Contoh Soal dan Cara Menghitung Return on Asset dari Laporan Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung return of asset dari laporan keuangan adalah informasi tentang imbal balik yang didapatkan oleh investor atas kekayaan perusahaan. Perbedaan roa, roe dan roi terletak pada sumber daya yang digunakan perusahaan untuk membentuk laba kotor dan pembiayaan bunga pinjamannya.

Cara menghitung roa di laporan posisi keuangan memerlukan informasi tentang laba dan total rata-rata aktiva perusahaan. Pengertian aktiva tetap adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan produksi dan bersumber dari liabilitas dan ekuitas selama satu periode akuntansi.

Contoh soal return of asset memungkinkan para investor menetapkan dana investasi sesuai kemampuannya. Pengukuran tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan produksi mengakibatkan entitas dapat memperkecil biaya pokok produksi selama satu periode sesuai tujuan pembentukan persekutuan terbatas.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Return on Asset dari Laporan Keuangan

Apakah Nilai Roa Semakin Tinggi Semakin Bagus?

Apakah semakin tinggi nilai roa semakin bagus tentu saja dapat menghasilkan informasi keuangan sesuai tujuan pembentukan persekutuan terbatas. Tujuan analisis return of asset adalah melihat keandalan perusahaan menciptakan aset dalam mengelola kegiatan operasionalnya agar mendapatkan laba ditahannya.

Standar nilai roa bagi perusahaan adalah 5,9% artinya perusahaan yang mampu memberikan imbal balik kepada investor diatas 5,9% per tahun berarti entitas dikategorikan memiliki nilai roa yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai return of asset diantaranya perusahaan harus dapat mempublikasikan penghasilannya.

Semakin tinggi nilai roa maka semakin bagus dalam atribusi nilai informasi keuangannya. Mengapa roa lebih sering digunakan dalam mengukur profitabilitas perusahaan karena penilaian menggunakan total kekayaan untuk mendistribusikan sumber daya dalam rangka memperoleh keuntungan atau laba yang diinginkan pemegang saham.

Baca Juga: Contoh Soal Dividen Saham dan Perhitungannya

Contoh Soal Return On Asset di Laporan Keuangan

Contoh soal return on asset di laporan keuangan berakibat pada peningkatan kepercayaan para pemegang saham ketika mendapatkan sumber daya informasi keuangannya. Tujuan roa adalah menentukan prioritas pembayaran tagihan jangka pendek yang didapatkannya selama satu periode akuntansi.

Contoh soal perhitungan return on asset pada laporan posisi keuangan seharusnya menjadi dasar bagi lawan transaksi menilai kemampuan termin pembayaran. Piutang tak tertagih seharusnya tidak akan terjadi bagi perusahaan yang telah menerapkan sistem pengendalian internal sejalan aktivitas bisnisnya.

Contoh soal return on asset di laporan keuangan terjadi ketika PT Masraffi mampu menghasilkan laba senilai Rp 550.000.000 dengan biaya bunga pinjaman senilai Rp 90.000.000. Apabila total rata-rata aktiva perusahaan adalah Rp 1.560.000.00. Hitunglah nilai roa sesuai tingkat perkembangan perusahaannya?

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Estimasi Akuntansi dan Jawabannya

Cara Menghitung ROA dalam Laporan Posisi Keuangan

Cara menghitung roa dalam laporan posisi keuangan berdampak pada meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melaksanakan investasi jangka pendek. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan mengukur informasi keuangan berdasarkan tingkat laba yang didapatkan selama satu periode akuntansi.

Cara menghitung return on asset dalam laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia bertujuan agar pengguna informasi keuangan dapat menelaah tentang imbal balik yang dihasilkannya. Laba merupakan tujuan dari investor mengalokasikan sebagian dana pribadi untuk pembangunan perusahaan.

Bagaimana cara menghitung return on asset dapat menjadi informasi pengukuran profitabilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki nilai roa negatif atau roa minus menandakan entitas tidak mampu menghasilkan pendapatan dan merugi selama periode tersebut. Adapun rumus perhitungan roa adalah

Rumus ROA = (Laba Bersih + Bunga Pinjaman) / Total Rata-Rata Aset
Rumus ROA = ( Rp 550.000.000 + Rp 90.000.000) / Rp 1.560.000.000
Rumus ROA = 41%

Baca Juga: Cara Menghitung dan Rumus Debt Ratio

Demikian contoh soal dan cara menghitung return on asset dari laporan keuangan harus dapat memberikan kepastian tentang dana nasabah yang dikeluarkannya. Faktor yang mempengaruhi profitabilitas adalah levegare, likuiditas, asset turnover bahkan modal setoran para pemegang saham.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Return on Asset dari Laporan Keuangan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel