Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya bertujuan agar saldo piutang dilaporkan sesuai tujuan pembentukan perusahaan. Pembagian laba rugi persekutuan diperhitungkan berdasarkan persentase pemilik modal yang telah disetorkan baik berupa kas atau aktiva non kas seperti kendaraan.

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dilaksanakan setelah kas dan setara kas diketahui nilai tercatatnya. Pengertian piutang usaha adalah piutang yang berasal dari kegiatan penjualan barang dagang secara kredit sesuai tujuan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses dalam informasi keuangan entitas.

Temuan audit atas pemeriksaan piutang akan terjadi ketika ruang lingkup pemeriksaan telah ditentukan. Akuntan publik bertugas menguji kewajaran saldo laporan keuangan sesuai standar auditing yang berlaku. Akuntan perusahaan dapat menggunakan asersi manajemen ketika menilai keterkaitan penggunaan aset perusahaan.

Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Kasus Temuan Audit pada Pemeriksaan Piutang Usaha

Kasus temuan audit pada pemeriksaan piutang usaha dilaksanakan setiap akhir periode sesuai standar auditing. Akuntan publik membuat kertas kerja pemeriksaan piutang sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis ketika menggunakan sistem penjualan dan penagihan barang.

Risiko audit dalam pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya adalah salah deteksi tingkat materialitas akun, kesalahan penyajian atas asersi manajemen dan ketika salah memeriksa sampel. Akuntan publik dapat meminta sampel bukti transaksi ketika mengevaluasi sistem pengendalian internal perusahaan.

Kasus temuan audit pada pemeriksaan piutang usaha berlangsung dari awal periode hingga akhir periode. Pertanyaan siklus penjualan dan penagihan piutang dagang akan mengakibatkan terjadinya risiko bawaan, risiko pengendalian dan risiko deteksi sampel yang dipergunakan untuk menilai kewajaran laporan keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Dagang

Contoh Soal Kasus Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal kasus audit pemeriksaan piutang dagang dan jawabannya dilaksanakan setelah akuntan publik membuat audit plan. Perencanaan audit bertujuan untuk memudahkan pembuatan kertas kerja pemeriksaan dengan mencantumkan akta pendirian, company profile dan dokumen permanen lainnya.

Contoh kasus audit piutang usaha dan penyelesaiannya dilangsungkan ketika entitas telah menetapkan saldo akhir. Pengertian piutang adalah tagihan yang dikeluarkan perusahaan kepada para pelanggan akibat diberikannya sebagian kekayaan perusahaan disertai adanya termin pembayaran yang telah disepakati.

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya terjadi ketika PT Masraffi melaporkan adanya saldo tagihan akhir sebesar Rp 574.157.000. Temuan audit menunjukkan adanya pembayaran yang belum tercatat sebesar Rp 11.246.000, bagaimana jurnal penerimaan piutang tersebut?

Baca Juga: Contoh Prosedur Audit Piutang Dagang Perusahaan Jasa

Pertanyaan Jurnal Tentang Pemeriksaan Piutang Usaha dan Piutang Lainnya

Pertanyaan pemeriksaan piutang berkaitan dengan uji subtantif dan uji compliance. Seluruh penerimaan kas dan pengeluaran kas harus dicatat agar piutang dan hutang dilunasi. Internal control penjualan dan penerimaan tagihan harus didistribusikan untuk memaksimalkan pengeluaran perusahaan.

Pertanyaan uji subtantif dan uji compliance piutang dagang dilaksanakan setiap periodenya ketika telah mencantumkan informasi laporan keuangan. Contoh kasus pemeriksaan piutang akan berdampak pada kebijakan penjualan kredit dimasa mendatang saat terjadi piutang tak tertagih oleh perusahaan.

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya harus ditempatkan sesuai sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Kertas kerja pemeriksaan piutang harus dibuat untuk menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan sesuai standar auditing yang diterapkan di kantor akuntan publik.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Cash Rp 11.246.000
Account Receivables Rp 11.246.000

Baca Juga: Apa itu Asersi Manajemen dan Sebutkan Contohnya

Demikian contoh kasus pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Cadangan kerugian piutang perlu dibentuk ketika entitas mengalami kesulitan saat menagihkan piutang yang tidak mampu dibayarkan oleh pelanggan sesuai terminnya.

0 Response to "Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel