Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas dan Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas dan penyelesaiannya dipergunakan untuk mendokumentasikan prosedur audit berbasis komputer. Pengertian modal menurut para ahli adalah bagian dari hak investor ketika menanamkan saham di perusahaan dan menjadi kewajiban entitas untuk membayarkan dengan dividen.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas diawali dengan memeriksa sistem pengendalian internal untuk menentukan ruang lingkup. Modal perusahaan terdiri dari modal pemilik tunggal dan saham biasa. Persekutuan memiliki modal yang berasal dari para sekutu yang lebih dari satu anggota partner.

Pertanyaan tentang audit ekuitas pemegang saham akan memeriksa penambahan dan pengurangan investasi investor melalui rapat umum pemegang saham. Bedanya perseroan terbatas dengan persekutuan terletak pada kewajiban pembayaran hutang dan jenis saham yang dibagikan kepada para sekutu tersebut.

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas dan Penyelesaiannya

Sifat dan Contoh Ekuitas Pemegang Saham

Sifat dan contoh ekuitas pemegang saham perlu mempertimbangkan jenis perusahaan yang melaksanakan transaksi. Modal perseroan terbatas terdiri dari saham biasa dan saham preferen. Modal persekutuan terdiri dari setoran modal yang dilakukan sekutu. Modal koperasi terdiri dari simpanan pokok yang dimiliki anggota.

Pengertian ekuitas pemegang saham menurut para ahli adalah pinjaman yang diberikan pemilik modal dalam rangka memperoleh keuntungan dari hasil investasi tersebut. Modal diakui di laporan posisi keuangan setelah akta pendirian perusahaan disahkan oleh menteri hukum dan ham di indonesia.

Contoh ekuitas pemegang saham terdiri dari saham biasa, saham preferen dan saham treasury. Unsur penambah modal persekutuan terbatas terdiri dari modal ditanamkan, premium dan diskonto saham, selisih kurs mata uang asing, penilaian kembali aset tetap dan sisa laba tahun lalu yang belum dibagikan.

Baca Juga: Tahapan dalam Melaksanakan Manajemen Audit

Pertanyaan Tentang Audit Ekuitas Pemegang Saham

Pertanyaan tentang audit ekuitas pemegang saham berkaitan dengan kertas kerja pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik berdasarkan supporting schedule. Kecurangan yang ditemukan auditor saat memeriksa modal pada laporan posisi keuangan yang diterbitkan diantaranya.

  1. Modal ditempatkan dan disetorkan tidak boleh melebihi modal dasar.
  2. Akta pendirian harus memperoleh persetujuan dari menteri hukum.
  3. Modal yang tercantum pada neraca saldo adalah modal disetorkan.
  4. Pemisahan akun pembelian kembali saham yang beredar.

Pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas pemegang saham terdiri dari substantive test dan compliant test. Tujuan audit ekuitas adalah memeriksa sejauh mana izin perusahaan dalam melaksanakan kegiatan operasional serta pertanggungjawaban dalam menggunakan dana investor atas laba yang didapatkannya.

Contoh kertas kerja audit ekuitas terdiri dari saldo dimasa lalu, saldo laba ditahan, penambahan dan pengurangan mutasi modal para sekutu dan kejadian luar biasa seperti pembelian kembali saham beredar. Waktu yang dibutuhkan untuk memeriksan modal tidak lama kecuali perusahaan sedang dalam proses go publik.

Baca Juga: Pengertian Error, Conclusion dan Fraud Menurut Para Ahli

Contoh Soal Kertas Kerja Pemeriksaan dengan Supporting Schedule

Contoh soal kertas kerja pemeriksaan dengan supporting schedule akan membantu proses memeriksa bukti transaksi. Top schedule dan supporting schedule berperan sebagai dasar pembuktian dan permintaan surat pernyataan berlangganan dari perusahaan sebelum opini audit diberikan oleh akuntan publik.

Contoh soal ekuitas modal disetor dan ditanam harus disesuaikan dengan akta pendirian. Perusahaan yang memiliki lebih dari satu jenis saham harus mengungkapkan kelebihan saham lain di catatan atas laporan posisi keuangan untuk menghindari adanya sistem pengendalian internal yang kurang baik.

Contoh kasus pemeriksaan ekuitas atau modal pemegang saham terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saham beredar sebanyak 100lot dengan nilai nominal sebesar Rp 8.000. Terjadi kesalahan dalam pembayaran skp pph badan tahun lalu sebesar Rp 480.000. Buatlah audit adjusment yang diperlukan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Biaya Pajak Penghasilan Badan Rp 480.000
Laba Rugi Rp 480.000
(Audit Adjusment Saldo Ekuitas)

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Menurut PSAK

Demikian contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas dan penyelesaiannya dalam program audit yang ditentukan. Sistem pengendalian internal modal menjadi pedoman dalam menentukan tingkat kecurangan yang dapat dilakukan manajemen perusahaan dalam asersi manajemen atas bukti transaksi.

0 Response to "Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas dan Penyelesaiannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel