Contoh Soal dan Pertanyaan Audit Liabilitas Jangka Panjang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan pertanyaan audit liabilitas jangka panjang akan dilakukan agar kecurangan yang mungkin dilakukan manajemen dapat diketahui. Substantive test dan compliant test hutang jangka panjang akan dilaksanakan agar ruang lingkup pemeriksaan dapat ditentukan untuk pertimbangan internal controlnya.

Tanya jawab audit pemeriksaan liabilitas jangka panjang berkaitan dengan divisi yang melaksanakan transaksi. Kecurangan yang ditemukan auditor saat memeriksa laporan keuangan terutama aktiva, liabilitas dan ekuitas harus dijalankan agar membuktikan asersi manajemen atas pencatatan transaksi.

Gambarkan pengujian substantif dan compliant atas sistem pengendalian internal kewajiban jangka pendek dan jangka panjang dapat mempengaruhi opini akuntan publik yang diungkapkan. Makalah liabilitas harus berisikan informasi tentang tujuan dan prosedur pemeriksaan hutang jangka panjang.

Contoh Soal dan Pertanyaan Audit Liabilitas Jangka Panjang

Pengertian dan Contoh Liabilitas Jangka Panjang

Pengertian liabilitas jangka panjang menurut para ahli adalah tagihan atas penggunaan sumber daya pihak ketiga yang harus dibayarkan lebih dari dua bulan sejak laporan keuangan diterbitkan. Reklasifikasi hutang jangka panjang ke jangka pendek harus dibuktikan dengan termin pembayaran yang disepakati.

Contoh akun hutang jangka panjang diantaranya kredit investasi, utang obligasi, wesel bayar, hutang kepada pemegang saham dan utang leasing. Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka panjang adalah membuktikan perusahaan telah memiliki bukti perjanjian kredit atas pinjaman yang telah diberikan.

Bedanya liabilitas jangka pendek dan jangka panjang terletak pada investasi yang dilakukan pihak ketiga diperusahaan. Kewajiban akan dihapuskan dari laporan posisi keuangan ketika pihak ketiga telah membebaskan pembayarannya atau terdapat sumber daya modal yang dikeluarkan sebagai pelunasan tagihan.

Baca Juga: Contoh Perjanjian Kredit Pinjaman Perbankan

Makalah Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Makalah pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan hutang jangka panjang berisikan informasi tentang internal control questionnaires yang diajukan untuk mendeteksi kesalahan dokumentasi. Asersi manajemen adalah representasi manajemen tentang transaksi yang dibuktikan dengan kelengkapan bukti transaksi.

Internal control atas liabilitas jangka panjang seperti diadakannya rapat umum ketika ingin menggunakan pinjaman dalam jumlah besar dan adanya sistem swap yang mencegah terjadinya kerugian yang diakibatkan oleh kerugian selisih kurs mata uang asing bagi perusahaan multinasional.

Tanya jawab pemeriksaan liabilitas jangka panjang diawali dengan penentuan ruang lingkup pemeriksaan. Sifat dan contoh kewajiban jangka pendek seharusnya menjadi pedoman dalam proses reklasifikasi hutang yang jatuh tempo kurang dari satu periode akuntansi yang akan berjalan.

Baca Juga: Tujuan dan Prosedur Audit Hutang Jangka Panjang

Contoh Kasus Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Contoh kasus audit pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan jawabannya akan memastikan asersi manajemen tepat. Bagaimana auditor menilai sistem pengendalian internal yaitu memerlukan bagan alir, penggunaan kuesioner dan wawancara dengan divisi untuk menilai ketepatan dokumentasi bukti transaksi.

Contoh kertas kerja pemeriksaan hutang jangka panjang berisikan informasi tentang saldo awal utang tahun lalu, penambahan dan pembayaran tagihan yang jatuh tempo serta kelengkapan bukti pembayaran tagihan. Supporting schedule kredit investasi dijadikan pedoman dalam proses pemeriksaan.

Pemeriksaan liabilitas jangka panjang terjadi pada PT Masraffi yang memiliki utang leasing sebesar Rp 75.000.000. Kecurangan yang ditemukan auditor saat memeriksa hutang adalah kesalahan dalam melakukan pembebanan jurnal ke biaya listrik sebesar Rp 1.250.000. Bagaimana audit adjusment yang akan diajukan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Utang Bank Rp 1.250.000
Biaya Listrik Rp 1.250.000
(Jurnal mencatatan kesalahan akuntan perusahaan)

Baca Juga: Contoh Jurnal Transaksi Pembelian dan Hutang Dagang

Demikian contoh kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka panjang dalam materi pengauditan berbasis komputer. Utang pajak penghasilan dan utang bank harus diklasifikasi agar kebenaran dalam asersi manajemen dapat dipertanggungjawabkan. Konfirmasi hutang pelanggan harus diterima setiap bulannya.

0 Response to "Contoh Soal dan Pertanyaan Audit Liabilitas Jangka Panjang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel