Contoh Soal Perhitungan Biaya Produk Bersama dan Produk Sampingan

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan biaya produk bersama dan produk sampingan diselenggarakan untuk memastikan perusahaan telah melaksanakan pembebanan biaya secara benar. Proses pembebanan biaya akan menentukan harga pokok produksi untuk setiap barang yang diperdagangkan sesuai invoice dan faktur pajaknya.

Sistem perhitungan biaya produk gabungan diselenggarakan secara wajar dengan menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Proses produksi biaya bersama akan menghasilkan produk utama dan produk sampingan. Joint cost adalah mekanisme perhitungan kekayaan perusahaan berdasarkan tingkat unit terjual.

Cara menghitung alokasi biaya bersama dengan metode rata-rata per unit, metode harga jual pasar, metode unit kuantitatif memberikan kebebasan bagi perusahaan memilih transaksi yang sesuai. Biaya bersama adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakan beberapa produk dalam sekali proses produksinya.

Contoh Soal Perhitungan Biaya Produk Bersama dan Produk Sampingan

Contoh Soal Akuntansi Produk Bersama dan Produk Sampingan

Contoh soal akuntansi produk bersama dan produk sampingan memungkinkan terjadi proses produksi untuk beberapa produk sekaligus. Jelaskan perlakuan terhadap produk sampingan dalam metode harga pokok dapat mengurangi adanya hpp dan biaya pemasaran produk melalui laporan kinerja keuangannya.

Contoh soal perhitungan biaya produk bersama dan produk sampingan menjadi bagian materi akuntansi biaya. Akuntansi biaya adalah cabang dari akuntansi keuangan yang berorientasi pada penetapan harga pokok produksi. HPP menjadi item laporan keuangan yang penting bagi perusahaan manufaktur dan dagang.

Contoh soal akuntansi produk bersama dan produk sampingan mewajibkan entitas melaporkan nilai akhir persediaan barang dagang. Persediaan adalah kekayaan perusahaan yang digunakan membantu kegiatan produksi, diperdagangkan kembali bahkan disewakan untuk menghasilkan pendapatan ditahun berjalan.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Biaya Produksi dan Formatnya

Contoh Soal Perhitungan Biaya Produk Bersama

Contoh soal perhitungan biaya produk bersama akan menghasilkan informasi mengenai produk utama dan produk sampingan. Jelaskan berbagai perlakuan terhadap produk sampingan adalah diakui sebagai penambah penghasilan, pengurang harga pokok produk dan pengurang biaya administrasi atau pemasaran.

Contoh soal terkait harga pokok produk sampingan biasanya memakan biaya relatif lebih rendah daripada produk utama. Joint cost adalah mekanisme pembebanan biaya untuk beberapa produk yang dihasilkan untuk sekali proses produksi. Metode alokasi biaya gabungan dapat menggunakan beberapa cara yaitu:

  1. Metode harga jual pasar
  2. Metode rata-rata tertimbang dan rata-rata per unit
  3. Metode unit kuantitatif

Contoh soal sistem perhitungan biaya produk gabungan terjadi pada PT Masraffi yang mengeluarkan biaya sebesar Rp 94.500.000 ketika membuat kardus, kartu nama dan kartu identitas. Adapun rincian unit yang tercipta adalah 50.000, 46.000 dan 89.000. Harga jual produk dipasar adalah Rp 500, Rp 680 dan Rp 400. Bagaimana alokasi biaya produk bersama kepada tiap-tiap produk yang dihasilkan perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal Process Costing dan Pembahasannya

Cara Menghitung Alokasi Biaya Bersama dengan Metode Harga Jual Relatif

Cara menghitung alokasi biaya bersama dengan metode harga jual relatif diperlukan agar entitas mendapatkan kepastian tentang hpp yang dibebankan ke setiap produk yang dijual. Pembebanan biaya adalah proses alokasi biaya bahan baku dan konversi sesuai unit ekuivalen yang diciptakan selama proses produksi.

Cara menghitung alokasi biaya gabungan ke dalam produk utama menggunakan metode harga jual pasar akan memberikan gambaran subjektif tentang keadaan keuangan perusahaan. Metode yang sering digunakan dalam menghitung biaya bersama adalah metode harga jual hipotesis atau harga pasar.

Contoh soal perhitungan biaya produk bersama dan produk sampingan dapat menentukan titik pemisahnya terlebih dahulu. Titik pemisah atau split off point adalah fase dimana produk dapat diidentifikasi pemakaian biaya secara individual. Adapun cara menghitung alokasi biaya bersama dengan metode harga pasar adalah

Produk GabunganUnit Harga Jual Nilai Penjualan Alokasi biaya Gabungan
Rupiah Persentase
Kardus50.000 Rp 500 Rp 25.000.000 27% Rp 25.712.886
Kartu Nama46.000 Rp 680 Rp 31.280.000 34% Rp 32.171.963
Kartu Identitas89.000 Rp 400 Rp 35.600.000 39% Rp 36.615.150
Jumlah Rp 91.880.000 Rp 94.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Job Order Costing dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan biaya produk bersama dan produk sampingan dalam process costing dan job order costing. Perusahaan dapat memperdagangkan produk sampingan agar mendapatkan aliran kas untuk membantu kegiatan produksi sejalan dengan aktivitas bisnis yang diselenggarakannya.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Biaya Produk Bersama dan Produk Sampingan"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel