Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang tak tertagih bermanfaat bagi perusahaan yang bergerak dalam industri keuangan. Cara menentukan jumlah taksiran kerugian piutang didasarkan pada prioritas pembayaran yang telah disepakati ketika penjualan kredit disetujui diberikan ke pelanggan.

Contoh soal piutang tak tertagih metode tidak langsung akan dilakukan pembentukan akun cadangan kerugian piutang. Tujuan pembuatan akun cadangan kerugian piutang adalah menentukan sejauh mana perkembangan pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo tetapi belum terbayarkan oleh pelanggan.

Jurnal penyesuaian untuk mencatat cadangan kerugian piutang diakui sebagai akun kontra dari piutang dagang. Pengertian akun kontra menurut para ahli adalah rekening dalam laporan posisi keuangan yang memiliki sifat terbalik dari akun sebenarnya seperti piutang bertambah didebit dan berkurang dikredit.

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Metode penghapusan piutang tak tertagih terdiri dari metode langsung dan metode cadangan kerugian piutang. Perbedaan penghapusan piutang secara langsung dan tidak langsung akan berdampak pada pemanfaatan prinsip akuntansi perbandingan antara pendapatan dan beban periode berjalan.

Pengertian piutang tak tertagih menurut para ahli adalah tagihan yang belum terbayarkan oleh pelanggan yang diberikan termin pembayaran secara kredit. Piutang akan diakui sebesar jumlah yang dapat direalisasikan sampai akhir periode bergantung pada kebijakan akuntansi yang diterapkan diperusahaan.

Cadangan kerugian piutang debit atau kredit bergantung pada jenis penghapusan piutang. Jumlah taksiran piutang tak tertagih tidak boleh melebihi 5% dari total piutang yang dilaporkan. Piutang yang lama menunjukkan ketidakmampuan lawan transaksi melunasi tagihan sampai jatuh tempo pembayarannya.

Baca Juga: Contoh Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Bagaimana Cara Menentukan Jumlah Taksiran Piutang Tak Tertagih

Cara menentukan jumlah taksiran piutang tak tertagih didasarkan pada persentase penjualan kredit dan persentase piutang dagang. Tujuan pembentukan akun cadangan kerugian piutang adalah meminimalisir tunggakan pembayaran yang dilakukan pelanggan atas kesepakatan pemberian kredit.

Cadangan piutang tak tertagih masuk akun aktiva dan memiliki sifat kontra dengan akun piutang. Penyisihan piutang menjadi dasar untuk menentukan tingkat perkembangan pembayaran tagihan dan penentuan kualitas pembayaran tagihan yang perlu diselesaikan pelanggan sebelum masa jatuh temponya.

Akun cadangan kerugian piutang tidak masuk laporan laba rugi komprehensif melainkan akan dilaporkan pada laporan posisi keuangan. Jumlah piutang diakui menurut PSAK 55 sebesar nilai pertukaran barang dan jasa. Penurunan nilai piutang akan terjadi ketika berjalannya pembayaran tagihan pelanggan.

Contoh Soal Taksiran Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh soal taksiran piutang tak tertagih dan jawabannya akan memberikan kepastian bagi entitas untuk melaporkan pajak penghasilan badan. Piutang yang nyata-nyata tidak dapat dibayarkan oleh wajib pajak dapat dijadikan beban pengurang pajak penghasilan netto selama memenuhi ketentuan umum perpajakan.

Jumlah taksiran kerugian piutang yang diakui pada laporan posisi keuangan harus disesuaikan dengan  aturan perpajakan. Cadangan piutang dan cadangan persediaan menjadi akun kontra yang bertujuan untuk mengalokasikan kerugian yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas bisnis yang tidak terduga dimasa depan.

Contoh soal piutang tak tertagih metode tidak langsung terjadi pada PT Masraffi yang memiliki piutang dagang sebesar Rp 85.000.000 dan cadangan kerugian piutang sebesar Rp 200.000. Taksiran jumlah piutang tak tertagih yang diakui perusahaan adalah 5% dari total piutang. Buatlah jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang.

Baca Juga: Contoh Kasus Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung

Jurnal Penyesuaian untuk Mencatat Taksiran Kerugian Piutang Tak Tertagih

Jurnal penyesuaian taksiran kerugian piutang tak tertagih harus menyesuaian kebijakan akuntansi yang berlaku. Metode cadangan kerugian piutang dapat ditentukan berdasarkan persentase penjualan dan persentase piutang. Piutang harus diakui sebenar nilai realiasi dari piutang usaha diakhir periode akuntansi.

Bagaimana cara menghitung piutang tak tertagih dapat menggunakan informasi tentang termin pembayaran. Semakin lama piutang menunjukkan pelanggan memiliki masalah pembayaran tagihan. Metode penghapusan piutang terdiri dari metode langsung dan metode cadangan kerugian piutang.

Jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang dapat dibentuk sebagai dasar pengurang piutang dagang. Manfaat penghapusan piutang usaha adalah perusahaan tidak perlu melakukan penagihan karena lawan transaksi sudah dinyatakan bangkut oleh pengadilan. Adapun jurnal penyesuaian piutang tak tertagih adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/12/2021Beban Kerugian Piutang Rp 4.050.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 4.050.000
* Perhitungan = (Rp 85.000.000 * 5%) - Rp 200.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penutup Pendapatan, Beban dan Prive Pemegang Saham

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang tak tertagih akuntansi pengantar. Sistem pengendalian internal harus dapat menaksir jumlah beban kerugian piutang dalam rangka menjamin proses pembayaran yang hendaknya diterima perusahaan sampai akhir periode akuntansi.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel