Cara Membuat Jurnal Pembalik pada Perusahaan Dagang dan Jasa

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa dapat dilakukan pada awal periode setelah entitas menyusun neraca saldo setelah penutupan. Jurnal penyesuaian kembali disebut reversing entries sebab entitas melakukan pengkreditan dan pendebitan akun pada jurnal penyesuaian yang pernah dibuat.

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan jasa, dagang dan manufaktur perlu mempertimbangkan jurnal penutup dan penyesuaian yang pernah dibuat. Sebelum memulai transaksi periode selanjutnya, perusahaan diberikan optional untuk membuat jurnal pembalik untuk menyederhanakan transaksi yang terjadi bulan sebelumnya.

Kapan jurnal pembalik dan jurnal penutup dibuat perusahaan yaitu ketika perusahaan ingin menyusun neraca saldo akhir yang dilaporkan ke perpajakan dan memulai periode akuntansi berikutnya. Tujuan pembuatan jurnal pembalik adalah menyederhanakan sebuah transaksi bagi entitas yang memiliki penyesuaian banyak.

Transaksi yang Memerlukan Jurnal Pembalik

Transaksi yang memerlukan jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa berkaitan dengan biaya yang dibayar dimuka, pendapatan dibayar dimuka, pendapatan diterima dimuka dan beban yang masih harus dibayar. Jurnal pembalik hanya berkaitan dengan rekening piutang dan utang dengan dasar akrual.

Kelompok deferal dan kelompok akrual dalam menyusun jurnal penyesuaian menjadi dasar bagi perusahaan ketika ingin membuka rekening baru. Akun nominal dan akun riil sebaiknya dihindarkan dari adanya transaksi untuk memudahkan pencatatan agar memenuhi prinsip perbandingan pendapatan dan biaya.

Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik adalah rekening kelompok akrual. Dasar akrual artinya perusahaan akan mencatat transaksi walaupun tidak terjadi penerimaan dan pembayaran kas. Jurnal penyesuaian kembali berisikan nama akun dan jumlah nominal rupiah yang sama dengan penerbitan jurnal penyesuaian.

Baca Juga: Transaksi Jurnal Beban dan Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Kasus Pencatatan Jurnal Penyesuaian Kembali atau Jurnal Pembalik

Contoh kasus pencatatan jurnal penyesuaian kembali atau jurnal pembalik hanya dilakukan oleh akuntan perusahaan setelah memperoleh persetujuan dari manajer akuntansi. Bukti transaksi jurnal pembalik adalah memorial yang terdapat tandatangan dari manajer akuntansi untuk mengingat terjadinya peristiwa keuangan.

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang serta pembahasannya akan dilakukan berdasarkan mekanisme cash basis dan acrual basis. Dasar kas artinya perusahaan hanya akan mencatat transaksi ketika terjadi penerimaan kas dan pengeluaran kas sehingga tidak terjadi adanya piutang dan utang.

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan dagang terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saldo hutang gaji sebesar Rp 78.000.000 yang sudah diakui periode sebelumnya tetapi belum dilaksanakan pembayaran. Jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar telah dilakukan pencatatan sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Beban Gaji Rp 78.000.000
Hutang Gaji Rp 78.000.000
(Jurnal mencatat beban gaji karyawan)

Baca Juga: Mengapa Perlu Dibuat Jurnal Penyesuaian? Apa Tujuannya

Cara Menyusun Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Cara menyusun jurnal pembalik perusahaan dagang dapat dilaksanakan setelah prosedur jurnal penutupan dilakukan agar diperolehnya neraca saldo akhir. Jurnal penyesuaian kembali merupakan jurnal opsional artinya dapat dibuat perusahaan atau tidak dibuat bergantung pada banyaknya penyesuaian.

Cara membuat jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa hanya bergantung pada jurnal penyesuaian yang pernah dibuat. Dinamakan jurnal pembalik karena perusahaan hanya melakukan pembalikan transaksi agar bersaldo nol atau kosong. Adapun jurnal pembalik beban yang masih harus dibayar adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2021Hutang Gaji Rp 78.000.000
Beban Gaji Rp 78.000.000
(Jurnal pembalik beban yang masih harus dibayar)

Setelah jurnal pembalik dibuat, maka perusahaan dapat melanjutkan transaksi periode selanjutnya. Penggunaan buku baru atau melanjutkan buku lama bagi sekutu diperkenankan agar seluruh transaksi berjalan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, maka jurnal pembayaran beban gaji karyawan yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/09/2021Beban Gaji Rp 78.000.000
Kas Rp 78.000.000
(Jurnal membayar gaji karyawan)

Baca Juga: Jurnal Penutup Pendapatan, Beban dan Prive Perusahaan Jasa

Demikian contoh soal dan cara membuat jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu menjawab pertanyaan pilihan ganda akuntansi keuangan menengah. Kapan waktu dibuatnya jurnal penutup dan alasan pembuatannya harus dimengerti calon akuntan perusahaan.

0 Response to "Cara Membuat Jurnal Pembalik pada Perusahaan Dagang dan Jasa"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel