Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Dagang dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi perusahaan dagang dari jurnal umum sampai laporan keuangan akan membahas transaksi selama satu bulan atau periode akuntansi. Perusahaan dagang adalah entitas yang melaksanakan kegiatan penjualan barang tanpa merubah wujud barang dengan tujuan menambah manfaat ekonomis.

Contoh soal siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang bertujuan agar proses pencatatan informasi keuangan dapat berjalan. Jurnal umum dan jurnal khusus merupakan book of original entry artinya pencatatan pertama kali atas bukti transaksi yang diperoleh dengan menggunakan asersi manajemen.

Bagaimana cara membuat jurnal umum atas transaksi penjualan, pembelian, penerimaan kas dan pengeluaran kas menjadi aktivitas yang sering terjadi diperusahaan. Bagi perusahaan yang telah memenuhi syarat sebagai pengusaha kena pajak, wajib melaksanakan pemungutan ppn dan pph selama menjalankan operasional.

Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Dagang dan Pembahasannya

Contoh Soal Transaksi Perusahaan Dagang Selama 1 Bulan

Contoh soal transaksi perusahaan dagang selama satu bulan diawali dengan adanya pembelian perlengkapan dan peralatan kantor secara tunai dan kredit. Akun riil akan dipergunakan ketika terjadi perubahan kekayaan perusahaan dari aktiva lancar menjadi aktiva tetap atas sumber daya modal perusahaan.

Transaksi apa saja yang masuk dalam jurnal umum perusahaan dagang adalah segala aktivitas operasional perusahaan ketika memenuhi prinsip keberlangsungan usaha. Akun riil dan akun nominal berfungsi agar entitas dapat mengukur kinerja keuangan untuk mencapai tujuan didirikannya perusahaan sesuai akta pendirian.

Contoh transaksi perusahaan dagang selama 1 bulan akan melibatkan prive dan pembayaran biaya non operasional. Prive adalah pengambilan pribadi pemilik perusahaan atas setoran modal yang telah dilaksanakan. Prive tidak termasuk objek pajak penghasilan karena tidak mengandung tambahan manfaat ekonomis.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Jasa

Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Dagang dan Penyelesaiannya

Contoh soal akuntansi perusahaan dagang dan penyelesaiannya mulai dari bukti transaksi sampai laporan keuangan akan menimbulkan pengaruh arus kas perusahaan. Laporan arus kas akan mengklasifikasikan arus kas pembayaran menjadi arus kas operasional, investasi dan pendanaan.

Soal akuntansi perusahaan jasa dari jurnal umum sampai jurnal penutup akan menghasilkan informasi keuangan yang valid. Contoh transaksi perusahaan dagang selama satu bulan akan melibatkan penyetoran pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai untuk setiap transaksi yang terjadi sesuai peruntukkannya.

Transaksi apa yang ada diperusahaan dagang tetapi tidak ada di perusahaan jasa adalah pembuatan buku besar pembantu persediaan dan pembayaran biaya angkut barang. PT Masraffi melakukan penjualan barang senilai Rp 49.783.000 belum ppn kepada pelanggan dengan uang muka pembelian sebeasr 40%. Bagaimana cara membuat jurnal umum perusahaan jasa tersebut?

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Piutang Tak Tertagih

Cara Membuat Jurnal Umum dan Jurnal Khusus dari Bukti Transaksi

Cara membuat jurnal umum dan jurnal khusus dari bukti transaksi akan mempermudah perusahaan mengklasifikasikan transaksi. Mengapa perusahaan membuat jurnal umum dan tidak langsung posting ke buku besar? hal ini dilakukan untuk mempermudah proses audit laporan keuangan agar sesuai kebijakan akuntansi.

Langkah-langkah menyusun jurnal umum dan jurnal khusus perusahaan dagang dimulai dari proses analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi. Sifat-sifat akun dalam neraca saldo harus diketahui agar entitas dapat mencatat segala aktivitas operasional perusahaan selama kegiatan usaha berlangsung.

Jurnal Penerimaan Uang Muka Penjualan

Jurnal penerimaan uang muka penjualan merupakan aktivitas perusahaan menerima kontrak kerjasama membuat barang sesuai spesifikasi pelanggan. Entitas akan mewajibkan pembayaran sebagian atau seluruh pesanan yang dibuat pelanggan sebagai upaya tanda setuju untuk memulai kegiatan produksi perusahaan tersebut.

Bagaimana cara membuat jurnal uang muka penjualan menjadi contoh transaksi perusahaan dagang selama 1 bulan. Uang muka penjualan merupakan salah satu objek pajak pertambahan nilai sesuai kategori aktiva tetap. Adapun jurnal umum yang harus dibuat sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Cash Rp 21.904.520
Payment Advice Rp 19.913.200
VAT Out Rp 1.991.320
(Receipt Down Payment Journal)

Jurnal Pengiriman Barang dan Pengakuan Pendapatan

Jurnal pengiriman barang dan pengakuan pendapatan merupakan aktivitas mencari omzet perusahaan. Omzet adalah total penjualan yang mampu dihasilkan dari aktivitas bisnis. Apabila perusahaan mencapai omzet diatas 4,8 miliar maka akan berstatus sebagai pengusaha kena pajak dalam pemeriksaan pajak.

Pendapatan diakui ketika terdapat kemungkinan tambahan manfaat ekonomis dan dapat diukur dengan handal. Maka, jurnal pengiriman barang akan menghasilkan informasi harga pokok produksi dan jurnal penjualan akan menghasilkan pengakuan pendapatan. Adapun jurnal umum yang harus dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
06/08/2022Good Sending Rp 27.380.650
Finish Goods Rp 27.380.650
(Sending order to Customer)
25/09/2022Cash Rp 32.856.780
Payment Advice Rp 19.913.200
Cost of Good Sales Rp 27.380.650
Sales Rp 49.783.000
VAT Out Rp 2.986.980
Good Sending Rp 27.380.650
(Sales Journal)

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka

Demikian contoh soal akuntansi perusahaan dagang dan penyelesaiannya dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Proses pembuatan jurnal umum sampai jurnal penutup untuk menghasilkan informasi keuangan diperlukan sebagai sarana mempertanggungjawabkan dana perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Dagang dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel