Rp 99.560.000. Bagaimana jurnal yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Beban Kerugian Piutang Rp 24.890.000
   Cadangan Kerugian Piutang Rp 24.890.000

Baca Juga: Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan jawaban jurnal penghapusan piutang tak tertagih yang menjadi materi akuntansi piutang dagang. Piutang dagang adalah aktiva perusahaan yang sangat rentan terjadi pemanipulasian terutama ketika pembayaran tagihan bernominal besar atau material.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel