Mengapa Perlu Dibuat Jurnal Penyesuaian Bagi Perusahaan Dagang dan Jasa

Konten [Tampil]

Mengapa perlu dibuat jurnal penyesuaian bagi perusahaan dagang dan jasa berkaitan dengan asersi manajemen yang harus dapat merepresentasikan peristiwa yang berhubungan dengan arus kas entitas. Transaksi laporan keuangan terdiri dari akun riil dan akun nominal dan dibuktikan dengan bukti transaksi.

Apa yang dimaksud jurnal penyesuaian dan transaksi apa saja yang perlu disesuaikan bergantung pada rekening yang digunakan perusahaan. Kas di bank atau pemilikan rekening giro mengakibatkan entitas wajib melaksanakan rekonsiliasi bank untuk menyesuaikan transaksi dipencatatan bank dan perusahaan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo mempertimbangkan kelompok deferal dan kelompok akrual. Transaksi yang memerlukan jurnal penyesuaian berkaitan dengan penggunakan akrual basis. Akrual basis adalah pembuatan jurnal berdasarkan terjadinya transaksi walaupun belum diterima dan dibayarkannya kas.

Mengapa Perlu Dibuat Jurnal Penyesuaian Bagi Perusahaan Dagang dan Jasa

Tujuan dan Fungsi Jurnal Penyesuaian

Tujuan jurnal penyesuaian dibuat perusahaan dagang dan jasa adalah menyesuaikan pencatatan perusahaan dengan aktiva hasil opname setiap akhir bulan. Akun apa saja yang perlu dibuatkan jurnal penutup? yaitu item yang ada di laporan laba rugi komprehensif dan ikhtisar laba rugi perusahaan periode berjalan.

Fungsi jurnal penyesuaian adalah memperlihatkan saldo akhir yang sesuai keadaan perusahaan yang sebenarnya. Setelah selesai melakukan pencatatan ayat jurnal penyesuaian, akuntan perusahaan dapat membuat neraca lajur sebagai dasar laporan keuangan komersial dan fiskal untuk pelaporan pajak penghasilan badan.

Mengapa perlu dibuat jurnal penyesuaian bagi perusahaan dagang dan jasa dikarenakan entitas wajib menyelenggarakan pencatatan sesuai asersi manajemen. Penilaian dan representasi laporan keuangan didasarkan pada informasi yang didapatkan berdasarkan bukti transaksi lengkap dari sistem pengendalian internal.

Baca Juga: Sanksi Administrasi Keterlambatan Pembayaran Pajak Penghasilan

Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa Salon

Contoh jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan perusahaan jasa salon dikategorikan menjadi dua transaksi yaitu kelompok akrual dan kelompok deferal. Bukti transaksi akan dicatat berdasarkan informasi yang tercantum dengan menerapkan persamaan dasar akuntansi pada akun nominal dan akun riil.

Hubungan antara prinsip akuntansi dalam perbandingan antara pendapatan dan beban berdampak pada kinerja keuangan yang dilaporkan sesuai periode terjadinya. Akun nominal adalah akun yang berakhir penggunaannya setiap periodenya dengan menghasilkan laba ditahan atau pembagian penanggungan kerugian entitas.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang, manufaktur dan jasa terjadi ketika PT Masraffi membeli perlengkapan kantor sebesar Rp 15.000.000. Saldo awal perlengkapan kantor pada neraca saldo sebesar Rp 14.000.000 dan hasil stock opname kepala gudang sebesar Rp 12.000.000. Buatlah perhitungan beban perlengkapan yang dipakai diakhir periode?

Rumus Perhitungan Beban Perlengkapan Kantor

Rumus menghitung beban perlengkapan kantor yang menjadi biaya tahun berjalan berasal dari saldo awal ditambah pembelian dikurangkan hasil stock opname kepala gudang. Sistem pengendalian internal perlengkapan kantor akan diberikan bukti transaksi berupa memorial untuk mencatat sisa perlengkapan kantor.

Beban Perlengkapan Kantor = Saldo Awal Perlengkapan di Neraca Saldo + Pembelian - Perlengkapan yang Tersisa

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Beban Perlengkapan Kantor

Cara membuat jurnal penyesuaian beban perlengkapan kantor dimulai dari menentukan sisa perlengkapan di akhir periode. Beban adalah penurunan manfaat ekonomis berupa penurunan kas dan setara kas ketika melaksanakan kegiatan pencarian omzet penjualan atau pendapatan kena pajak entitas.

Mengapa perlu dibuat jurnal penyesuaian bagi perusahaan dagang dan jasa? kapan waktu pembuatan jurnal penyesuaian? akuntan perusahaan perlu mempertimbangkan asersi manajemen. Adapun contoh perhitungan beban perlengkapan kantor periode berjalan yang harus ditanggung oleh PT Masraffi adalah

Beban Perlengkapan Kantor = Saldo Awal Perlengkapan di Neraca Saldo + Pembelian - Perlengkapan yang Tersisa
Beban Perlengkapan Kantor = Rp 15.000.000 + Rp 14.000.000 - Rp 12.000.000
Beban Perlengkapan Kantor = Rp 17.000.000

Jurnal penyesuaian perlengkapan yang tersisa perlu mempertimbangkan hasil stock opname di akhir periode. Bukti transaksi penyesuaian berupa memorial seperti catatan kecil atas kejadian di perusahaan. Adapun jurnal penyesuaian perusahaan dagang akuntansi keuangan menengah yang dapat dibuat sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Beban Perlengkapan Kantor Rp 12.000.000
Perlengkapan Kantor Rp 12.000.000
(Jurnal penyesuaian pemakaian perlengkapan kantor)

Baca Juga: Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang

Demikian mengapa perlu dibuat jurnal penyesuaian bagi perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu alokasi pendapatan dan beban tahun berjalan sesuai representasi manajemen. Catatan atas laporan posisi keuangan berperan sebagai dasar pengenaan pajak penghasilan tahunan badan.

0 Response to "Mengapa Perlu Dibuat Jurnal Penyesuaian Bagi Perusahaan Dagang dan Jasa"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel