Contoh Soal Dividen Saham dan Dividen Tunai

Konten [Tampil]

Contoh soal dividen saham dan dividen tunai dan jawabannya menjadi salah satu bentuk pembagian laba ditahan perusahaan. Alasan perusahaan memberikan dividen saham daripada dividen tunai adalah mempertahankan jumlah ekuitas perusahaan sehingga dapat menghindari masalah likuiditas karena berkurangnya kas untuk membayar hutang jangka pendek.

Contoh soal dividen properti, dividen likuidasi, dividen kas dan dividen saham preferen dan saham biasa menjadi hasil investasi yang dinantikan oleh investor. Mengapa perusahaan membayar dividen? sebab perusahaan diharapkan mampu memberikan hasil investasi kepada para investor yang mau memberikan dananya.

Contoh kebijakan dividen adalah membagikan dividen ketika perusahaan dalam keadaan mendapatkan laba bersih yang banyak. Dividen mengurangi modal perusahaan kecuali perusahaan membagikan dividen saham. Oleh sebab itu, hubungan dividen dengan laba ditahan adalah ketika laba ditahan dibagikan maka akan mengurangi jumlah modal di perusahaan.

Contoh Soal Dividen Saham dan Dividen Tunai


Mengapa Perusahaan Tidak Membagikan Dividen?

Mengapa perusahaan tidak membagikan dividen tentunya menjadi pertanyaan bagi para pemegang saham. Dividen adalah pembagian laba ditahan sebagai hasil kinerja keuangan untuk beberapa periode. Utang dividen dicatat perusahaan pada saat tanggal pengumuman pembagian dividen yang akan dilakukan.

Mengapa perusahaan membagikan dividen adalah membagikan sinyal bahwa perusahaan mendapatkan laba yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Alasan perusahaan memberikan dividen pada pemegang saham adalah keyakinan perusahaan untuk melunasi hutang yang akan jatuh tempo seperti hutang wesel dan hutang bank.

Alasan perusahaan tidak membagikan dividen adalah adanya rencana untuk melakukan perluasan wilayan perusahaan yang memerlukan dana banyak. Ada 3 hal sebagai akibat pembagian dividen yaitu perusahaan akan mengalami penurunan kas dan bertambahnya hutang jangka pendek yang harus segera dibayarkan pada periode mendatang.

Baca Juga: Sifat dan Contoh Subsequent Event

Hubungan Dividen dengan Laba Ditahan

Hubungan dividen dengan laba ditahan adalah dividen hanya akan dibagikan ketika perusahaan memperoleh laba ditahan. Perusahaan yang baru didirikan akan memberikan dividen saham sebab aliran kas perusahaan sebagian besar akan digunakan sebagai alat untuk memperluas pangsa pasar perusahaan.

Hubungan dividen dengan laba ditahan adalah terjadinya kelebihan dan kekurangan dilakukannya dividen saham atas stock split oleh perusahaan anak. Alasan perusahaan untuk memberikan dividen saham adalah tidak mengurangi jumlah modal diperusahaan sehingga dapat mempertahankan rasio likuiditas pada akhir periode.

Jelaskan hubungan dividen dengan laba ditahan yaitu pembagian dividen akan mengurangi modal perusahan kecuali perusahaan membagikan dividen saham. Laba ditahan akan berkurang ketika dewan komisaris memutuskan untuk memberikan dividen saham kepada pemegang saham perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Yang Diterbitkan Diantara Dua Tanggal Bunga

Contoh Soal Dividen Saham dan Dividen Tunai Serta Pembahasannya

Contoh soal dividen saham dan jawabannya biasanya dilakukan ketika perusahaan ingin mempertahankan jumlah modal yang disetorkan dan ingin menjual seluruh saham perusahaan. Dividen tunai adalah dividen yang dibagikan dalam bentuk kas atau setara kas. Dividen saham adalah dividen yang dibagikan dalam bentuk saham sehingga akan mengubah presentase kepemilikan perusahaan.

Contoh soal dividen tunai dan dividen saham telah terjadi pada PT Masraffi yang mendapatkan keuntungan sebesar Rp 58.000.000. Dewan direksi memutuskan untuk membagikan 40% laba ditahan sebagai dividen tunai. Dewan direksi membuat jadwal pengumuman dan jadwal pembagian dividen pada tanggal 5 januari dan 10 januari. 

Jurnal pengumuman pembagian dividen saham akan mengubah laba ditahan menjadi hutang dividen pemegang saham. Hutang dividen pemegang saham menjadi likuiditas jangka pendek yang harus dibayarkan dengan segera. Adapun jurnal pembagian dividen tunai adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/01/2020Laba Ditahan Rp 23.200.000
Hutang Dividen Rp 23.200.000

Jurnal pembagian dividen tunai akan dibuat ketika perusahaan telah mendistribusikan kas dan memotong pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Contoh soal pembagian dividen dan pajaknya bergantung pada lawan transaksi, apakah orang pribadi atau badan. Tarif dividen orang pribadi adalah 10% sementara tarif dividen badan adalah 15%. Adapun jurnal pembagian dividen adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
10/01/2020Hutang Dividen Rp 23.200.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 20.880.000
Kas Rp 2.320.000

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman dan Pembagian Dividen Properti dan Dividen Likuidasi

Demikian contoh soal dividen saham dan dividen tunai dimana perusahaan harus memungut pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang tidak dapat dijadikan sebagai kredit pajak pada pelaporan SPT Tahunan orang pribadi atau badan.

0 Response to "Contoh Soal Dividen Saham dan Dividen Tunai"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel