Contoh Soal Pembelian Kembali Saham (Treasury Stock)

Konten [Tampil]

Contoh soal pembelian kembali saham atau treasury stock akan terjadi pada perusahaan yang ingin mengurangi jumlah saham beredar. Pencatatan penerbitan saham akan berdampak pada agio dan disagio yang mungkin diperoleh perusahaan. Agio saham treasuri adalah keuntungan ketika perusahaan berhasil menjual saham yang telah dibelinya.

Alasan perusahaan melakukan treasury stock adalah meningkatkan laba per lembar saham sehingga dapat menarik minat investor baru. Perbedaan saham treasuri dan saham biasa adalah pengakuan adanya selisih laba rugi ketika jualbeli saham dilakukan. Manfaat treasuri stock bagi perusahaan diantaranya mempengaruhi permintaan saham di bursa efek.

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham tentunya dapat berupa saham preferen dan saham biasa. Saham treasuri dalam laporan keuangan diakui sebagai pengurang dari saham biasa dan tidak diakui sebagai aset perusahaan. Pertanyaan tentang saham treasuri akan berguna bagi akuntan publik dalam menentukan indikasi kecurangan.

Contoh Soal Pembelian Kembali Saham (Treasury Stock)


Alasan Perusahaan Melakukan Treasury Stock dan Manfaatnya

Alasan perusahaan melakukan treasury stock adalah menghindari adanya monopoli kepemilikan saham perusahaan sehingga dapat meningkatkan jumlah laba per lembar saham. Paid in capital in excess of sale treasury stock merupakan selisih dari laba penjualan kembali saham yang telah diakui perusahaan di masa depan.

Manfaat saham treasuri bagi perusahaan adalah meningkatkan jumlah permintaan saham di masa depan. Apabila perusahaan dikemudian hari menjual kembali saham treasuri, maka perusahaan dapat menentukan harga sahamnya diatas atau dibawah nilai perolehan tersebut. Saham treasuri tidak akan memiliki hak suara ketika RUPS dan pembagian dividen.

Alasan perusahaan melakukan treasury stock adalah meningkatkan jumlah laba per lembar saham. Semakin banyak jumlah saham beredar maka keuntungan yang diperoleh pemegang saham akan kecil. Perusahaan dapat membayar karyawan dengan menggunakan sahamnya sendiri untuk menghindari adanya delusi saham.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pencatatan Penerbitan Saham

Perbedaan Saham Treasuri dan Saham Biasa

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa adalah nilai nominal yang diakui sebagai kekayaan perusahaan. Saham treasuri adalah saham yang dibeli perusahaan dan menjadi hak perusahaan. Reakuisisi saham adalah proses membeli kembali saham yang beredar dengan tujuan menjualnya kembali di masa depan.

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa keuntungan, kerugian dari penjualan dan pembelian bahkan penerbitan saham tidak boleh diakui sebagai penambah komponen laba rugi perusahaan. Nilai saham treasuri yang didapatkan perusahaan akan diungkapkan secara terpisah dalam catatan atas laporan keuangan sesuai PSAK 7.

Keuntungan melakukan treasury stock adalah meningkatkan laba per lembar saham sebab adanya pengurangan terhadap jumlah saham beredar. Contoh soal treasury stock dalam laporan posisi keuangan sebaiknya digunakan sebagai dasar pembuatan catatan atas laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga

Contoh Soal Treasury Stock Dalam Laporan Posisi Keuangan

Contoh soal treasury stock dalam laporan posisi keuangan akan berguna sebagai dasar pembuatan catatan atas laporan keuangan. Saham yang diperoleh kembali yang belum diperjualbelikan lagi akan diakui sebagai ekuitas dan bukan sebagai aktiva perusahaan. Saham adalah tanda penyertaan modal dalam perusahaan.

Contoh soal saham treasuri dalam laporan posisi keuangan berkaitan dengan pertanyaan pilihan ganda dan soal essay dalam materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Selisih laba rugi dari penjualan saham treasuri tidak boleh diakui sebagai komponen laporan laba rugi perusahaan.

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham terjadi pada PT Masraffi yang memiliki saham beredar sebanyak 7.000 lembar saham dengan nilai pari @700. Tanggal 4 juni 2020, PT Masraffi melakukan akuisisi terhadap saham yang beredar sebanyak 700 lembar saham dengan harga pasar @900. Buatlah jurnal pembelian saham kembali oleh perusahaan dalam proses akuisisi?

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/06/2020Saham Treasuri Rp 630.000
Kas Rp 630.000

Saham yang diperoleh kembali melalui proses akuisisi berhasil dijual dengan harga @1.500 sebanyak 350. Jurnal penjualan kembali saham treasuri adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/02/2021Kas Rp 525.000
Saham Treasuri Rp 315.000
Agio Saham Treasuri Rp 210.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Obligasi Dengan Premium dan Diskonto

Demikian contoh soal pembelian kembali saham atau treasury stock dalam laporan posisi keuangan, semoga dapat membantu bagaimana mengakui saham dalam catatan atas laporan posisi keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Pembelian Kembali Saham (Treasury Stock)"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel