Contoh Jurnal Pembelian Kredit dengan PPN dan Uang Muka Pembelian Barang

Konten [Tampil]

Contoh jurnal pembelian kredit dengan ppn dan uang muka pembelian barang dapat menjadi pedoman bagi perusahaan untuk menyelenggarakan aktivitas pembelian. Prosedur pembelian diawali permintaan barang, penerimaan pesanan, pemberian invoice dan faktur pajak serta pelunasan tagihan yang jatuh tempo.

Jurnal pembelian barang dagang secara tunai dan kredit dengan ppn bertujuan agar perusahaan dapat mengakuisisi informasi keuangan selama satu periode akuntansi. Pembelian adalah aktivitas pengadaan barang dagang berupa bahan baku dan barang jadi untuk menjalankan kegiatan produksi sesuai perencanaan.

Contoh ppn masukan dan ppn keluaran merupakan aktivitas memungut pajak pertambahan nilai atas transaksi yang didapatkan perusahaan. Entitas diwajibkan melaporkan seluruh informasi keuangan kepada pemegang saham berdasarkan keadaan sebenarnya untuk melihat perkembangan selama investasi berjalan.

Contoh Jurnal Pembelian Kredit dengan PPN dan Uang Muka Pembelian Barang

Contoh Soal Jurnal Pembelian Barang Dagang Secara Kredit dan Tunai

Contoh soal jurnal pembelian barang dagang secara kredit dan tunai menjadikan pedoman bagi entitas ketika menyelenggarakan bisnis. Perusahaan adalah satuan usaha yang mengerjakan informasi keuangannya selama satu periode untuk mendapatkan laba sesuai target dari pemegang saham tercatatnya.

Persediaan metode perpetual merupakan prosedur pencatatan barang di gudang dimana akan dilaksanakan update data setelah melaporkan informasi keuangannya. Metode fisik adalah prosedur penilaian persediaan akhir dimana entitas akan melaksanakan stock opname untuk melihat nilai barang dagangnya.

Contoh soal jurnal pembelian kredit dengan ppn dan uang muka pembelian barang terjadi ketika PT Masraffi membeli bahan baku senilai Rp 900.000 belum ppn. Apabila PT Masraffi memberikan dp senilai Rp 350.000, buatlah jurnal uang muka pembelian, jurnal penerimaan barang dan jurnal pencatatan tagihan dari supplier?

Baca Juga: Contoh Soal Stock Split dan Rumus Perhitungannya

Jurnal Uang Muka Pembelian Bahan Baku dan Penerimaan Barang

Apakah uang muka pembelian harus dibuatkan faktur pajak masukan? tujuan penerbitan faktur pajak adalah memastikan bahwa prosedur pemungutan ppn sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku. PPN merupakan pajak atas penyerahan barang kepada pelanggan sesuai harga jual yang disepakati.

Uang muka pembelian adalah aktivitas pemberian kas dan setara kas sebagai tanda jadi pengerjaan suatu produk perusahaan. DP merupakan kewajiban bagi pembeli terutama ketika bertransaksi dengan supplier baru untuk menyakinkan pemberian kebijakan kredit selama operasional perusahaan dijalannya.

Jurnal uang muka pembelian bahan baku dan penerimaan barang akan memudahkan prosedur pembelian dari perusahaan. Penerimaan barang merupakan aktivitas membandingkan antara pesanan dan barang yang dikirimkan supplier. Adapun langkah-langkah membuat faktur pajak di e-faktur webbased adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Uang Muka Pembelian Rp 350.000
PPN Masukan Rp 38.500
Hutang Usaha Rp 388.500
(Jurnal penerimaan faktur pajak uang muka)
06/08/2022Persediaan Rp 900.000
Penerimaan Barang Rp 900.000
(Jurnal penerimaan barang pihak gudang)

Baca Juga: Cara Menghitung Laba per Lembar Saham dan Jawabannya

Jurnal Penerimaan Invoice Supplier dan Pembayaran Tagihan

Jurnal penerimaan invoice supplier bertujuan agar pembeli dapat membayarkan sesuai nilai tagihan yang diberikan. Tujuan laporan keuangan perusahaan dagang dan jasa adalah memberikan kepastian kepada pemegang saham atas harta dan kekayaan yang telah diberikannya untuk membantu aktivitas bisnis.

Jurnal pembayaran tagihan merupakan pencatatan pengeluaran perusahaan untuk melunasi tagihan yang kurang dibayarkan. Pembelian dengan uang muka mengakibatkan entitas dapat mempertahankan kepercayaan supplier ketika mengirimkan barang sesuai pesanan dan spesifikasi dari pembelinya.

Contoh jurnal pembelian kredit dengan ppn dan uang muka pembelian barang dapat dilaksanakan menyesuaikan aktivitas bisnisnya. Aktivitas pembelian terdiri dari persetujuan pemesanan barang sampai pelunasan tagihan atas barang yang diinginkan oleh manajer produksi. Adapun jurnal penerimaan invoice dan pembayaran tagihan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
06/08/2022Penerimaan Barang Rp 900.000
PPN Masukan Rp 60.500
Hutang Usaha Rp 610.500
Uang Muka Pembelian Rp 350.000
(Jurnal pencatatan invoice dari supplier)
11/08/2022Hutang Usaha Rp 610.500
Kas Rp 610.500
(Jurnal pembayaran tagihan)

Baca Juga: Langkah-Langkah Mencatat Pembelian di Accurate Online dan Desktop

Demikian contoh jurnal pembelian kredit dengan ppn dan uang muka pembelian barang jadi sesuai kebutuhan dari pelanggan. Setiap penerimaan barang harus dicatat disistem gudang dan diterbitkan faktur pajak untuk mengalokasikan perhitungan harga pokok produksi sesuai ketentuan yang berlaku.

0 Response to "Contoh Jurnal Pembelian Kredit dengan PPN dan Uang Muka Pembelian Barang"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel