Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih dan jawabannya menjadi dasar yang digunakan dalam menentukan metode cadangan kerugian piutang. Taksiran jumlah piutang yang tidak dapat ditagihkan oleh perusahaan ditentukan berdasarkan persentase dari penjualan kredit dan persentase piutang dagang pelanggan.

Cara mengatasi piutang tak tertagih bagi perusahaan dilakukan dengan mendatangi secara langsung customer untuk diminta pembayaran baik menggunakan wesel tagih atau surat promes. Transaksi yang mempengaruhi piutang usaha menjadikan arus kas pembayaran kepada supplier menjadi macet.

Contoh soal piutang tak tertagih berdasarkan analisis umur piutang ditetapkan berdasarkan termin pembayaran. Pengertian termin pembayaran adalah jangka waktu yang diberikan perusahaan untuk menerima penghasilan dari adanya penyerahan barang kena pajak dimasa lampau kepada pelanggan.

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Pengertian Piutang Usaha dan Cadangan Kerugian Piutang

Pengertian piutang usaha menurut para ahli adalah faktur penjualan yang diterbitkan oleh perusahaan kepada pelanggan tetapi pembayarannya diterima di masa mendatang. Akad istishna dalam akuntansi syariah diperkenankan untuk mengakui pendapatan dari pekerjaan yang dilakukan secara sepaket.

Pengertian cadangan kerugian piutang menurut para ahli adalah akun yang digunakan untuk memperkirakan jumlah tagihan yang tidak mampu dibayarkan oleh pelanggan. Agar piutang tak tertagih dapat diatasi oleh perusahaan maka diterapkan adanya follow-up pembayaran dan denda keterlambatan bayar tagihan.

Dasar yang digunakan dalam menentukan metode cadangan kerugian piutang adalah persentase penjualan kredit dan persentase piutang dagang. Prinsip akuntansi yang berterima umum mewajibkan perusahaan untuk menggunakan dasar akrual dan dasar keberlangsungan usaha ketika melaporkan neraca saldo.

Baca Juga: Ayat Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Masih Harus Dibayar

Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Dagang dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda piutang dagang dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar. Akuntansi pengantar akan membahas informasi keuangan mulai dari kas, piutang, persediaan, aktiva tetap, hutang dagang dan jenis-jenis modal saham yang ada di perseroan terbatas dan persekutuan.

Apa yang dilakukan perusahaan ketika mendapatkan piutang tak tertagih dapat dilaksanakan inspeksi tentang pemberian kebijakan kredit oleh manajemen kredit perusahaan. Peraturan pembayaran tagihan yang longgar atau tidak sesuai jangka waktu tagihan menyebabkan arus kas operasional perusahaan terkendala.

Contoh soal piutang dagang dan jawabannya terjadi pada PT Masraffi yang sudah melakukan penghapusan piutang sebesar Rp 41.000.000. Pada periode berikutnya, ternyata pelanggan mampu membayarkan tagihan tersebut secara tunai. Buatlah jurnal penerimaan kembali piutang yang telah dihapus?

Baca Juga: Contoh Soal Buku Besar Bentuk T dan Jawabannya

Jurnal Penerimaan Pembayaran Kembali Piutang Tak Tertagih

Jurnal penerimaan pembayaran kembali piutang yang sudah dihapus dapat terjadi ketika pelanggan memiliki kemampuan lagi untuk kegiatan operasional. Apabila terjadi penerimaan piutang tak tertagih maka perusahaan harus membuat jurnal pembalik dari akun cadangan kerugian piutang yang sudah dipersiapkan.

Bukti transaksi untuk menghapus piutang usaha adalah adanya otorisasi dari pejabat berwenang tentang tidak dapat ditagihnya suatu piutang dari sebuah perusahaan. Sistem pengendalian internal yang baik memungkinkan tidak terjadinya kesalahan dalam pemberian kebijakan kredit barang kepada pelanggan tertentu.

Transaksi yang mempengaruhi akun piutang adalah penerimaan dan pelunasan tagihan. Piutang akan diakui ketika perusahaan menggunakan dasar akrual dalam metode pencatatannya. Jurnal penghapusan piutang dan penerimaan kembali piutang berdasarkan contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2021Piutang Dagang Rp 41.000.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 41.000.000
(jurnal membalik piutang tak tertagih)
02/05/2021Kas Rp 41.000.000
Piutang Dagang Rp 41.000.000
(jurnal menerima kembali piutang yang dihapus)

Baca Juga: Pertanyaan tentang Pembubaran Likuidasi Persekutuan

Demikian contoh soal penyisihan piutang tak tertagih dan jawabannya akuntansi pengantar dalam bentuk pilihan ganda dan soal essay. Beban kerugian piutang menjadi biaya fiskal ketika entitas berhasil memperoleh bukti tidak dapat ditagihnya piutang seperti kebangkrutan lawan transaksi.

0 Response to "Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel