Contoh Soal Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pembentukan dan pengisian kembali kas kecil diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya. Setiap aktivitas aliran kas masuk dan keluar dalam nominal kecil dan kurang material maka perusahaan dapat mengalokasikannya untuk membayarkan melalui bukti pengeluaran kas.

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap dapat dipilih perusahaan menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan. Sistem pengendalian internal kas harus menggunakan metode imprest ketika mengelola dana kas kecil agar sejalan dengan informasi laporan arus kas operasional, investasi dan pendanaan.

Jurnal pengisian kembali kas kecil dan jurnal pembentukan kas kecil harus menerapkan sistem pencegahan dari pemakaian kas tanpa terotorisasi. Penyusunan laporan rekonsiliasi bank dapat diselenggarakan untuk memaksimalkan penggunaan informasi rekening koran yang ada di perusahaan.

Contoh Soal Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil

Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Bentuk-Bentuk Kas Kecil

Pengertian kas kecil menurut para ahli adalah aktiva lancar yang diperuntukkan sebagai metode pembayaran tagihan kepada supplier. Bukti pengeluaran kas kecil dibuat sebagai upaya memaksimalkan penyalahgunaan informasi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis yang dijalankan perusahaan selama satu periode.

Karakteristik kas kecil adalah kas yang hanya digunakan untuk kepentingan internal perusahaan yaitu pembelian dan penjualan tanpa melibatkan pembuatan faktur penjualan. Pemeriksaan terhadap kas kecil dilakukan secara otodidak agar kasir dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana selama operasionalnya.

Tujuan kas kecil diciptakan adalah menghindari penggunaan cek dan bilyet giro untuk pembayaran tagihan. Prosedur pengelolaan kas kecil memiliki fungsi agar pengeluaran pimpinan perusahaan dapat dialokasikan tanpa mempengaruhi informasi keuangan dan dapat menunjang kebutuhan bisnis perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Rekonsiliasi Bank di Accurate

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Fund System)

Contoh soal kas kecil metode dana tetap atau imprest fund system bertujuan agar dana yang telah ditetapkan pada awal periode berjalan sebagaimana kebiasannya. Tujuan pembentukan kas kecil adalah mengupayakan agar perusahaan mendapatkan kekayaan secara maksimal untuk menghindari kerugian pemakaian kas.

Contoh laporan patty cash bulanan dan tahunan harus diberikan agar pimpinan mengetahui estimasi jumlah kas yang diperlukan di masa mendatang. Laporan arus kas terdiri dari arus kas operasional, investasi dan pendanaan ketika menjalankan aktivitas bisnis sejalan dengan tujuan pendirian perusahaan.

Contoh soal kas kecil metode imprest atau dana tetap dapat diselenggarakan secara maksimal untuk mencegah terjadinya pemakaian kas yang tidak terotorisasi. PT Masraffi membentuk dana kas kecil senilai Rp 94.014.100, pengeluaran kas kecil untuk membiayai aktivitas perusahaan selama satu periode adalah

TanggalTransaksi
02/04/2022Pembayaran biaya isi ulang galon air minum sebesar Rp 11.252.000
08/04/2022Pembayaran biaya fotocopy sebesar Rp 1.025.000
17/04/2022Pembelian materai sebesar Rp 900.260
23/04/2022Pembelian bensin kendaraan sebesar Rp 17.011.000
30/04/2022Pengisian kembali kas kecil sesuai pengeluarannya

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi dan Jawabannya

Contoh Jurnal Pembentukan Kas Kecil dan Jurnal Pengisian Kembali Kas Kecil

Contoh jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali harus diselenggarakan dengan memaksimalkan penggunaan kas perusahaan. Pemeriksaan terhadap kas kecil dilakukan dengan cara cash opname untuk memeriksa perbandingan antara saldo tercatat dengan kas yang ada dibrangkas.

Cara Membuat Jurnal Pembentukan Kas Kecil

Cara membuat jurnal pembentukan kas kecil berasal dari pencairan cek atau bilyet giro dari rekening bank. Kasir dapat meminta kepada pimpinan agar menyediakan kas untuk membayarkan tagihan dengan nilai kecil sesuai estimasi penggunaan dana perusahaan dan tidak menghambat pembayaran tagihan.

Contoh jurnal pembentukan kas kecil metode imprest bertujuan agar perusahaan dapat menciptakan sistem pengendalian internal sejalan dengan aktivitas bisnisnya. Arus kas perusahaan bertujuan agar pemegang saham dapat mengambil keputusan investasi sesuai kinerja keuangan yang dihasilkan selama tahun fiskal.

Jurnal pembentukan kas kecil metode imprest menjadi informasi awal ketika perusahaan mengupayakan membentuk cadangan kerugian piutang. Kas kecil berfungsi membiayai kegiatan pimpinan perusahaan yang tidak memerlukan kas besar. Adapun jurnal pembentukan kas kecil sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Patty Cash Rp 94.014.100
Mandiri Bank Rp 94.014.100

Cara Membuat Jurnal Pengisian Kembali Kas Kecil

Cara membuat jurnal pengisian kembali kas kecil hanya dilakukan setelah kas dibrangkas habis. Penggunaan kas kecil akan dibuktikan dengan adanya invoice atau nota pembelian dari customer. Kas menjadi aktiva lancar yang mudah diselewengkan penggunaannya apabila tidak menerapkan internal control.

Jurnal pengisian kembali kas kecil metode imprest hanya dibuat senilai bukti pengeluaran kas yang didapatkan. Contoh metode dana tetap dan tidak tetap dalam mengelola kas kecil akan memberikan pengawasan terhadap informasi keuangan yang didistribusikan kepada para pemegang saham.

Adapun jurnal pengisian kembali kas kecil metode imprest adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022All Expance Rp 30.188.260
Mandiri Bank Rp 30.188.260

Baca Juga: Apa itu Deposit In Transit dan Outstanding Check

Demikian contoh soal jurnal pembentukan dan pengisian kembali kas kecil metode dana tetap atau imprest fund system. Kas kecil diakui sebagai aktiva paling likuid karena perusahaan dapat menggunakannya untuk pembayaran tanpa terjadi pengurangan nilai nominal yang tercantum.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel