Contoh Soal Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Metode Bonus dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal keluarnya anggota sekutu lama dengan metode bonus dan pembahasannya dapat dilakukan untuk mengetahui pertanyaan akuntansi keuangan lanjutan 1. Penyebab pembubaran persekutuan adalah terjadinya kegagalan bisnis, sekutu meninggal dunia dan pengembalian modal sekutu.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan wajib diselenggarakan dalam rangka mencegah terjadinya manipulasi data keuangan. Metode goodwill adalah langkah untuk memperhitungkan nilai lebih sekutu tanpa harus mengurangi jumlah setoran modal awal yang telah dilakukan pada saat pendirian firma.

Jurnal mencatat masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama dapat disesuaikan dengan akta pendirian. Pengunduran diri sekutu sementara sekutu lain ingin melanjutkan kegiatan bisnis dapat diterbitkan akta pendirian baru dengan komposisi dan jumlah keuntungan yang akan dibagikan.

Contoh Soal Pembubaran Persekutuan dan Jawabannya

Contoh soal pembubaran persekutuan dan jawabannya akan dilaksanakan menyesuaikan kebijakan akuntansi yang berlaku, Pengunduran diri sekutu terjadi karena adanya keinginan sukarela dan paksaan. Penjualan hak sekutu kepada sekutu lain akan memberikan keuntungan ke lawan transaksinya.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 1 dan pembahasan persekutuan akan dilakukan dengan membentuk bonus dan goodwill. Penentuan bonus dan goodwill didasarkan pada transaksi yang dilakukan guna mengembalian modal yang didapatkan perusahaan setiap awal bulan dan akhir bulan atas investasinya.

Contoh soal dan jawaban pembubaran persekutuan terjadi pada Firma Masraffi yang akan mengembalikan kas sebesar Rp 105.000.000 kepada dek anis. Adapun laporan posisi keuangan terakhir sebelum keputusan mengakhiri kontrak kerjasama antar para sekutu yang terlibat adalah

Modal Jumlah
Dek Anis Rp 186.000.000
Masraffi Rp 157.826.000
Dek Tiya Rp 254.652.000

Baca Juga: Contoh Soal Rasio Perputaran Persediaan dan Pembahasannya

Cara Menghitung Bonus Bagi Anggota Sekutu yang Keluar dari Persekutuan

Cara menghitung bonus bagi anggota sekutu yang keluar dari persekutuan wajib diselenggarakan pencatatan terutama yang berkaitan dengan kas dan setara kas. Penerimaan kas dan pengeluaran kas menjadi transaksi yang wajib dilibatkan pada jurnal umum dan posting ke buku besar yang diselenggarakan.

Pendirian persekutuan dengan metode buku baru atau melanjutkan buku lama dapat dipergunakan dengan melakukan penyesuaian atau membuat jurnal penutup. Perubahan pemilikan persekutuan dapat dilaksanakan untuk memudahkan arus kas masuk dan arus kas keluar sebagai dasar transaksi keuangannya.

Cara menentukan besarnya bonus dan goodwill ditentukan dengan melihat perubahan modal sekutu. Makalah perubahan pemilikan persekutuan akan menentukan besarnya pembagian laba yang akan diterima masing-masing sekutu. Adapun contoh perhitungan bonus dan goodwill yang diterima oleh sekutu bertahan adalah

KeteranganJumlah
Pengembalian Modal Anis Rp 105.000.000
Modal Tercatat Rp 186.000.000
Jumlah Selisih Rp (81.000.000)
Sekutu Bertahan
Mas Raffi Rp 48.600.000
Dek Tiya Rp 32.400.000

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas dan Jawabannya

Contoh Jurnal Mencatat Keluarnya Anggota Sekutu

Contoh jurnal mencatat keluarnya anggota sekutu lama dapat diberikan bonus bagi sekutu bertahan. Pembagian bonus dan goodwill akan didasarkan pada persentase pembagian laba rugi yang disepakati. Akta pendirian firma dapat dijadikan dasar dalam menentukan besarnya keuntungan yang didistribusikan sekutu.

Faktor-faktor yang menentukan besar kecilnya pembagian laba rugi firma adalah tingkat partisipasi sekutu dalam menjalankan kegiatan usaha. Sekutu aktif akan memperoleh laba ditahan lebih besar dibandingkan sekutu pasif. Akuntansi persekutuan harus menerapkan standar akuntansi keuangan konvensional.

Contoh jurnal mencatat keluarnya anggota persekutuan akan menimbulkan masalah ketika terjadi pengembalian modal tidak sesuai jumlah kas. Kas yang diterima lebih kecil dari modal tercatat mengakibatkan pemberian bonus kepada sekutu bertahan. Adapun jurnal keluarnya anggota sekutu adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Modal Dek Anis Rp 186.000.000
Modal Masraffi Rp 48.600.000
Modal Dek Tiya Rp 32.400.000
Kas Rp 105.000.000

Baca Juga: Cara Membuat Akun T dalam Jurnal Umum dan Posting Buku Besar

Demikian contoh soal jurnal keluarnya anggota sekutu metode bonus dan pembahasannya semoga dapat membantu alokasi goodwill yang harus dibagikan kepada sekutu bertahan atau sekutu keluar. Penyebab anggota sekutu mengundurkan diri seperti meninggal dunia atau pemanipulasian data keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Metode Bonus dan Pembahasannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel