Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Syariah Akad Mudharabah

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi syariah akad mudharabah adalah transaksi kerjasama antara pengelola dana yang menggunakan modal pemilik dana untuk menjalankan kegiatan usaha. Akuntansi pengelolaan dana mudharabah harus mencerminkan keadaan sebenarnya dari investasi yang telah dilakukan investor.

Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah sebaiknya telah membuat rekening penyisihan kerugian investasi. Pihak yang menanggung kerugian dalam transaksi mudharabah adalah pemilik dana karena seluruh modal berasal darinya. Akuntansi mudharabah dan musyarakah menggunakan profit sharing dan revenue sharing dalam melakukan bagi hasil.

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah menjadi pertanyaan tentang akad syirkah mudharabah. Perbedaan musyarakah, mudharabah dan murabahah bergantung siapakah yang melakukan investasi. Permasalah akad mudharabah adalah terjadinya penurunan nilai aktiva tetap karena kerusakan dan kehilangan hasil investasi.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Syariah Akad Mudharabah


Pertanyaan Tentang Akuntansi Mudharabah

Akuntansi mudharabah adalah penyelenggaraan pencatatan yang dilakukan oleh pengelola dana dan pemilik dana. Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah berkaitan dengan bagaimana pemilik dana melakukan investasi untuk melangsungkan usahanya sehingga menghasilkan keuntungan yang harus dibagi hasil.

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah tentunya berkaitan dengan modal yang diberikan. Modal mudharabah yang diberikan dalam bentuk uang atau kas dapat diakui sesuai dengan jumlah yang disetorkan. Modal mudharabah yang diberikan dalam bentuk non kas atau aktiva tetap dapat diakui sesuai dengan nilai wajar pada saat transaksi.

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah menyesuaikan dengan jenis transaksi yang boleh dilakukan. Terdapat dua jenis akad mudharabah yaitu mudharabah muqayyadah dan mudharabah muthlaqah. 

Mudharabah muqayyadah adalah kerjasama usaha dimana pengelola dana dibatasi untuk menggunakan modal. Mudharabah muthlaqah adalah kerjasama usaha dimana pengelola dana diberikan kebebasan dalam menggunakan modal yang telah disetorkan. Nisbah bagi hasil harus ditentukan dimuka agar tidak terjadi kecurangan dikemudian hari.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Syariah Akad Salam

Soal-Soal Tentang Pembiayaan Mudharabah

Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah berasal dari permasalah yang muncul ketika investasi dilakukan. Akuntansi pengelola dana mudharabah akan mencatat kelalaian yang disebabkan oleh pengelola dana. Penentuan siapakah yang bertanggungjawab berkurangnya investasi mudharabah harus disesuaikan dengan standar keuangan syariah.

Contoh soal transaksi akuntansi mudharabah tentunya dapat berasal dari investasi yang berupa aset non kas. Penurunan nilai aset non kas dapat terjadi setelah barang dipergunakan dalam kegiatan usaha mudharabah. Kerugian penurunan nilai akan diakui sebagai pengurang hasil investasi pada saat bagi hasil keuntungan.

Contoh transaksi akad mudharabah terjadi pada PT Masraffi yang mengelola dana nasabah sebesar Rp 42.000.000. Pada tahun 2020, PT Masraffi berhasil mendapatkan penghasilan sebesar Rp 52.000.000 dengan mengeluarkan beban pokok penjualan dan biaya administrasi sebesar Rp 36.700.000. Nisbah bagi hasil bagi pengelola dana adalah 55%. Berdasarkan contoh profit sharing, berapakah keuntungan perusahaan?

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Murabahah dan Penyelesaiannya

Contoh Perhitungan Bagi Hasil Akad Mudharabah

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah akan berguna untuk menjalankan kegiatan operasional dengan menggunakan dana pemilik modal. Akuntansi mudharabah dan musyarakah melibatkan niali investasi yang turun sebelum usaha dimulai sehingga harus diakui sebagai pengurang investasi.

Contoh soal perhitungan bagi hasil akad mudharabah adalah transaksi kerjasama dimana pemilik modal akan menanggung seluruh biaya kegiatan usaha yang akan dilakukan. Kerugian investasi mudharabah akan diakui sebagai beban usaha dan dilaporkan pada laporan posisi keuangan.

Cara menghitung bagi hasil pembiayaan mudharabah dapat menyesuaikan prinsip revenue sharing dan profit sharing. Berdasarkan contoh soal dan jawaban akuntansi syariah akad mudharabah menggunakan profit sharing sehingga harus menentukan laba berjalan periode tersebut. Berikut contoh perhitungan bagi hasil profit sharing:

Penjualan Rp 52.000.000
Macam-Macam Beban Rp 36.700.000
Laba Tahun Berjalan Rp 15.300.000
Nisbah55%
Bagi Hasil Rp 8.415.000

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Pembiayaan Mudharabah dan Penyelesaiannya

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi syariah akad mudharabah. Pada dasarnya, akad mudharabah adalah pemodal akan menanggung seluruh modal kegiatan usaha, sementara pengelola modal hanya bertugas menjalankan kegiatan operasionalnya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Syariah Akad Mudharabah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel