Contoh Soal dan Cara Menghitung Besar Bunga Pinjaman Setiap Tanggal Jatuh Tempo

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung besar bunga pinjaman setiap tanggal jatuh tempo per bulan akan menunjukkan jumlah pembayaran yang wajib dibayarkan oleh nasabah. Bunga pinjaman online, bunga bank bri bni dan mandari menjadi landasan bagi seseorang untuk menggunakan sumber daya yang dimilikinya.

Cara menghitung persen bunga pinjaman perbulan dan pertahun akan menunjukkan berapakah kas yang harus dikembalikan nasabah. Dasar perhitungan bunga bank dilandasi oleh adanya perhitungan bunga berdasarkan anuitas dan penentukan angsuran pokok pinjaman setiap tanggal jatuh tempo tagihan yang harus dibayar.

Penentuan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar akan mempertimbangkan kemampuan pelanggan melunasi tagihan. Penjualan angsuran adalah transaksi perdagangan barang dan jasa dimana barang telah diserahkan di masa lampau tetapi pembayarannya dilaksanakan dikemudian hari sesuai kesepakatan.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Besar Bunga Pinjaman Setiap Tanggal Jatuh Tempo

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga Menurut Para Ahli

Faktor-faktor yang mempengaruhi suku bunga menurut para ahli terdiri dari kondisi internal dan kondisi eksternal. Ketika suku bunga naik maka diperkirakan pembagian laba rugi persekutuan dan perseroan terbatas mengalami penurunan. Hal ini disebabkan peningkatan pembayaran beban bunga periode sekarang.

Mengapa suku bunga naik investasi turun dikarenakan perusahaan lebih cenderung memiliki aktivitas yang memberikan penghasilan paling banyak. Apakah naik turunnya suku bunga berhubungan dengan permintaan uang di mata publik, hal ini mengakibatkan jumlah peredaran uang di masyarakat bertambah banyak.

Faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan suku bunga terdiri dari tingkat inflasi negara, permintaan dan peredaraan uang, kebijakan pemerintah, laba yang diinginkan pengusaha dan persaingan bisnis. Bank perlu menunjukkan perubahan suku bunga karena pertanggungjawaban simpanan nasabah.

Baca Juga: Contoh Soal Bunga Anuitas dan Pembahasannya

Dasar Perhitungan Bunga Pinjaman per Bulan dan Tahun

Dasar perhitungan bunga pinjaman per bulan dan tahun dipertimbangkan dari sisa pinjaman dan pokok pinjaman. Perbedaan suku bunga efektif dan suku bunga tetap akan menunjukkan nilai bunga dan pinjaman yang harus dibayarkan nasabah. Keterlambatan pembayaran tagihan mengakibatkan diberikannya denda.

Perhitungan bunga berdasarkan sisa bunga pinjaman adalah penentuan pembayaran pokok angsuran yang semakin menurun berdasarkan besarnya tagihan bunganya. Kelebihan perhitungan bunga berdasarkan sisa pinjaman adalah mengurangi kemungkinan tidak dibayarkannya tagihan oleh nasabah bank.

Perhitungan bunga berdasarkan pokok pinjaman per tahun dan per bulan adalah penentukan pembayaran angsuran pinjaman berdasarkan tagihan yang ditetapkan diawal. Berapa persen bunga pinjaman akan menunjukkan tingkat pengembalian dana yang harus diserahkan nasabah setiap periodenya.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Cara Menghitung Besar Bunga Setiap Tanggal Jatuh Tempo

Cara menghitung besar bunga setiap tanggal jatuh tempo dapat menggunakan sistem angsuran tetap dan sisten anuitas. Sistem angsuran tetap adalah perhitungan besarnya angsuran per bulan dan per tahun yang selalu tetap. Pokok pinjaman akan langsung dialokasikan ke jangka waktu pembayaran nasabah.

Contoh soal perhitungan persen bunga pinjaman harus dilakukan agar diketahui tingkat pengembalian dana nasabah. Sistem anuitas artinya pembayaran angsuran dimana suku bunga akan menurun dan pokok pinjaman akan bertambah sejalan dengan jumlah kas yang diterima sesuai kebijakan pemerintah.

Cara menghitung bunga pinjaman per tahun dan per bulan terjadi pada PT Masraffi yang meminjam dana sebesar Rp 51.000.000 selama 4 tahun. Suku bunga efektif yang diberikan adalah 8%. Buatlah tabel pelunasan tagihan berupa pokok pinjaman dan bunga yang berhasil dibayarkan setiap periodenya?

Tahun Angsuran Bunga Pinjaman Kas Dibayar Sisa Tagihan
2020 Rp 12.750.000 Rp 4.080.000 Rp 16.830.000 Rp 38.250.000
2021 Rp 12.750.000 Rp 4.080.000 Rp 16.830.000 Rp 25.500.000
2022 Rp 12.750.000 Rp 4.080.000 Rp 16.830.000 Rp 12.750.000
2023 Rp 12.750.000 Rp 4.080.000 Rp 16.830.000 Rp -

Baca Juga: Cara Menghitung Berapa Persen Bunga Pinjaman dan Pembahasan

Demikian contoh soal dan cara menghitung besar bunga pinjaman setiap tanggal jatuh tempo akuntansi keuangan lanjutan. Ketika pelanggan terjadi gagal bayar maka perusahaan harus mempersiapkan tabel piutang tak tertagih sebagai peluang pembiayaan bagi entitas selama periode akuntansi yang dilaporkan.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Besar Bunga Pinjaman Setiap Tanggal Jatuh Tempo"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel