Contoh Soal Audit Rekening Giro Bank dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit rekening giro bank bertujuan menyakinkan pengguna laporan keuangan tentang mekanisme perolehan dana kas besar. Perbedaan kas besar dan kas kecil terletak pada informasi keuangan yang didistribusikan kepada pelanggan untuk mengevaluasi kinerja keuangan selama satu periode akuntansi.

Contoh soal rekonsiliasi bank 2 kolom beserta jawabannya akan mempublikasikan informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis. Kewajiban adalah segala aktivitas perusahaan yang diawali dengan mengkonsumsi aset milih pihak ketiga tetapi pembayaran untuk penggunaannya akan dilaksanakan kemudian hari sesuai kesepakatan.

Penyebab terjadinya perbedaan saldo antara kas di bank dan catatan perusahaan adalah kesalahan catat dan perbedaan waktu pencatatan. Cek kosong, deposit in transit dan outstanding check menjadi aktivitas yang sering mengakibatkan permasalahan saat proses rekonsiliasi bank dilaksanakan diakhir periode.

Contoh Soal Audit Rekening Giro Bank dan Jawabannya

Apa Penyebab Timbulnya Perbedaan Antara Catatan Saldo Bank dengan Perusahaan

Apa penyebab timbulnya perbedaan antara catatan saldo bank dengan perusahaan adalah mekanisme pembayaran tagihan sejalan dengan aktivitas perusahaan. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas harus diterapkan untuk memastikan kebenaran saldo dan kesesuaian waktu pencatatan transaksi yang terjadi.

Deposit in Transit

Deposit in transit atau setoran dalam perjalanan merupakan aktivitas perusahaan menyimpan uang di bank untuk setiap selesainya kegiatan penjualan di perusahaan. Transaksi kas setelah tanggal neraca sampai tanggal berakhirnya pemeriksaan lapangan harus diperiksa untuk mencegah terjadinya fraud atau kecurangan.

Outstanding Check

Out standing check atau cek dalam perjakan merupakan aktivitas perusahaan membayarkan tagihan kepada pemasok denan memberikan cek atau bilyet giro. Perbankan akan mengakui adanya pengurangan saldo di bank ketika cek atau bilyet giro telah dicairkan oleh pemasok walaupun berbeda periode.

Cek Kosong

Cek kosong adalah cek yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memberikan cek atau bilyet giro sebagai metode penyelesaian hutang piutang. Cek kosong artinya tidak terdapat saldo di bank yang mengakibatkan penolakan atas pengurangan saldo di rekening giro pihak pelanggan tersebut.

Baca Juga: Cara Mencari Titik Impas Penjualan Barang dalam Unit

Contoh Soal Audit Rekening Giro Bank dan Jawabannya

Contoh soal audit rekening giro bank dan jawabannya dilaksanakan setiap akhir peirode. Rekonsiliasi bank adalah proses menyamakan transaksi antara pencatatan di bank dengan perusahaan. Penyebab timbulnya proses rekonsiliasi adalah pengakuan pendapatan jasa giro dan biaya administrasi bank.

Contoh soal audit pemeriksaan rekonsiliasi bank harus melibatkan proses konfirmasi seluruh rekening giro yang dimiliki perusahaan. Akuntan publik dapat melakukan review terhadap jawaban konfirmasi bank, notulen rapat dan perjanjian pihak ketiga untuk mengetahui adanya kewajiban kontinjensi dimasa mendatang.

Contoh kasus audit pemeriksaan rekening giro terjadi ketika PT Masraffi memiliki saldo bank sebesar Rp 112.000.000. Mutasi rekening koran menunjukkan saldo akhir sebesar Rp 113.000.000. Temuan audit menunjukkan adanya pendapatan jasa giro yang belum diakui perusahaan ketika melaksanakan tutup buku.

Baca Juga: Contoh Uji Subtantif dan Uji Compliant Kas Kecil

Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank Kesalahan dan Perbedaan Waktu Pencatatan

Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank kesalahan pencatatan dan perbedaan waktu pencatatan berakibat pada penurunan penilaian sistem pengendalian internal perusahaan. Internal control bertujuan mencegah pemakaian aset perusahaan tanpa otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Contoh soal audit rekening giro bank dan jawabannya dimulai dengan meminta konfirmasi saldo akhir rekening yang diterbitkan perbankan. Windows dressing adalah tindakan perusahaan melakukan transfer dana antar rekening pribadi untuk meningkatkan saldo kekayaan dengan menunda sebuah pencatatan.

Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank terjadi ketika adanya kesalahan proses pencatatan transaksi yang mengakibatkan perbedaan waktu pencatatan. Bagaimana cara menilai sistem pengendalian internal perusahaan yaitu dengan meminta bagan alir dan menjawab kuesioner. Adapun jurnal audit adjustment yang diberikan oleh akuntan publik adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Kas Rp 1.000.000
Pendapatan Jasa Giro Rp 1.000.000

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Demikian contoh soal audit rekening giro bank dalam prosedur rekonsiliasi bank sejalan dengan aktivitas perusahaan. Penerimaan kas dan pengeluaran kas wajib dicatat untuk mencegah terjadinya pemanipulasian data keuangan ketika bukti transaksi yang didapatkan kurang valid di periode berjalan.


0 Response to "Contoh Soal Audit Rekening Giro Bank dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel