Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung biaya bahan baku perusahaan manufaktur diperuntukkan bagi entitas yang ingin menentukan harga jual. Harga pokok produksi merupakan informasi atas penggunaan kekayaan perusahaan untuk menciptakan barang dan jasa sesuai keinginan dari pelanggan berdasarkan kontrak kerjasama.

Cara menghitung biaya bahan baku per unit bertujuan agar entitas dapat menetapkan harga jual barang untuk mendapatkan penghasilan. Omzet adalah total penjualan barang tanpa mempertimbangkan adanya biaya produk, biaya administrasi dan biaya pemasaran sesuai periode yang dilalui oleh entitas tersebut.

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku menjadi materi penilaian persediaan diakhir periode. Biaya yang diperhitungkan dalam harga pokok bahan penolong dan bahan langsung adalah setiap harga jual yang disepakati pelanggan, biaya administrasi, biaya pengiriman produk bahkan biaya asuransi yang dibayarkan perusahaan.

Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pemakaian Bahan Baku

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku dapat menggunakan metode masuk pertama keluar pertama, metode identifikasi khusus dan metode rata-rata tertimbang. Metode penilaian persediaan akhir ditujukan bagi entitas yang mendapatkan kesempatan untuk melampirkan informasi keuangannya sesuai tujuannya.

Biaya yang diperhitungkan dalam harga pokok bahan baku yang dibeli diantaranya harga beli barang, biaya asuransi dan biaya pengiriman ke gudang pembeli. CIF atau cost insurance and freight merupakan harga pokok bahan baku yang dibeli perusahaan dan harus dialokasikan sesuai persentase penggunannya.

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang informasi harga pokok produksinya. Bahan baku adalah bahan yang sesuai karakteristik produk pesanan dan produk proses sesuai standar yang diciptakan perusahaan ketika memberikan pesanannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya merupakan informasi tentang ketepatan waktu pembebanan biaya. Pengertian pembebanan biaya adalah proses mengalokasikan biaya produk bersama ke setiap barang hasil produksi saat biaya telah mencapai titik pemisah per produknya.

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku harus ditujukan bagi entitas yang mendapatkan kesempatan merubah bahan baku menjadi barang jadi. Akuntansi kehilangan dalam proses produksi dapat terjadi menggunakan metode masuk pertama keluar pertama atau metode rata-rata tertimbang sistem perpetual dan sistem periodik.

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya terjadi ketika PT Masraffi mengadakan kontrak pembelian dengan supplier dan kontrak penjualan dengan customer. Kartu persediaan barang jadi di gudang yang telah mendapatkan persetujuan dari kepala gudang tentang aliran masuk dan keluar barang adalah

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Per Unit Perusahaan Manufaktur

Cara menghitung biaya bahan baku per unit perusahaan manufaktur diperuntukkan bagi entitas yang ingin mendapatkan kepastian pembayaran tagihannya. Sistem perpetual dan sistem periodik dijadikan dasar bagi entitas untuk menghitung harga pokok produksi sesuai aliran barang dagang di gudang produksi.

Cara menghitung nilai persediaan akhir metode masuk pertama keluar pertama dapat menggunakan sistem periodik. Sistem periodik adalah sistem menghitung harga pokok produksi berdasarkan hasil stock opname barang di lapangan ketika akhir periode. Adapun contoh kartu penilaian persediaan akhir adalah

TanggalKeteranganKuantitasBiaya per Unit
01/08/2022Stock Awal450 Rp 223
15/08/2022Beli480 Rp 224
17/08/2022Jual800
21/08/2022Beli156 Rp 359
27/08/2022Beli174 Rp 256
31/08/2022Jual395

Cara menghitung biaya bahan baku per unit bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pengeluaran perusahaan selama satu periode. Biaya bahan baku adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakan produk jadi berdasarkan prosedur pembelian dan pemeliharaan barang di gudang.

Qty Harga Subtotal
Persediaan Awal450 Rp 223 Rp 100.350
Pembelian
15/08/2022480 Rp 224 Rp 107.520
21/08/2022156 Rp 359 Rp 56.004
27/08/2022174 Rp 256 Rp 44.544
Barang tersedia untuk dijual Rp 308.418
Persediaan Akhir65 Rp 256 Rp 16.640
Biaya Bahan Rp 291.778

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Rumusnya

Demikian contoh soal cara menghitung biaya bahan baku perusahaan manufaktur dalam materi akuntansi biaya. Cara menentukan harga jual barang dapat dilaksanakan ketika entitas mendapatkan kepastian tentang aliran kas dan setara kas yang pernah dikorbankan dimasa lalu untuk memperoleh penghasilan.

0 Response to "Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Bahan Baku Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel