Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak dan Jurnalnya

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap menurut pajak dan jurnalnya menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Aktiva tetap adalah kekayaan perusahaan yang dimiliki untuk tujuan kegiatan produksi, disewakan bahkan tidak untuk diperdagangkan selama masa manfaatnya.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode proporsional dan eliminasi dapat diselenggarakan dengan menyesuaikan kebijakan akuntansi. Penyesuaian metode penyusutan harus mengklasifikasikan jenis aset sesuai kategori dalam perpajakan untuk menghindari adanya aktiva dan kewajiban pajak tangguhan.

Keuntungan dan kerugian perusahaan yang melakukan revaluasi menjadi pertimbangan ketika entitas akan menilai ulang harga perolehan dimasa lampau. Nilai buku dan nilai wajar menjadi dasar bagi entitas ketika melaksanakan kebijakan publik terutama menyampaikan neraca saldo dan laporan kinerja keuangan periode berjalan.

Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak dan Jurnalnya

Pengertian Revaluasi Aktiva Tetap dan Tujuannya

Pengertian revaluasi aktiva tetap menurut para ahli adalah proses penilaian ulang harga perolehan berdasarkan nilai wajar saat transaksi. Aset tetap menjadi kekayaan perusahaan yang didapatkan dari ekuitas pemodal dan liabilitas yang dipinjamkan dari pihak ketiga seperti kreditur dan perbankan.

Tujuan revaluasi aktiva tetap adalah menjalankan kebijakan keuangan terutama pembayaran tagihan jangka pendek. Penilaian ulang harga perolehan aset tetap ditujukan kepada perusahaan yang ingin melangsungkan kebijakan akuntansi berkaitan dengan harta kekayaan yang dimilikinya selama operasionalnya berlangsung.

Pengertian revaluasi aktiva tetap dan tujuannya berlaku bagi perusahaan manufaktur. Tujuan revaluasi aset tetap sebelum adanya sekutu baru yang masuk adalah menilai kualitas pembayaran tagihan dari pelanggan. Pengaruh revaluasi terhadap kinerja keuangan adalah adanya pemotongan pajak penghasilan final.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Revaluasi Aset Tetap Metode Proporsional dan Eliminasi

Contoh soal revaluasi aset tetap metode proporsional dan eliminasi dapat disesuaikan dengan aturan perusahaan. Entitas diperkenankan memiliki metode yang sesuai jalannya kegiatan tanpa mempengaruhi kualitas pembayaran pajak penghasilan final yang jatuh tempo setiap tanggal 15 bulan berikutnya.

Contoh soal dan jawaban revaluasi aktiva tetap dilakukan setelah entitas mendatangkan appraisal. Kapan perusahaan melakukan revaluasi? yaitu ketika nilai wajar aset melebihi nilai buku. Surplus revaluasi akan terjadi dan entitas berkewajiban memungut, menyetorkan dan melaporkan pemotongan pph pasal 4 ayat 2.

Contoh soal revaluasi aset tetap metode proporsional dan eliminasi terjadi ketika PT Masraffi mendatangkan jasa appraisal atas kendaraan dengan nilai wajar Rp 45.000.000. Berdasarkan catatan perusahaan, harga perolehan aset adalah Rp 75.000.000 dan akumulasi penyusutan adalah Rp 45.000.000. Bagaimana jurnal penilaian ulang dibuat?

Baca Juga: Cara Menghitung Variable Costing dan Full Costing

Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap Pajak

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap pajak diperuntukkan bagi entitas sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Apa sebenarnya keuntungan perusahaan apabila melakukan revaluasi aset adalah laporan keuangan menunjukkan keadaan yang sebenarnya terjadi tanpa membuat jurnal penyesuaian.

Contoh perhitungan revaluasi aset tetap menurut pajak dan jurnal pengenaan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 harus diselenggarakan agar entitas terhindari dari sanksi administrasi. Setiap tambahan manfaat ekonomis diakui sebagai penghasilan bagi perusahaan dan dilaporkan sebagai bukti penyertaan modal perusahaan.

Contoh soal jurnal dan perhitungan revaluasi aktiva tetap metode proporsional dan eliminasi dapat disesuaikan aturan perpajakan yang berlaku. Tarif pph final atas transaksi revaluasi adalah 10% dari surplus. Adapun jurnal revaluasi yang dapat dibuat oleh perusahaan berdasarkan contoh soal tersebut adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Aktiva Tetap Rp 45.000.000
Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap Rp 30.000.000
Suplus revaluasi Rp 15.000.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.500.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Demikian contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap menurut pajak dan jurnalnya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Tujuan penilaian kembali aset harus disesuaikan kemampuan perusahaan membayarkan jasa appraisal dan pembayaran objek pajak penghasilan final yang dikenakan.

0 Response to "Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak dan Jurnalnya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel