Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun Tanpa Nilai Residu

Konten [Tampil]

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu menjadi salah satu langkah depresiasi aktiva tetap. Perusahaan menggunakan metode garis lurus dibandingkan saldo menurun berganda untuk melakukan depresiasi dengan alasan melakukan penghematan pajak penghasilan badan.

Bagaimana cara menghitung besarnya penyusutan dengan metode jumlah angka tahun tentunya harus memperhatikan ketentuan perpajakan. Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun menjadikan akuntan perusahaan dapat memilih metode yang dapat memperkecil jumlah pajak penghasilan badan terutang.

Rumus penyusutan metode jumlah angka tahun dalam format excel akan mempermudah langkah depresiasi umur manfaat aktiva tetap. Contoh soal dan jawaban metode jumlah angka tahun berarti perusahaan harus menentukan batas waktu menggunakan aktiva tetap sesuai ketentuan manajemen dan ketentuan perpajakan.

Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun Tanpa Nilai Residu


Rumus Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun Excel

Rumus penyusutan metode jumlah angka tahun excel sebenarnya bergantung pada batas waktu depresiasi aktiva tetap yang dilakukan. Banyak perusahaan yang menggunakan metode garis lurus sebab mempermudah proses depresiasi dan adanya pemotongan pajak penghasilan badan yang relatif stabil.

Rumus depresiasi metode jumlah angka tahun excel mempermudah pekerjaan seorang akuntan perusahaan dalam menentukan beban tahun berjalan. Beban tahun berjalan adalah segala biaya yang digunakan untuk memperoleh penghasilan dan keuntungan sehingga menjadi dasar untuk menentukan laba tahun berjalan.

Rumus penyusutan jumlah angka tahun berasal dari penjumlahan berapa lama sebuah aktiva akan disusutkan. Misalnya, mobil PT Masraffi diperkirakan memiliki umur ekonomis selama 5 tahun dan dikategorikan sebagai penyusutan pertama di perpajakan selama 4 tahun. Jumlah angka tahun sebagai dasar penyusutan adalah 1+2+3+4=10.

Baca Juga: Prosedur Audit Pemeriksaan Aktiva Tetap

Contoh Soal dan Jawaban Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal dan jawaban metode jumlah angka tahun akan mempermudah proses depresiasi aktiva tetap. Pada metode jumlah angka tahun, masa manfaat ditentukan berdasarkan penjumlahan periode waktu penyusutan terjadi. Metode ini berguna bagi aktiva yang jarang dipergunakan untuk proses produksi di perusahaan.

Contoh soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun dapat disesuaikan dengan peraturan perpajakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya masalah penghindaran pajak penghasilan badan. Seluruh metode penyusutan akan menghasilkan nilai yang sama pada akhir periode sebagai dasar penurunan nilai aktiva tetap.

Contoh soal dan jawaban metode jumlah angka tahun terjadi pada PT Masraffi yang membeli mesin seharga Rp 80.000.000. Mesin dapat dipergunakan ketika dilakukan pengaturan yang memerlukan biaya sebesar Rp 10.000.000. Apabila mesin dikategorikan sebagai penyusutan aktiva pertama di perpajakan, maka tentukan jumlah penyusutan tanpa nilai residu pada akhir tahun?

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap

Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun akan menyebabkan perusahaan mengalami adanya depresiasi setiap bulannya. Penyusutan adalah alokasi biaya perolehan aktiva tetap selama umur manfaat atau penggunaan aktiva oleh perusahaan.

Bagaimana cara menghitung penyusutan metode jumlah angkta tahun diharuskan dapat menentukan periode waktu penyusutannya. Berdasarkan contoh soal dan jawaban metode jumlah angka tahun didapatkan hasil sebesar 10 periode (1+2+3+4). Maka, biaya perolehan akan didepresiasi selama periode tersebut.

Biaya perolehan aktiva tetap adalah seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan sampai aktiva tetap siap untuk dipergunakan. Maka, biaya perolehan aktiva tetap terdiri dari harga mesin dan biaya pengaturan mesin untuk dipergunakan. Jurnal pembelian mesin yang dibuat oleh perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2020Mesin Rp 90.000.000
Kas Rp 90.000.000

Perhitungan penyusutan jumlah angka tahun dapat dilakukan dengan menggunakan tabel sebagai berikut.

TahunPeriodeTotal PeriodeBiaya PerolehanBeban Depresiasi
2020410 Rp 90.000.000 Rp 36.000.000
2021310 Rp 90.000.000 Rp 27.000.000
2022210 Rp 90.000.000 Rp 18.000.000
2023110 Rp 90.000.000 Rp 9.000.000

Jurnal penyusutan metode jumlah angka tahun periode pertama harus dibuatkan agar biaya perolehan perusahaan dapat dikurangi. Aktiva tetap dalam laporan posisi keuangan diakui sebesar nilai buku. Adapun jurnal depresiasi yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Depresiasi Rp 36.000.000
Akumulasi Depresiasi Rp 36.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Depresiasi Metode Saldo Menurun Berganda

Demikian contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu semoga dapat membantu proses akumulasi depresiasi terhadap aktiva tetap yang sudah dibeli perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun Tanpa Nilai Residu"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel