Contoh Soal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung dapat dilakukan agar membandingkan penghasilan dan beban periode berjalan. Piutang adalah tagihan yang diterbitkan kepada lawan transaksi atas penyerahan barang dimasa lampau tetapi dibayarkan kemudian hari.

Jurnal metode penghapusan piutang langsung dan tidak langsung akan berpengaruh terhadap kinerja keuangan periode sekarang. Pencatatan kerugian piutang dapat dilakukan dengan metode cadangan kerugian piutang dan menghapus piutang secara langsung ketika diterapkan sistem pengendalian internal.

Penghapusan piutang tak tertagih disebabkan karena kebangkrutan lawan transaksi dan ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan. Metode cadangan kerugian piutang akan membantu akuntan menentukan tingkat kerugian yang dapat dipertahankan sebagai biaya fiskal ketika melaporkan spt tahunan badan.

https://www.masraffi.com/2021/10/contoh-soal-jurnal-penyesuaian-pendapatan-masih-harus-diterima.html

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Metode penghapusan piutang tak tertagih dapat diselenggarakan sebagai upaya meminimalisir beban kerugian pajak. Penjualan kredit adalah transaksi penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak dimana akan dibayarkan kemudian hari setelah barang diterima digudang pembeli dalam kondisi baik.

Mengapa penghapusan piutang bisa terjadi di perusahaan dagang dan jasa? karena terjadinya ketidakmampuan customer dalam membayarkan tagihan dan sistem pengendalian internal terhadap otorisasi pemberian kebijakan penjualan angsuran yang tidak sesuai peraturan yang ada di perusahaan.

Metode penghapusan piutang tak tertagih terdiri dari metode penghapusan piutang langsung dan metode cadangan kerugian piutang. Piutang usaha dilaporkan sebagai aktiva tahun berjalan dalam jumlah rupiah yang diharapkan dapat direalisasikan di akhir periode selanjutnya dalam laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa

Kelebihan dan Kelemahan Penghapusan Piutang Langsung

Kelebihan dan kekurangan penghapusan piutang secara langsung akan berdampak pada kinerja keuangan perusahaan. Agar tercipta sistem pengendalian internal penerimaan kas dari piutang usaha maka dianjurkan agar bagian kredit tidak berkaitan dengan penerimaan kas uang masuk dan kas keluar.

Kekurangan penghapusan piutang secara langsung adalah terjadinya penurunan omzet secara besar-besaran ketika sebagian customer tidak mampu membayarkan tagihan yang jatuh tempo. Beban kerugian piutang dicatat disisi debit dan piutang dagang dicatat disisi kredit pada jurnal umumnya.

Kelebihan metode penghapusan piutang secara langsung adalah memudahkan pencatatan akuntansi diperusahaan. Mengapa perusahaan terjadi penghapusan piutang? karena terjadinya kesalahan dalam prosedur akuntansi seperti penerimaan kas, promosi penjualan bahkan penerapan sistem penandingan.

Baca Juga: Mengapa Dilakukan Pencatatan Penghapusan Piutang Usaha

Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Pembahasannya

Contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan pembahasannya menjadi soal essay akuntansi keuangan menengah. Piutang dagang diakui ketika diberikannya barang dan jasa kepada pelanggan walaupun belum terjadi penerimaan kas. Piutang usaha dilaporan sebagai aktiva pada laporan posisi keuangan.

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung terjadi pada PT Masraffi yang memiliki piutang sebesar Rp 79.000.000. Sebagian pelanggan tidak mampu melunasi hutangnya karena dinyatakan bangkrut oleh pengadilan dengan total tagihan sebesar Rp 10.000.000. Adapun jurnal pencatatan piutang dagang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2021Piutang Usaha Rp 86.900.000
PPN Keluaran Rp 7.900.000
Penjualan Rp 79.000.000

Jurnal penghapusan piutang metode langsung dilakukan dengan membalik piutang dagang di sisi kredit. Beban kerugian pajak diakui periode berjalan dan dapat dijadikan biaya fiskal. Penyelesaian piutang dapat dilakukan dengan memberikan aktiva atau menggantinya dengan passiva lain. Adapun jurnal penghapusan piutang dagang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2021Beban Kerugian Piutang Rp 86.900.000
Piutang Usaha Rp 86.900.000

Baca Juga: Contoh Soal Penyelesaian Piutang Dagang dan Jurnalnya

Demikian contoh soal penghapusan piutang tak tertagih secara langsung dari laporan posisi keuangan. Pembentukan cadangan kerugian piutang dimungkinkan agar perusahaan tidak perlu menanggung resiko kegagalan pembayaran tagihan yang sudah jatuh tempo yang akan dilakukan oleh pelanggannya.

0 Response to "Contoh Soal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel