Product Life Cycle : Pengertian, Tahapan dan Contoh Soalnya

Konten [Tampil]

Product life cycle atau dikenal dengan siklus hidup produk akan dilalui oleh barang produksi perusahaan melalui beberapa tahapan. Setiap perusahaan wajib mengetahui siklus daur produk agar dapat memaksimalkan biaya promosi dan pencapaian penjualan produk sebelum masa jenuh para pelanggan.

Pertanyaan strategi pemasaran yang sesuai siklus hidup perusahaan harus ditanggung biayanya oleh pihak research and development. Faktor penyebab munculnya siklus hidup produk adalah setiap barang ciptaan perusahaan memiliki usia terbatas dalam hal pemasarannya kepada para pelanggan akhir untuk mencapai titik puncak penjualannya.

Pelaku bisnis perlu memahami siklus hidup produk atau product life cycle dari produk yang dihasilkan sebagai upaya mempersiapkan diri melalui tahap decline atau kemunduran. Oleh sebab itu, pengertian product life cycle, tahapan siklus daur produk dan strategi memperpanjang masa pengenalan produk baru harus dipelajari.

Product Life Cycle : Pengertian, Tahapan dan Contoh Soalnya

Strategi Pemasaran yang Sesuai Siklus Hidup Produk

Pertanyaan strategi pemasaran yang sesuai siklus hidup produk dapat bertujuan agar masa pengenalan dan tahap pertumbuhan bertahan lama. Tahap pengenalan mengakibatkan peningkatan terhadap biaya peluncuran produk baru dan biaya mendapatkan konsumen seperti biaya promosi dan garansi produk baru.

Mengapa setiap perusahaan wajib mengetahui siklus hidup produk sebab entitas wajib memaksimalkan biaya promosi agar mencapai titik maksimal penjualan barang dagang. Tahapan pengembangan produk akan mengeluarkan biaya perencanaan, biaya desain dan pengujian awal tahapan produksi agar sejalan dengan rencana.

Strategi pemasaran yang sesuai product life cycle atau siklus hidup produk adalah memaksimalkan kritik dan saran dari pengguna barang secara langsung untuk dapat meningkatkan kualitas dan profitabilitas. Contoh soal activity based management akan memprioritaskan pembagian keuntungan bagi perusahaan setiap waktunya.

Baca Juga: Cara Menghitung Titik Impas atau Break Event Point Unit Terjual

4 Fase Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)

4 Fase siklus hidup produk akan dialami setiap produk sehingga perusahaan harus siap menerima perubahan permintaan barang sejalan dengan inovasi yang dilakukannya. Agar dapat memperpanjang umur produk di pasar, maka manajer pemasaran harus dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan melalui beberapa tahapan:

Fase Pengenalan

Fase pengenalan atau introduction artinya tahapan dimana perusahaan akan melaksanakan kegiatan produksi sejalan dengan inovasi dari research and development departement. Product life cycle berperan sebagai sarana perusahaan mengalokasikan informasi keuangan sebagai akuntansi pertanggungjawaban biaya.

Fase Pertumbuhan

Tahap pertumbuhan dalam product life cycle artinya perusahaan telah berhasil memasarkan barang kepada target penjualan. Pada tahap pertumbuhan, perusahaan akan menerima saran perbaikan dari pelanggan guna memaksimalkan kualitas produk dan kuantitas produk yang dihasilkan dari pembelian mesin baru.

Fase Kedewasaan

Tahap siklus hidup produk dan contohnya fase ketiga adalah fase kedewasaan. Tahap kedewasaan, perusahaan telah mencapai titik maksimal penjualan yang dilakukan. Omzet penjualan akan stabil dan cenderung menurun yang diakibatkan dari kejenuhan produk yang dibeli oleh masyarakat sebagai pemakai produk.

Fase Penurunan

Tahap decline dalam product life cycle artinya tahapan penurunan atas pesanan yang telah dilakukan perusahaan. Conto siklus hidup produk elektronik dan makanan harus mengupayakan agar dapat memenuhi prinsip keberlangsungan usaha. Strategi memperpanjang masa produk adalah memenuhi permintaan dari pelanggan perusahaan.

Baca Juga: Makalah Product Life Cycle Akuntansi Manajemen

Contoh Product Life Cycle dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh product life cycle dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi pada peralatan elektronik, makanan dan kosmetik. Biaya target adalah harga jual produk dengan laba yang diinginkan perusahaan sebagai dasar pembayaran pajak penghasilan badan setiap tahunnya sebesar 22% dari penghasilan kena pajak.

Contoh siklus hidup produk kosmetik dan makanan menjadi strategi pemasaran yang harus ditempuh untuk mempertahankan pemesanan barang. Mengapa perusahaan wajib mengetahui siklus hidup produk sebab entitas wajib mempertahankan omzet agar dapat melangsungkan kehidupannya beberapa periode mendatang.

Strategi apa yang harus dijalankan guna menghadapi masa daur hidup produk adalah menentukan biaya target. Keuntungan yang diinginkan perusahaan harus melebihi biaya research and development produk baru. Tahap decline adalah tahapan penting untuk berinovasi agar pelanggan tetap menggunakan produk perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Activity Based Cost dalam Pembebanan Biaya Produk

Demikian pengertian product life cycle melalui tahapan dan contoh soal perhitungan biaya target. Aktivity based management memprioritaskan pada penghasilan yang mungkin didapatkan perusahaan sebagai dasar penentuan penghasilan kena pajak. Grafik siklus hidup produk mempriotaskan pembuatan produk baru.

0 Response to "Product Life Cycle : Pengertian, Tahapan dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel