Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung Beserta Rumusnya

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung beserta rumusnya berperan sebagai alat meningkatkan produktivitas perusahaan. Pengertian produktivitas adalah segala sesuatu yang dikorbankan perusahaan untuk menciptakan barang output sesuai tujuan perencanaan produksi setiap periodenya.

Cara menghitung biaya tenaga kerja terdiri dari upah, gaji dan program upah insentif. Tenaga kerja adalah pihak yang memberikan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan orang lain dengan diberikan insentif sesuai peraturan pemerintah dan peraturan perpajakan yang berlaku ketika mengakusisi saham.

Metode rencana unit kerja langsung, metode rencana bonus seratus persen, program insentif kelompok dan organisasi dapat menjadi pertimbangan ketika menentukan tambahan insentif upah karyawan. Pengertian insentif upah adalah tambahan gaji yang diterima karyawan ketika melebihi target yang ditentukan manajemen.

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung Beserta Rumusnya

Pengertian dan Klasifikasi Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja adalah segala sesuatu yang dikorbankan perusahaan untuk menggunakan sumber daya manusia ketika menghasilkan produk dan jasa sesuai pesanan. Gaji dan upah menjadi tujuan utama seseorang mau melaksanakan kegiatan yang menguntungkan pihak ketiga yaitu perusahaan dagang, manufaktur dan jasa.

Pengertian Tenaga Kerja Langsung

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung merupakan biaya variabel yang meningkat dan menurun menyesuaikan ketentuan perpajakan yang berlaku. Permintaan barang dan jasa di perusahaan akan menentukan jumlah karyawan yang diperlukan untuk menjalankan perencanaan bisnis satu periode akuntansi.

Pengertian tenaga kerja langsung adalah pihak yang terlibat dalam kegiatan produksi dan hasil produksi dapat ditelusuri. Fungsi produksi, fungsi pemasaran dan fungsi administrasi harus mengupayakan adanya tambahan manfaat ekonomis setiap kali pekerjaan diberikan oleh karyawan baru.

Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung

Pengertian tenaga kerja tidak langsung adalah pengeluaran perusahaan ketika menggunakan sumber daya manusia yang tidak berdampak langsung pada produk jadi. Contoh biaya tenaga kerja tidak langsung adalah biaya penjaga dan pemeliharaan barang di gudang serta tunjangan bagi para manajer.

Baca Juga: Contoh Soal Joint Venture Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh Soal dan Jurnal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal dan jurnal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung menjadi faktor utama keberhasilan produksi barang jadi. Penetapan standar kinerja bertujuan menjaga tingkat produktivitas karyawan ketika menjalankan kegiatan produksi sesuai arahan dari manajer produksi dan kepala gudang.

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi ketika mengadakan kegiatan administrasi perpajakan. Gaji, upah dan program upah insentif bertujuan meningkatkan produktivitas karyawan untuk menjaga stabilitas perekonomiannya.

Contoh tenaga kerja langsung terjadi pada PT Masraffi yang memerlukan tenaga kerja untuk membuat produk standar sebanyak 700 buah. Apabila karyawan mampu melebihi target akan diberikan insentif senilai Rp 800 untuk 1 buahnya. Hitunglah gaji dan upah karyawan yang harus dibayarkan perusahaan sebagai berikut:

Nama KaryawanUnit yang dihasilkan
Adinda774
Berlian680
Citata800
Darwin699

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 21 Karyawan Tetap dan Rumusnya

Contoh Perhitungan Biaya Tenaga Kerja

Contoh perhitungan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung dapat menjadi pedoman bagi wajib pajak melaporkan pph pasal 21. Setiap wajib pajak yang memiliki penghasilan kena pajak harus dilakukan pemungutan agar membantu tenaga kerja lain untuk mendapatkan kesejahteraan yang sama.

Cara menghitung biaya tenaga kerja tidak langsung dan langsung memerlukan informasi perihal kekayaan perusahaan. Tenaga kerja berhak mendapatkan kepastian tentang pembayaran gaji dan upah setiap bulannya berdasarkan produktivitas yang dikerjakan sesuai instruksi dari manajer produksi perusahaan manufaktur.

Contoh perhitungan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung dapat menggunakan metode rencana unit kerja langsung, metode bonus seratus persen dan program insentif kelompok. Adapun cara menghitung upah dan gaji karyawan sesuai peraturan pemerintah yang berlaku adalah

Nama KaryawanUnit yang dihasilkanUnit Standard Upah Standard Program upah insentif Gaji Karyawan
Adinda774700 Rp 700.000 Rp 37.000 Rp 737.000
Berlian680700 Rp 700.000 Rp - Rp 700.000
Citata800700 Rp 700.000 Rp 50.000 Rp 750.000
Darwin699700 Rp 700.000 Rp - Rp 700.000

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Per Unit Produksi

Demikian contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung beserta rumus perhitungan gaji dan pph pasal 21. Setiap karyawan yang mencapai batas penghasilan kena pajak harus dilakukan pemungutan pajak penghasilan agar dapat menyetarakan dengan karyawan lainnya di perusahaan tersebut.

0 Response to "Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung Beserta Rumusnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel