Pertanyaan Tentang Pembubaran atau Likuidasi Persekutuan

Konten [Tampil]

Pertanyaan tentang pembubaran atau likuidasi persekutuan dapat diakibatkan karenanya adanya kebangkrutan usaha atau kekurangan aktiva lancar untuk membayarkan operasional perusahaan. Akuntansi keuangan lanjutan firma menjadi materi tentang merger, konsolidasi dan joint venture.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan wajib diselenggarakan untuk memaksimalkan laba ditahan yang harus dipertahankan perusahaan. Laba ditahan merupakan keuntungan bisnis perusahaan yang tidak dibagikan sebagai dividen sesuai rapat umum pemegang saham yang disepakati.

Cara menentukan ada tidaknya bonus atau goodwill yang dibagikan ke sekutu bertahan dan sekutu yang keluar menjadi permasalah berkaitan dengan ekuitas. Mutasi modal adalah seluruh riwayat setoran modal awal, setiap penambahan dan pengurangan modal karena aktivitas operasional yang menghasilkan modal akhir.

Pertanyaan Tentang Pembubaran atau Likuidasi Persekutuan

Penyebab Anggota Sekutu Keluar atau Mengundurkan Diri dari Persekutuan

Pertanyaan tentang pembubaran atau likuidasi persekutuan diberikan sebagai dasar adanya proses kebangkrutan usaha. Pengertian bangkrut menurut para ahli adalah tidak terdapatkan kas untuk menjalankan operasional perusahaan sebagai pelunasan hutang atau pembayaran pembelian barang dagang.

Penyebab utama keluarnya anggota sekutu dari persekutuan adalah tidak diperolehnya manfaat dari modal yang disetorkan. Imbal balik atas modal sekutu adalah diperolehnya dividen. Pajak penghasilan harus dipotongkan dari dividen yang diserahkan ke pemegang saham dengan tarif 20% dari dasar pengenaan pajak.

Faktor-faktor yang menyebabkan anggota sekutu mengundurkan diri dari persekutuan adalah sekutu meninggal dunia dan sekutu mengambil kembali modalnya. Perubahan modal anggota sekutu bertahan diakibatkan adanya persentase pembagian laba rugi berdasarkan nilai yang disepakati pada akta pendirian.

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi 25 Transaksi

Pertanyaan Tentang Pembubaran Likuidasi Persekutuan

Pertanyaan tentang pembubaran likuidasi persekutuan diakibatkan karena adanya goodwill dan bonus yang mungkin diterima sekutu. Pengembalian modal sekutu yang tidak sesuai saldo modal tercatat akan menimbulkan goodwill bagi sekutu bertahan dan sekutu yang keluar sesuai nilai pertanggungjawabannya.

Pertanyaan tentang likuidasi persekutuan tentu memiliki perbedaan dengan kebangkrutan. Likuidasi merupakan proses merubah aktiva non kas menjadi kas untuk mengakhir perjanjian kerjasama. Bangkrut adalah tidak dimilikinya arus kas operasional untuk melakukan pembelian barang dagang dimasa depan.

Contoh soal likuidasi persekutuan terjadi pada firma masraffi yang melaporkan total modal yang tersisa adalah Rp 869.051.000. Pada akhir bulan, anisa mengundurkan diri dari persekutuan karena meninggal dunia dan menerima pengembalian modal sebesar Rp 245.000.000. Adapun rincian modal para sekutu adalah

Nama Sekutu Modal Disetor
Nafis Rp 358.130.000
Saidah Rp 249.100.000
Anisa Rp 261.821.000
Jumlah Rp 869.051.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan yang Masih Harus Diterima

Cara Menghitung Bonus dan Goodwill bagi Sekutu Bertahan dan Keluar Persekutuan

Cara menghitung bonus dan goodwill bagi sekutu bertahan dan keluar persekutuan bergantung pada jumlah modal yang dikembalian dan jumlah modal tercatat. Modal tercatat harus dicatat pada buku besar bagian ekuitas. Saldo normal modal adalah kredit. Penyebab modal berkurang adalah prive dan pengembalian modal.

Cara menghitung bonus dan goodwill pembubaran persekutuan dapat ditentukan berdasarkan partisipasi dari anggota sekutu. Kesalahan apa saja yang terjadi dalam proses likuidasi persekutuan adalah kesalahan menentukan harga akhir dari total realiasi aktiva tetap yang dimiliki firma.

Perhitungan Bonus Sekutu
Jumlah Modal Akhir Rp 261.821.000
Jumlah Kas yang Diberikan Rp 245.000.000
Selisih Rp 16.821.000
Menentukan Bonus Sekutu Bertahan
Modal Nafis Rp 11.214.000
Modal Saidah Rp 5.607.000

Jurnal keluarnya anggota sekutu mengakibatkan perubahan modal dari persekutuan terutama bagian laba rugi. Persentase pembagian laba rugi dijadikan dasar dalam menghitung keuntungan yang didistribusikan ke sekutu. Laba ditahan akan dibagikan menjadi dividen. Adapun jurnal pengunduran diri sekutu lama adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2021Modal Anisa Rp 261.821.000
Modal Nafis Rp 11.214.000
Modal Saidah Rp 5.607.000
Kas Rp 245.000.000
(jurnal pengembalian modal sekutu)

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Bentuk T

Demikian pertanyaan tentang pembubaran atau likuidasi persekutuan yang diakibatkan keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru. Perbedaan persekutuan dan perseroan terbatas hendaknya dimengerti terutama ketika menghitung kerugian yang harus ditanggung masing-masing sekutu akhir periode.

0 Response to "Pertanyaan Tentang Pembubaran atau Likuidasi Persekutuan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel