Contoh Soal Deposit in Transit dan Outstanding Check

Konten [Tampil]

Contoh soal deposit in transit dan outstanding check menjadi bagian dari materi rekonsiliasi bank. Bentuk-bentuk rekonsiliasi bank terdiri dari 2, 4 dan 8 kolom yang menyesuaikan alokasi pendapatan dan biaya yang didapatkan selama menjalankan aktivitas bisnis. Rekening koran adalah mutasi aliran kas di bank.

Contoh soal rekonsiliasi bank 8 kolom dan jawabannya harus dilaksanakan untuk mencegah terjadinya pemanipulasian data keuangan terutama perpajakan. Akuntansi pengantar akan membahas tentang aktiva lancar yaitu kas. Kas merupakan aktiva lancar yang mudah diselewengkan sebab terdapat risiko bawaan dan risiko pengendalian.

Cara menghitung outstanding check dan deposit in transit diperuntukkan bagi wajib pajak yang menjalankan aktivitas bisnisnya. Prosedur menyeimbangkan saldo kas menurut catatan perusahaan dan catatan perbankan menjadi aktivitas rutin yang dikerjakan oleh akuntan setiap awal periode akuntansi.

Contoh Soal Deposit in Transit dan Outstanding Check

Pengertian Deposit in Transit dan Outstanding Check

Pengertian deposit in transit dan outstanding check merupakan aktivitas perusahaan yang mengakibatkan perbedaan saldo antara bank dan laporan keuangan. Penyebab utama perbedaan saldo ditangan dan saldo dibank disebabkan perbedaan waktu pencatatan dan kesalahan prosedur mengakui aktiva lancar perusahaan.

Apa itu Deposit In Transit?

Pengertian deposit in transit adalah setoran dalam perjalanan yang telah diterima oleh perbankan tetapi belum dibukukan dalam rekening giro karena sudah akhir periode pelaporan. Setoran dalam perjalan akan menambah saldo kas di bank dikarenakan perusahaan telah menyetorkan kas tetapi belum terjadi pencatatan.

Setoran dalam perjalanan akan terjadi sebab perbankan memberitahukan batasan waktu penyetoran kas dan setara kas sebelum masa tutup buku. Deposit in transit menjadi transaksi yang tidak perlu dibuatkan jurnal penyesuaian dikarenakan entitas telah mencatatnya setelah terdapat bukti memo pengeluaran kas.

Deposit in transit diketahui dengan membandingkan antara setoran-setoran yang dilakukan dalam periode berjalan. Slip setoran atau bukti penerimaan kas menjadi dasar bagi perusahaan ketika mendapati kas yang belum tercantum dalam mutasi rekening giro perusahaan selama satu periode akuntansi.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Upstream dan Downstream dalam Penjualan Afiliasi

Apa itu Outstanding Check?

Pengertian outstanding check adalah cek yang pernah digunakan perusahaan untuk memberikan jaminan pembayaran tepat waktu. Cek atau bilyet giro merupakan alat pembayaran yang dipergunakan untuk mengambil sejumlah uang senilai yang tercantum di rekening penerbit transaksi tersebut.

Cek dalam perjalanan mengakibatkan perusahaan mengalami kelebihan kas yang seharusnya sudah menjadi pembayaran hutang. Outstanding check dapat dihitung berdasarkan jumlah cek yang sudah beredar di pelanggan tetapi belum dicairkan menyesuaikan dengan bukti pengeluaran kas atau register check.

Apa itu outstanding check? cek dalam perjalanan merupakan aktivitas pembayaran perusahaan kepada pelanggan tetapi belum dicairkan karena cek fisik masih dalam perjalanan. Cek yang telah dikeluarkan perusahaan harus dicatat pada waktu penyerahan sehingga tidak terjadi perbedaan saldo kas di bank dan kas di tangan.

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Contoh Soal dan Cara Menghitung Deposit in Transit dan Outstanding Check

Contoh soal dan cara menghitung deposit in transit dan outstanding check menjadi materi rekonsiliasi bank. Tahapan prosedur rekonsiliasi bank dimulai ketika perusahaan mendapatkan notifikasi pendapatan jasa giro dan biaya administrasi bank yang harus dicatat setiap akhir periode penggunaan layanan perbankan.

Cara menghitung deposit in transit adalah membandingkan jumlah setoran yang dilakukan perusahaan sesuai bukti perpindahan rekening kas. Setiap mutasi perpindahan rekening kas harus didukung dengan otorisasi dari pejabat perusahaan. Adapun contoh soal rekonsiliasi bank untuk setoran dalam perjalanan adalah

Tanggal Perusahan Perbankan
01/09/2022 Rp 55.812.500 Rp 55.812.500
06/09/2022 Rp 61.393.750 Rp 61.393.750
15/09/2022 Rp 33.766.563 Rp 33.766.563
21/09/2022 Rp 7.766.309 Rp 7.766.309
26/09/2022 Rp 31.065.238 Rp 31.065.238
30/09/2022 Rp 46.597.856 Rp -
Jumlah Rp 236.402.216 Rp 189.804.359
Deposit In Transit Rp 46.597.856

Contoh soal dan cara menghitung outstanding check terjadi dengan membandingkan laporan penggunaan nomor cek selama satu periode. Biaya pemakaian cek akan dibebankan langsung ke rekening bank setiap akhir bulan dan harus dibuatkan jurnal penyesuaikan untuk menjalankan aktivitas tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Fluktuatif

Demikian contoh soal deposit in transit dan outstanding check dalam materi rekonsiliasi bank. Bentuk-bentuk rekonsiliasi bank akan memprioritaskan pada aliran kas masuk dan keluar sejalan dengan aktivitas bisnis yang ada di perusahaan. Setoran dan cek dalam perjalanan akan mempengaruhi saldo perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Deposit in Transit dan Outstanding Check"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel