Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik per Unit Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik per unit perusahaan manufaktur diperuntukkan bagi entitas yang mengerjakan bisnis. Biaya produk merupakan alokasi seluruh informasi keuangannya selama satu periode untuk menghasilkan kekayaan selama satu periode sesuai tingkat penjualan produknya.

Contoh soal biaya overhead pabrik perusahaan manufaktur akan menghasilkan kekayaan untuk mendistribusikan seluruh informasi keuangannya. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan akan menunjukkan informasi keuangan perusahaan selama satu tahun untuk kegiatan produksi.

Cara menghitung biaya overhead pabrik per unit dapat dilaksanakan untuk menetapkan keseluruhan biaya perusahaan. BOP bersifat fluktuatif dan berubah bergantung kepada efisiensi produksi seperti pemanfaatan mesin dan kendaraan secara bersama-sama serta pemakaian jasa pemeliharaan barang di gudang setiap periode.

Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik per Unit Perusahaan Manufaktur

Faktor-Faktor yang harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Tarif Biaya Overhead Pabrik

Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan tarif biaya overhead pabrik menjadi landasan bagi perusahaan untuk mengevaluasi keefektivitas kegiatan produksi. Penentuan tarif bop tidak hanya didasarkan pada biaya utama melainkan proses pembebanan biaya ke departemen produksi yang terkait.

Penyebab munculnya biaya overhead pabrik sebab entitas harus dapat menyelenggarakan kegiatan produksi dengan mempergunakan bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung. Pembebanan bop ke dalam seluruh produk dilaksanakan setiap periodenya guna menentukan unit ekuivalen yang terlibat.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik per unit pada perusahaan manufaktur hendaknya dipertimbangkan dalam rangka mengerjakan kebijakan akuntansi. BOP terdiri dari BOP variabel dan BOP tetap yang dialokasikan berdasarkan tingkat perkembangan perusahaan selama satu proses perencanaan produksi.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik pada Perusahaan Manufaktur

Contoh soal biaya overhead pabrik pada perusahaan manufaktur hendaknya dijadikan dasar bagi entitas menjalankan aktivitas bisnisnya. Kebijakan akuntansi merupakan prinsip pencatatan transaksi keuangan yang diikuti perusahaan untuk menciptakan laporan keuangan sesuai standar akuntansi berterima umum.

Contoh soal biaya overhead pabrik pada perusahaan manufaktur merupakan pengeluaran perusahaan yang membantu kegiatan administrasinya. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan tarif overhead pabrik diantaranya produk keluaran, bahan baku langsung, metode penganggaran bop setiap periodenya.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik terjadi ketika PT Masraffi menganggarkan BOP senilai Rp 45.000.000 untuk 60.000 unit barang. Selama proses produksi, biaya overhead pabrik aktual adalah Rp 46.000.000 untuk 59.500. Bagaimana cara menghitung bop applied sesuai prosedurnya?

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung per Unit

Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik per Unit

Cara menghitung biaya overhead pabrik per unit layak dipertimbangkan perusahaan untuk menetapkan harga pokok produksi. HPP merupakan dasar bagi pihak penjual menetapkan harga jual agar memperoleh keuntungan setelah proses pembayaran pajak tahunan ketika berstatus sebagai pengusaha kena pajak.

Departementalisasi biaya overhead pabrik merupakan metode yang digunakan perusahaan untuk mengalokasikan seluruh informasi pembayaran tagihan yang jatuh tempo. BOP merupakan biaya bersama antar kegiatan bisnis untuk mengupayakan administrasi perpajakan yang ada dientitas tersebut.

Cara menghitung tarif biaya overhead pabrik adalah membandingkan antara total anggaran bop estimasi barang yang tercipta. Adapun rumus menghitung anggaran biaya overhead pabrik adalah

Tarif BOP per Unit = Rp 45.000.000 : 60.000
Tarif BOP per Unit = Rp 750

Cara menghitung BOP applied merupakan proses pengalokasikan total pengeluaran perusahaan yang sesunggunya ke setiap produk jadi. BOP applied adalah biaya yang ditentukan berdasarkan tarif bop per produk dengan kapasitas yang sesungguhnya ada. Adapun rumus menghitung bop applied adalah

BOP Applied = Rp 750 x 59.500
BOP Applied = Rp 44.625.000

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik brainly tentu harus membandingkan antara anggaran bop dengan bop aktual. BOP aktual adalah pengeluaran perusahaan yang sesungguhnya terjadi atas pemakaian bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung. Adapun rumus menghitung selisih bop adalah

Selisih biaya overhead pabrik = Rp 46.000.000 - Rp 44.625.000
Selisih biaya overhead pabrik = Rp 1.375.000

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Demikian contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik per unit perusahaan manufaktur semoga dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengalokasikan seluruh informasi keuangannya. Selisih BOP akan menghasilkan keuntungan dan kerugian yang dibebankan ke harga pokok produksi barang jadi.

0 Response to "Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik per Unit Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel