Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian Gaji Masih Harus Dibayar dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh ayat jurnal penyesuaian gaji masih harus dibayar dan jawabannya menjadikan perusahaan wajib membayarkan upah dan pajak penghasilan badan yang dilaporkan. Bedanya beban dan biaya bergantung pada pengakuan pemanfaatan sumber daya milik pihak ketiga ketika dipergunakan oleh perusahaan.

Jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar hendaknya dibuat setiap awal periode akuntansi. Perusahaan yang telah menggunakan tenaga kerja tetapi belum melakukan pembayaran disebut utang gaji. Perusahaan harus mengklasifikasi biaya tenaga kerja menjadi tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Pengertian biaya yang masih harus dibayar adalah penggunaan sumber daya milik pihak ketiga tetapi sampai akhir periode belum terdapat pembayaran pelunasannya. Beban dibayar dimuka adalah pembayaran kas untuk menggunakan sumber daya pihak ketiga secara proporsional sesuai periodenya.

Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian Gaji Masih Harus Dibayar dan Jawabannya

Perbedaan Beban Dibayar Dimuka dan Beban Masih Harus Dibayar

Pengertian biaya dibayar dimuka adalah beban yang sudah dibayarkan perusahaan tetapi pemanfaatannya akan dilaksanakan untuk beberapa periode mendatang. Contoh rekening yang memerlukan jurnal penyesuaian diantaranya asuransi dibayar dimuka, pajak dibayar dimuka dan sewa dibayar dimuka.

Pengertian beban masih harus dibayar menurut para ahli adalah tagihan atas pemanfaatan sumber daya pihak ketiga yang belum dibayarkan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Contoh transaksi yang harus dilakukan pembuatan jurnal penyesuaian seperti utang gaji, utang bunga wesel dan promes.

Perbedaan kelompok deferal dan kelompok akrual dalam penyusunan jurnal penyesuaian berdasarkan neraca saldo perlu mempertimbangkan prinsip perbandingan pendapatan dan biaya serta penentuan periode akuntansi. Periode akuntansi dimulai dari bulan januari sampai desember untuk pelaporan spt tahunan badan.

Baca Juga: Apa Itu Kertas Kerja Pemeriksaan bagi Auditor

Contoh Kasus Jurnal Penyesuaian Gaji Masih Harus Dibayar

Contoh kasus jurnal penyesuaian gaji masih harus dibayar hendaknya dilakukan pemotongan pajak penghasilan bagi karyawan yang telah mencapai penghasilan kena pajak. Beban yang masih harus dibayar termasuk akun expance yang menjadi bagian dari laporan laba rugi komprehensif.

Contoh soal dan jawaban ayat jurnal penyesuaian gaji yang masih harus dibayar wajib diselenggarakan pencatatan bagi pihak penerima manfaat. Penghasilan kena pajak adalah total penghasilan bruto yang diterima karyawan setelah dikurangkan penghasilan tidak kena pajak seperti status sudah menikah dan memiliki 3 anak.

Contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang masih harus dibayar terjadi pada PT Masraffi yang memiliki karyawan sebanyak 5 dengan upah per hari sebesar Rp 80.000. Pembayaran upah dilaksanakan tiap hari sabtu, tetapi akhir bulan Januari 2022 pembayaran dilakukan hari selesa. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

Baca Juga: Unsur-Unsur Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo berperan sebagai alat publikasi informasi keuangan sesuai keadaan perusahaan sebenarnya. Beban gaji dan utang gaji termasuk kelompok akun akrul karena perusahaan telah memanfaatkan tenaga kerja tetapi pembayarannya dilaksanakan kemudian hari.

Cara menyusun jurnal penyesuaian dari neraca saldo wajib mengetahui saldo normal, saldo ketika akun bertambah dan berkurang melalui persamaan dasar akuntansi. Berdasarkan, contoh soal jurnal penyesuaian gaji masih harus dibayar didapatkan perhitungan beban gaji dan utang gaji sebagai berikut:

Hari Beban Gaji Tahun Berjalan Beban Gaji Periode Mendatang
Senin Rp 400.000
Selasa Rp 400.000
Rabu Rp 400.000
Kamis Rp 400.000
Jumat Rp 400.000
Sabtu Rp 400.000

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo perlu melihat berapakah jumlah yang sudah terutang perusahaan periode berjalan. Maka didapatkan perhitungan utang gaji per hari sebesar 5 karyawan x Rp 80.000 = Rp 400.000 yang sudah berjalan dua hari yaitu senin dan selasa.

Jurnal penyesuaian beban masih harus dibayar yang dibuat perusahaan sebagai berikut

TanggalKeteranganDebitKredit
01/08/2021Beban Gaji Rp 800.000
Utang Gaji Rp 800.000
(Ayat Jurnal Penyesuaian Beban Gaji dan Utang Gaji)

Baca Juga: Apa itu Rekonsiliasi Bank? Bagaimana Cara Membuat Rekonsilasi Bank?

Demikian contoh soal ayat jurnal penyesuaian gaji masih harus dibayar dan jawabannya yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Pembayaran gaji harus disertai pemotongan pajak penghasilan bagi karyawan yang sudah memenuhi syarat sebagai penerima penghasilan kena pajak.

0 Response to "Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian Gaji Masih Harus Dibayar dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel