Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan konstruksi metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai menjadi tujuan perusahaan mengakuisisi penghasilan dari lawan transaksi. Pembeli dan penjual harus sepakat tentang keberlangsungan informasi keuangannya agar para manajemen mengetahui arah tujuan entitas.

Contoh soal pendapatan kontruksi menjadi liabilitas jangka panjang dengan modal yang banyak. Laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi menjadi pertimbangkan untuk meneruskan atau menghentikan aktivitas bisnis agar para pemegang saham memperoleh hasil maksimal sesuai tujuan pembentukannya.

Kapan pendapatan diakui menurut kerangka konseptual penyajian dan penyusunan laporan keuangan terjadi ketika lawan transaksi mengadakan tambahan informasi bisnisnya. Akuntansi kontrak konstruksi jangka panjang memang menjadi pertimbangkan untuk keberlangsungan pembayaran tagihan di perusahaan.

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian

Pengertian Metode Kontrak Selesai dan Metode Persentase Penyelesaian

Pengertian metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian merupakan cara untuk mengalokasikan penghasilan yang didapatkan dari kontrak jangka panjang. Perusahaan kontruksi tentu memiliki keistimewaan terutama dalam hal pelunasan tagihan dan klaim atas biaya yang tidak terduga ke pelanggan.

Apa yang dimaksud metode persentase penyelesaian adalah cara yang digunakan perusahaan untuk mengalokasikan total penghasilan dari kontrak jangka panjang sesuai masa penggunaannya. Kelebihan metode ini adalah entitas memperoleh pelunasan tagihan jangka panjang yang dimiliki lawan transaksi selama berlangsungnya kegiatan bisnis.

Apa yang dimaksud metode kontrak selesai adalah cara untuk mengakui pendapatan ketika entitas telah menyerahkan seluruh pekerjaannya. Kekurangan metode ini adalah penjual tidak akan memperoleh penghasilan dan memerlukan modal yang relatif besar sampai berakhirnya kegiatan pembangunan dan perencanaan bisnis.

Baca Juga: Contoh Soal Metode Periodik dan Perpetual dalam Persediaan

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Konstruksi dan Jawabannya

Contoh soal pengakuan pendapatan konstruksi dan jawabannya menjadi pertimbangan bagi lawan transaksi untuk mengadakan kerjasama bisnis. Entitas diperkenankan untuk mengakuinya sebagai tambahan informasi keuangan sesuai peruntukkan agar kinerja keuangan dapat meningkat.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian hendaknya mengikuti aturan kebijakan akuntansi yang berlaku. Kewajiban perpajakan harus dipenuhi agar entitas tidak terkena sanksi administrasi dan denda pajak untuk keterlambatan penyetoran pph finalnya.

Contoh soal pengakuan pendapatan konstruksi metode persentase penyelesaian terjadi ketika PT Masraffi menerima kontrak pembuatan gedung senilai Rp 843.000.000 dengan perkiraan biaya awal sebesar Rp 674.000.000. Bagaimana cara menghitung pelunasan tagihan dan persentase pekerjaan selesainya?

202020212022
Biaya yang harus dikeluarkan276,34 Juta566,16 Juta674,00 Juta
Perkiraan biaya selesai386,88 Juta226,46 Juta
kemajuan tagihan337,20 Juta320,34 Juta185,46 Juta
kas terkoleksi303,48 Juta256,27 Juta283,25 Juta

Baca Juga: Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya

Kapan Perusahaan dapat Mengakui Pendapatan atas Transaksinya

Kapan perusahaan dapat mengakui pendapatan atas transaksi ketika entitas telah mengirimkan barang dan menyerahkan jasa kepada pelanggan. Pengakuan pendapatan ditunda terjadi ketika setelah pengiriman barang belum ditentukan harga jual yang disepakati sesuai keperluan bisnis entitasnya.

Kapan pendapatan diakui menurut kerangka konseptual penyajian dan penyusunan laporan keuangan saat entitas memiliki keputusan pembuatan laporan kinerja. Kinerja keuangan ditentukan berdasarkan tingkatan informasi yang dimiliki perusahaan selama menjalankan aktivitas bisnis sesuai kegiatan utamanya.

Kapan perusahaan dapat mengakui pendapatan atas transaksinya dapat dilaksanakan agar perusahaan mengakusisi penerimaan pelunasan piutang tak tertagih. Penerimaan piutang bertujuan agar entitas dapat melangsungkan kehidupannya dikarenakan adanya keterbatasan dana perusahaan selama beroperasi.

202020212022
Harga Kontrak843,00 Juta843,00 Juta843,00 Juta
- Biaya dikeluarkan276,34 Juta566,16 Juta674,00 Juta
- Perkiraan biaya sampai selesai386,88 Juta226,46 Juta0,00 Juta
Perkiraan total laba kotor179,78 Juta50,38 Juta169,00 Juta
Persentase penyelesaian kontrak41%84%100%

Baca Juga: Contoh Soal Penerbitan Obligasi yang Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

Demikian contoh soal pengakuan pendapatan konstruksi metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai berdasarkan prinsip akuntansi berterima umum. Hak dan tanggungjawab kontraktor harus dipenuhi setelah entitas menyetujui adanya penyerahan sejumlah kas dan setara kas sebagai uang muka penjualan.

0 Response to "Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel