Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek berguna untuk mendeteksi kecurangan dalam penggunaan dana perusahaan untuk pembayaran tagihan. Kecurangan yang ditemukan auditor pada saat pemeriksaan liabilitas jangka pendek adanya tidak terdapatnya otorisasi dan penggunaan sistem tender perusahaan.

Contoh kertas kerja pemeriksaan hutang jangka pendek dan liabilitas jangka panjang berguna untuk menentukan asersi manajemen yang dipergunakan. Pengertian liabilitas menurut para ahli adalah aktivitas operasional perusahaan dimasa lalu yang mengakibatkan berkurangnya kas dan setara kas di masa depan.

Contoh internal control questionaires terdiri dari substantive test dan compliant test. Kapan liabilitas tidak lancar dapat direklasifikasi menjadi liabilitas jangka pendek ketika jangka waktu pembayarannya kurang dari satu periode. Tujuan dan prosedur pemeriksaan hutang hendaknya disesuaikan standar auditor.

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya

Tujuan dan Manfaat Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah memastikan jumlah hutang yang dilaporkan sesuai perhitungan dari bukti transaksi yang terjadi. Sistem pengendalian internal hutang sebaiknya didasarkan pada standar operasional prosedur untuk mencegah terjadinya kecurangan penggunaan dana kas perusahaan.

Manfaat audit hutang jangka pendek adalah mengetahui jumlah yang harus dibayar perusahaan di tahun berjalan. Biaya aktual perlu dipertimbangkan secara rasional untuk menentukan tingkat laba yang terlaporkan. Jumlah barang pada faktur penjualan dan faktur pajak harus dicatat oleh entitas tersebut.

Contoh kecurangan yang ditemukan auditor pada saat pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah tidak terdapatnya pemisahan tugas dan formulir permintaan dana dengan nomor tercetak. Persyaratan pengajuan kredit jangka panjang harus dipastikan untuk mencegah adanya biaya operasional perusahaan.

Baca Juga: Cara Input Transaksi Penerimaan dan Pembayaran Kas di Accurate

Pertanyaan Substantive Test dan Compliant Test Liabilitas Jangka Pendek

Pertanyaan substantive test dan compliant test liabilitas jangka pendek menjadi patokan bagi auditor untuk memastikan ruang lingkup pemeriksaan. Internal control questionnairess berguna bagi akuntan publik menentukan tingkat kemungkinan kecurangan yang dilakukan masing-masing divisi perusahaan.

Contoh pertanyaan substantive test hutang jangka pendek adalah terdapatnya kelengkapan bukti-bukti transaksi. Bukti transaksi hutang adalah surat pesanan, tagihan pemasok dan faktur pajak masukan. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice untuk memudahkan pengkreditan faktur pajak tersebut.

Contoh pertanyaan compliant test liabilitas jangka pendek bertujuan memeriksa kelemahan sistem pengendalian internal. Adanya sistem otorisasi transaksi pembelian dan sistem tender menjadikan perusahaan memperoleh harga terbaik ketika menggunakan aplikasi economical order quantity.

Baca Juga: Contoh Internal Control Liabilitas Jangka Panjang

Contoh Soal Audit Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh soal audit liabilitas jangka pendek dan jawabannya berlangsung ketika seorang akuntan memeriksa jumlah hutang yang ada diperusahaan. Kertas kerja pemeriksaan dijadikan bukti bahwa akuntan publik telah menjalankan kewajibannya untuk menilai kewajaran dari laporan keuangan yang diterbitkan.

Contoh pemeriksaan hutang jangka pendek terjadi pada PT Masraffi yang memiliki daftar rincian hutang per pelanggan. Berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan saldo hutang yang terlapor sebesar Rp 50.000.000 yang berasal dari beberapa pemasok bahan baku sebagai berikut:

Nama SupplierJumlah Hutang
KakraffiRp9.000.000
RafinternetRp21.000.000
DekraffiRp9.500.000
Sumber BerkahRp10.500.000
JumlahRp50.000.000

Berdasarkan hasil temuan auditor terdapat kesalahan dapat pembayaran tagihan dimana seharusnya dibayarkan tagihan listrik tetapi didebitkan ke hutang pt kakraffi sebesar Rp 1.200.000. Adapun jurnal penyesuaian auditor yang harus dicatat oleh perusahaan sebagai koreksi fiskal sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Biaya Listrik Rp 1.200.000
Hutang Dagang Rp 1.200.000
(audit adjustment hutang dagang)

Baca Juga: Contoh Akun Hutang Jangka Pendek

Demikian contoh kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan pembahasannya dalam materi pengauditan. Kenapa hutang dagang termasuk hutang lancar karena termin pembayarannya harus dapat dilunasi kurang dari satu periode. Account payable berfungsi mengetahui jumlah tagihan per pemasok perusahaan.

0 Response to "Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel