Contoh Soal Pengumuman dan Pembagian Dividen Saham Preferen dan Saham Biasa

Konten [Tampil]

Contoh soal pengumuman dan pembagian dividen saham preferen dan saham biasa sebaiknya harus menetapkan tanggal pencatatan dan tanggal pembayaran. Dividen dapat dibayarkan dalam bentuk kas, saham, properti dan dividen likuidasi. Dewan komisaris harus dimintai persetujuan sebelum pembagian dividen dapat dibayarkan ke pemegang saham.

Contoh soal dividen saham biasa dan saham preferen alangkah baiknya mengumumkan tanggal pembagian dividen. Pada saat tanggal pengumuman, perusahaan akan melakukan pencatatan terhadap saldo hutang dividen. Dividen adalah pembagian laba ditahan kepada para pemegang saham perusahaan.

Cara menghitung dividen saham dapat mempertimbangkan jumlah saham yang beredar. Pembagian dividen saham dapat menentukan tanggal pencatatan dan tanggal pembayaran untuk menilai tambahan saham yang diperjualbelikan setelah tanggal pencatatan tidak akan mendapatkan hak atas pembagian dividen.

Contoh Soal Pengumuman dan Pembagian Dividen Saham Preferen dan Saham Biasa


Pengertian Dividen Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian dividen menurut para ahli adalah pembagian hak atas laba ditahan perusahaan selama beberapa periode untuk diberikan kepada para pemodal perusahaan. Pembagian dividen dapat dilakukan setiap tahunnya, bahkan perusahaan besar dapat melakuan pembagian dividen setiap kuartal dan akhir periode akuntansi.

Pengertian dividen menurut para ahli adalah proses pemberian keuntungan atas investasi yang dilakukan oleh pemegang saham dengan memberikan sebagian laba ditahan perusahaan. Perusahaan yang memiliki laba ditahan lebih besar daripada kas, memiliki kemungkinan tidak dapat membayarkan dividen dan dapat dipergunakan untuk memperluas kegiatan operasional perusahaan.

Defisini dividen menurut para ahli adalah proses penentuan tanggal pengumuman dan tanggal pembagian laba ditahan untuk dibagikan dalam bentuk dividen kas, dividen properti, dividen saham bahkan dividen likuidasi. Selama dividen belum dibayarkan, maka perusahaan akan mencatatnya sebagai utang dividen pada pemegang saham.

Baca Juga: Contoh Soal Amortisasi Diskonto Obligasi dan Premium Obligasi

Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya

Contoh soal dividen saham dan jawabannya akan berguna apabila perusahaan tidak memiliki kas untuk membayarkan investasi pemegang saham. Pembagian dividen saham mengakibatkan pemegang saham tidak memperoleh penghasilan. Apabila periode mendatang perusahaan mendapatkan keuntungan, maka pemegang saham akan mendapatkan lebih banyak lagi pembagian dividen tunai.

Contoh soal dividen saham dan jawabannya akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi berkaitan dengan proses alokasi laba ditahan perusahaan. Mengapa perusahaan membayar dividen dalam bentuk saham? sebab perusahaan memperkirakan apabila pembayaran dividen tunai akan mengakibatkan terganggunya modal perusahaan.

Contoh soal dividen saham dan jawabannya telah terjadi pada PT Masraffi yang telah menerbitkan saham sebanyak 100.000 lembar dengan harga Rp 5.000. Apabila sebanyak 60.000 lembar telah terjual dengan harga Rp 7.000 dan pada akhir tahun 2020 perusahaan mendapatkan laba ditahan sebesar Rp 95.000.000. Buatlah jurnal pengumuman dan jurnal pembagian dividen saham sebanyak 25%?

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga

Jurnal Pengumuman dan Jurnal Pembagian Dividen Saham

Jurnal pengumuman dan jurnal pembagian dividen saham harus mempertimbangkan jumlah saham yang beredar dipasar. Dividen saham adalah pembagian laba ditahan perusahaan kepada pemegang saham dalam bentuk tambahan saham untuk menghindari adanya pembayaran dividen menggunakan kas.

Jurnal pengumuman dan jurnal pembagian dividen saham harus memenuhi prinsip jumlah modal disetor tidak boleh lebih dari modal ditanam. Apabila jumlah modal disetor lebih dari modal ditanam, maka perusahaan harus mengubah akta pendirian perseroan terbatas yang telah disepakati.

Cara menghitung pembagian dividen saham partisipasi dan kumulatif akan memperlihatkan informasi jumlah lembar saham yang ditempatkan dan telah beredar. Laporan posisi keuangan bagian ekuitas sebelum pembagian dividen saham adalah:

Saham Biasa Rp    300.000.000
Aguo Saham Biasa Rp 120.000.000
Laba Ditahan Rp 95.000.000
Jumlah Rp 515.000.000

Jurnal Pengumuman Dividen Saham

Jurnal pengumuman dividen saham dilakukan dengan memperhitungkan jumlah saham yang telah beredar sebanyak 60.000. Apabila pembagian dividen saham sebanyak 25% dari jumlah saham beredar, maka tambahan sahamnya sebanyak 60.000 x 25% = 15.000.

Pengumuman dividen saham akan mengakibatkan jumlah saham yang beredar bertambah dengan mempengaruhi jumlah laba ditahan sebanyak 15.000 x Rp 7.000 = Rp 105.000.000. Jurnal pengumuman dividen saham pada saat tanggal pencatatan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/12/2020Laba Ditahan Rp 105.000.000
Saham akan Diterbitkan Rp 75.000.000
Agio Saham Biasa Rp 30.000.000

Jurnal Pembagian Dividen Saham

Jurnal pembagian dividen saham harus mempertimbangkan informasi tentang tanggal pembayaran saham sesuai persetujuan dewan komisaris. Apabila pembagian dividen telah diumumkan, tetapi pembagian dividen belum dilakukan maka perusahaan tetap mengakuinya sebagai hutang dividen.

Jurnal pembagian dividen saham yang dapat dibuat oleh perusahaan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
12/12/2020Saham Akan Diterbitkan Rp 75.000.000
Saham Biasa Rp 75.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Stock Split (Pemecahan Saham)

Demikian contoh soal pengumuman dan pembagian dividen saham preferen dan saham biasa semoga dapat membantu memahami pengertian dividen sesuai materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi.

0 Response to "Contoh Soal Pengumuman dan Pembagian Dividen Saham Preferen dan Saham Biasa"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel