Contoh Soal Aset Pajak Tangguhan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal aset pajak tangguhan dan jawabannya bertujuan agar perusahaan dapat terhindar dari pembayaran pajak yang seharusnya belum dibayar. PSAK 46 mengatur tentang batasan kapan penghasilan dan biaya dapat dijadikan informasi kinerja keuangan sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Contoh soal aset dan kewajiban pajak tangguhan harus dilaksanakan agar perusahaan tetap mendapatkan pengakuan atas setoran penghasilannya. Pengertian penghasilan adalah kekayaan yang diterima perusahaan atas penyerahan jasa dan barang sesuai periode akuntansi dan periode fiskal yang berjalan.

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Pajak kini adalah pajak yang dibayarkan periode berjalan sesuai jumlah pajak penghasilan terutang untuk satu periode. Pajak kini yang belum dibayarkan perusahaan harus diakui sebagai liabilitas jangka pendek di periode selanjutnya.

Contoh Soal Aset Pajak Tangguhan dan Jawabannya

Apa itu Pajak Kini dan Pajak Tangguhan?

Pengertian pajak kini menurut para ahli adalah nilai pajak penghasilan badan dan orang pribadi yang wajib dibayarkan selama satu tahun fiskal setelah adanya koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif. Nilai pajak kini yang belum dibayarkan sampai akhir periode harus diakui sebagai liabilitas jangka pendek bagi perusahaan.

Pengertian pajak tangguhan adalah pajak yang terjadi akibat pembedaan temporer dalam pengakuan jumlah tercatat aset dan kewajiban di laporan posisi keuangan berkaitan dengan dasar pengenaan pajaknya. Manfaat yang berkaitan dengan rugi pajak harus diakui sebagai aset apabila ingin ditarik kembali diakhir periode.

Apa itu pajak kini dan pajak tangguhan adalah aset dan kewajiban dari kegiatan pelaporan pajak tahunan orang pribadi dan badan usaha. PPh final artinya ketika perusahaan membayarkan objek pajak terutang maka kewajiban pajak sudah selesai dan tidak boleh dijadikan kredit pajak diakhir periode akuntansinya.

Baca Juga: Contoh Kasus Jurnal Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas

Contoh Soal Aset Kewajiban Pajak Tangguhan dan Jawabannya

Contoh soal aset kewajiban pajak tangguhan dan jawabannya akan terjadi tatkala perusahaan memiliki kebijakan pelaporan informasi keuangan yang berbeda dengan ketentuan perpajakan. Perbedaan temporer akan terjadi ketika entitas melaporkan seluruh sumber daya perusahaan kepada dirjen perpajakan.

Perbedaan temporer akan harus diakui sebagai liabilitas pajak tangguhan kecuali akun goodwill pada saat pembentukan perseroan terbatas dan persekutuan. Contoh soal aset pajak tangguhan berakibat pada lebih dibayarkannya pajak penghasilan badan ketika entitas mendapatkan keputusan pembuatan informasi keuangan.

Contoh soal aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan terjadi pada PT Masraffi yang membeli komputer dengan harga Rp 84.000.000. PT Masraffi memiliki kebijakan akuntansi dimana aset akan disusutkan selama 3 tahun, apabila aset tetap diperpajakan diakui kategori pertama. Berapakah selisih beban pajak tangguhannya?

Baca Juga: Contoh Kasus Dividen Saham dan Jawabannya

Rumus Cara Menghitung Aset Pajak Tangguhan

Rumus cara menghitung aset pajak tangguhan akan diberikan kepada lawan transaksi yang mengadakan kegiatan bisnis. Biaya yang boleh dijadikan pengurang penghasilan kena pajak adalah biaya produk dan selisih rugi kurs mata uang asing. Tarif pph badan yang tidak terdaftar dibursa efek adalah 22%.

Cara menghitung aset pajak tangguhan diperlukan bagi perusahaan dagang dan jasa karena berkaitan laporan perpajakan yang berterima umum. Penyusutan adalah proses alokasi kas dan setara kas yang dikorbankan perusahaan untuk membeli aset tetap selama masa pakainya sesuai kebijakan manajerial.

Rumus cara menghitung aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan perlu mempertimbangkan informasi nilai residu, nilai pasar dan metode penyusutannya. Ketentuan umum perpajakan telah mengklasifikasikan beberapa masa pakai aset tetap sesuai kategori usia pakai seperti 4, 8, 16 dan 20 tahun.

Nilai Nominal Rp 84.000.000
Lama penyusutan akuntansi3
lama penyusutan fiskal4
Keterangantahun 1tahun 2tahun 3tahun 4
Penyusutan berdasarkan akuntansi Rp 28.000.000 Rp 28.000.000 Rp 28.000.000
Penyusutan berdasarkan fiskal Rp 21.000.000 Rp 21.000.000 Rp 21.000.000 Rp 21.000.000
Pajak tangguhan Rp 7.000.000 Rp 7.000.000 Rp 7.000.000 -Rp 21.000.000

Baca Juga: Contoh Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Jawabannya

Demikian contoh soal aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan beserta jawabannya yang menjadi pembahasan informasi akuntansi perpajakan. Pajak kini dan pajak tangguhan harus diakui sebagai penghasilan atau beban pada laporan keuangan sesuai periode pembayaran tagihan yang jatuh tempo.

0 Response to "Contoh Soal Aset Pajak Tangguhan dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel