Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja dan jawabannya menjadikan entitas bertanggungjawab permasalahan gaji dan upah selama pekerja memberikan jasanya. Biaya jasa kini dan biaya jasa lalu bertujuan agar entitas mengurangi dampak kerugian dan keuntungan akruarial atas penggunaan tenaga kerja langsung.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka panjang dan jangka pendek harus diselenggarakan secara maksimal agar biaya yang ditanggung perusahaan lebih sedikit. Penentuan biaya penggunaan jasa tenaga kerja langsung dapat diakui sebagai liabilitas dan expance bergantung pada kapan manfaat ekonomis diterima perusahaan.

Makalah psak 24 imbalan kerja harus memuat informasi undang-undang imbalan pasca kerja yang dilaksanakan entitas. Mengapa diperlukan pengungkapan pihak berelasi dalam laporan posisi keuangan sebab entitas harus bertanggungjawab setiap pengeluaran kas dan setara kas untuk mendukung aktivitasnya.

Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja dan Jawabannya

Apa itu Biaya Jasa Kini dan Biaya Jasa Lalu?

Biaya jasa kini adalah imbalan yang diterima oleh pekerja atas kepastian jasa yang diterimanya diperiode berjalan. Contoh biaya jasa kini adalah gaji, upah, bonus, thr dan tunjangan yang disesuaikan informasi keuangan perusahaan agar memaksimalkan produktivitas kerja para karyawan manajerial tertentu.

Biaya jasa lalu adalah imbalan yang diterima oleh pekerja yang diakibatkan oleh adanya kepastian imbalan jasa pekerja dimasa lampau dan berdampak di periode sekarang. Contoh biaya jasa lalu adalah pemberian insentif atas perubahan program imbalan kerja dan program manfaat pasti yang diterapkan entitas.

Apa itu biaya jasa kini dan biaya jasa lalu perlu dipertimbangkan terutama ketika entitas melaksanakan kegiatan pembayaran gaji dan upah. Pemotongan pph pasal 21 hendaknya dilaksanakan terutama bagi wajib pajak yang menjalankan kewajiban perpajakan jangka panjang oleh perusahaan pemberi upah.

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Macam-Macam Program Iuran Pasti dan Manfaat Pasti

Macam-macam program iuran pasti dan manfaat pasti harus mengikutsertakan pekerja agar mendapatkan tunjangan ketika habis masa pekerjaannya. Pengertian imbalan kerja adalah seluruh pemberian pekerja atas jasa yang disetorkan para pekerjanya dengan tujuan menambah kekayaan orang pribadi.

Macam-mcam program pasca kerja hendaknya diterapkan karena masing-masing pekerja memiliki batasan waktu pelaporan keuangannya. Program iuran pasti adalah program yang diikutkan oleh perusahaan kepada pengelola dana pensiun. Adapun contoh imbalan kerja jangka pendek bagi karyawan adalah

  1. Upah dan Gaji
  2. Cuti berimbalan jangka pendek
  3. Imbalan non moneter
  4. Utang Bagi laba
  5. Utang bagi bonus

Imbalan kerja diakui ketika pekerja telah selesai memberikan jasa kepada perusahaan dan dapat diperhitungkan dengan handal. Cuti berimbalan jangka pendek merupakan hak libur para pekerja setiap tahunnya untuk menjalankan aktivitas pribadi sesuai keinginan dan tidak melanggar aturan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Persediaan dan Pergudangan

Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Excel

Contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja excel diselenggarakan agar entitas mendapatkan kepastian tentang informasi keuangan tertentu. Entitas harus menyelenggarakan aktivitas bisnis yang memungkinkan lawan transaksi mengadakan kerjasama sesuai periode berjalannya waktu tertentu.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang harus menerapkan sistem pengendalian internal liabilitas dan expance. Program iuran pasti adalah program yang diiukuti perusahaan untuk kesejahteraan karyawan dan diakui sebagai beban atau liabilitas sesuai nilai yang telah dibayarkannya.

Contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja cuti berimbalan jangka pendek terjadi ketika PT Masraffi yang memiliki 7 karyawan dengan upah Rp 834.000. 1 orang karyawan menggunakan hak cuti selama 1 hari dan sisanya menggunakan hak cuti 4 hari. Berapakah biaya cuti berimbalan yang ditanggung perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/05/2022Beban cuti berimbalan Rp 32.526.000
Kas Rp 32.526.000

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja dan jawabannya dalam akuntansi keuangan menengah. Setiap perkembangan informasi keuangan hendaknya diungkapkan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan perusahaan selama masa pakai aktiva tetap dan aktiva lancarnya.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel