Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Masih Harus Diterima

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan masih harus diterima wajib diselenggarakan untuk menerapkan prinsip perbandingan antaran biaya dan penghasilan. Posting ke buku besar adalah tindakan akuntan merekap seluruh transaksi yang ada di entitas dalam rangka menentukan saldo akhir masing-masing akun.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dan piutang usaha menerapkan aktual basis. Pendapatan diterima dimuka adalah penghasilan yang sudah diterima perusahaan tetapi entitas belum menyerahkan barang kena pajak dan jasa kena pajak sampai berakhirnya periode akuntansi.

Pendapatan diakui pada laporan posisi keuangan ketika terdapat manfaat ekonomis yang datang dan dapat diukur dengan handal. Kelompok akrual dan kelompok deferal berguna sebagai dasar pengakuan piutang, beban dan penghasilan yang sebenarnya sudah menjadi hak dan kewajiban perusahaan untuk diakui periode mendatang.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Masih Harus Diterima

Pengertian Pendapatan Diterima Dimuka Menurut Para Ahli

Pengertian pendapatan diterima dimuka menurut para ahli adalah penghasilan yang sebenarnya belum menjadi hak perusahaan karena belum menyerahkan sumber daya kepada pihak ketiga tetapi sudah dilakukan pembayarannya terlebih dahulu sebagai pengikat kontrak kerjasama yang hendak dilaksanakan.

Definisi penghasilan diterima dimuka menurut para ahli merupakan kenaikan manfaat ekonomis yang diperoleh perusahaan dari penyerahan kas dan setara kas dimasa mendatang dan mengakibatkan pengeluaran barang dan jasa kena pajak dikemudian hari. Pembayaran uang muka diakui sebagai liabilitas lancar.

Pendapatan diterima dimuka diakui pada laporan posisi keuangan sebagai liabilitas lancar karena perusahaan belum menyerahkan jasa atau barang. Tujuan uang muka diberikan pelanggan adalah memastikan bahwa kerjasama dapat dilaksanakan guna menghindari terjadinya pembatalan transaksi.

Baca Juga: Perbedaan Pendapatan Diterima Dimuka dan Penghasilan Usaha

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar tentang investasi dalam liabilitas dan ekuitas. Liabilitas adalah kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga dan termasuk objek pajak pertambahan nilai yang wajib disetorkan pada waktu yang disepakati.

Contoh soal dan jawaban pendapatan diterima dimuka menjadi salah satu bentuk hutang lancar. Hutang lancar adalah hutang yang wajib dilunasi kurang dari satu periode akuntansi. Prinsip periode akuntansi berguna untuk menentukan ruang lingkup pertanggungjawaban penggunaan dana perusahaan dalam satuan waktu.

Contoh kasus jurnal penyesuaian terjadi pada PT Masraffi yang menerima pekerjaan dengan waktu penyelesaian 3 bulan dengan nilai nominal Rp 44.000.000. PT Masraffi telah menerima uang muka sebesar Rp 10.000.000 ketika kerjasama telah disepakati. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat perusahaan diakhir periode?

Baca Juga: Contoh Soal Ekuitas Pemegang Saham Perusahaan

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo berfungsi untuk mengalokasikan biaya perolehan ke dalam biaya tahun berjalan dan tahun mendatang. Perbandingan antara pendapatan dan penghasilan akan menghasilkan informasi laba rugi komprehensif untuk menentukan kualitas kinerja keuangan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dimulai dari menghitung secara proporsional hak dan kewajiban perusahaan terhadap pihak ketiga. Uang muka pembayaran tagihan diakui sebagai liabilitas karena pihak ketiga menitipkan sejumlah uang sebagai sarana pembayaran tagihan yang hendak dilakukan.

Jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka memiliki saldo normal di kredit. Diakhir periode akuntan, perusahaan harus melaporkan penghasilan yang sudah menjadi hak perusahaan. Pendapatan diakui ketika dapat dihitung secara andal dan mengandung manfaat ekonomis tahun berjalan. Adapun jurnal penyesuaian yang harus dibuat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Pendapatan Diterima Dimuka Rp 10.000.000
Kas Rp 34.000.000
Pendapatan Jasa Rp 44.000.000
(Jurnal Penyesuaian Pendapatan)

Baca Juga: Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Demikian contoh jurnal penyesuaian pendapatan masih harus diterima dan jawabannya yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Neraca lajur berisikan informasi tentang neraca saldo awal, ayat jurnal penyesuaian, laporan laba rugi komprehensif dan laporan posisi keuangan perusahaan dagang dan jasa.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Masih Harus Diterima"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel