Status Pesanan Bagi Pembeli dan Penjual di Shopee

Konten [Tampil]
Status pesanan bagi pembeli dan penjual di shopee akan memberikan kemudahan bagi anda yang menginginkan untuk mengetahui riwayat pesanan di shopee. Nah bagi pembeli dengan adanya status pesanan maka dapat mengetahui apakah barang sudah dikirim oleh penjual atau belum. Sedangkan, status pesanan bagi penjual berfungsi untuk memberitahu apakah ada pesanan dari pembeli.

Status pesanan "Belum Bayar", "Dikemas", "Dikirim" dan "Beri Penilaian" di shopee akan berguna bagi pembeli untuk mengetahui kepastian barang pesanan yang telah dicheckout dan dibayarkan di shopee.

Terdapat status pesanan bagi penjual yaitu "Perlu Dikirim", "Dibatalkan", "Pengembalian" yang dapat berguna untuk mengatur barang dagangan penjual yang telah diminati oleh pembeli. Nah status pesanan akan berubah sepanjang perjalanan ke alamat penerima ya.

Seluruh status pesanan bagi pembeli dan penjual berada dalam masa pengemasan dan terdapat garansi shopee atas uang yang telah dibayarkan konsumen. Masa pengemasan adalah estimasi waktu yang diperlukan penjual untuk mempersiapkan barang sampai barang siap untuk dikirim ke alamat penerima.

Apabila penjual menggunakan resi otomatis seperti jasa ekspedisi J&T, JNE cashless dan sicepat maka tab status pesanan pembeli akan berubah dari "Dikemas" menjadi "Dikirim" dalam jangka waktu 24 jam setelah barang diserahkan oleh penjual ke kantor jasa ekspedisi terdekat.

Seluruh produk yang dijual di shopee memiliki masa pengemasan 3 hari dari waktu konfirmasi pembayaran diterima. Sedangkan, masa pengemasan produk pre-order memiliki tambahan waktu 7-14 hari ya.

Status Pesanan Bagi Pembeli dan Penjual di Shopee

Status pesanan bagi pembeli dan penjual di shopee akan terlihat dalam tab menu saya. Sebagai seorang pembeli akan mendapatkan status pesanan yakni "Belum Bayar", "Dikemas", "Dikirim" dan "Beri Penilaian" di shopee. Masing-masing status pesanan bagi pembeli tersebut memiliki arti yang berbeda-beda ya.

Nah status pesanan bagi penjual di shopee terdiri dari "Perlu Dikirim", "Dibatalkan", "Pengembalian". Penjual juga diberikan masa pengemasan untuk mengirimkan barang ke alamat penerima yang dihitung dari konfirmasi pembayaran yang diterima oleh shopee ya. Status pesanan akan berubah dengan sendirinya ketika penjual telah mengirimkan produk melalui jasa ekspedisi yang dipilih pembeli.

Status Pesanan Bagi Pembeli dan Penjual di Shopee
Baca Juga: Cara Menambah Admin pada Akun Seller Center di Shopee

Masa Pengemasan di Shopee Berapa Lama?


Masa pengemasan adalah estimasi perkiraan waktu yang diperlukan oleh penjual untuk menyiapkan barang pesanan yang telah dibayarkan pembeli dan menyerahkannya ke jasa ekspedisi. Masing-masing ekspedisi memiliki waktu pengemasan yang berbeda.

Penjual harus memasukan nomor resi pengiriman dalam paket untuk diserahkan kepada kantor ekspedisi. Apabila penjual menggunakan resi otomatis maka penjual hanya menunggu resi terupdate dari pihak jasa ekspedisi dalam waktu paling lambat 2 hari setelah barang di serahkan ke jasa ekspedisi.

Jika proses pengemasan di shopee lebih dari 3 hari maka pembeli mempunyai hak untuk membatalkan pesanan kepada penjual atau akan terbatalkan otomatis oleh sistem serta penjual akan mendapatkan sangsi dari pihak shopee. Status barang masih "Dikemas" tergantung masing-masing masa pengemasan jasa ekspedisi yakni.


Jasa Kirim
Hari Operasional
JNE REG
Senin - Sabtu
JNE OKE
Senin - Sabtu
JNE Reguler
Senin - Sabtu
Pos Kilat Khusus
Senin - Jumat
GoSend Instant Delivery
Senin - Minggu
GoSend Sameday Delivery
Senin - Minggu
J&T Express
Senin - Minggu
SiCepat Express
Senin - Minggu

Baca Juga: Cara Menarik Saldo Penjual di Shopee ke Rekening Bank dan Shopeepay

Kenapa Barang di Shopee Belum Dikirim

Kenapa barang di shopee belum dikirim tentunya akan berdampak kepada pelayanan kepada pembeli terutama pembeli yang menginginkan barang datang dengan cepat. Nah penjual hanya diberikan waktu sesuai masa pengemasan untuk mengirimkan barang ketika pembeli sudah transfer dana ke shopee.

Sudah transfer tapi barang belum dikirim shopee mengakibatkan pembeli merasa kurang nyaman karena berkaitan dengan kemungkinan pengembalian dana yang telah dibayarkan. Perlu diingat bahwa ketika barang masih dalam masa garansi maka dana tetap akan dikembalikan ke pembeli melalui shopeepay.

Maksud dari "Belum Bayar" di Status Pemesanan Barang Shopee

Status barang belum bayar berarti seorang pembeli telah melakukan checkout pesanan di salah satu toko di shopee akan tetapi pembeli belum melakukan pembayaran atau sudah melakukan pembayaran akan tetapi belum terverifikasi oleh shopee.

Arti belum bayar di shopee bermaksud untuk mengingatkan pembeli agar cepat melakukan pembayaran atas pesanan yang telah diajukan kepada penjual. Hal ini akan berakibat terhadap masa estimasi pengiriman yang diberikan kepada penjual untuk menyiapkan barang ke jasa ekspedisi.

Pembatalan otomatis shopee untuk status pesanan belum bayar akan berlangsung 24 jam setelah barang di checkout dan pembeli tidak diperkenankan lagi menggunakan voucher yang telah digunakan dalam pesanan yang gagal tersebut.

Maksud dari "Dikemas" di Status Pemesanan Barang Shopee

Arti "Dikemas" di shopee berarti pembeli telah melakukan pembayaran yang telah terverifikasi di shopee dimana shopee telah memberitahu penjual agar cepat melaksanakan pengiriman barang. Pada masa ini, pihak shopee memberikan menahan dana terlebih dahulu agar penjual mengirimkan barang ke pembeli ya.

Sudah transfer tetapi barang belum dikirim shopee biasanya status pesanan masih "Dikemas". Hal ini karena penjual membutuhkan waktu agar pesanan siap untuk dikirimkan, anda sebagai pembeli hendaknya menanyakan status barang apakah masih tersedia atau membutuhkan beberapa waktu untuk ada.

Pesanan dibatalkan shopee tetapi sudah transfer sering kali terjadi ketika penjual tidak mengirimkan barang pada waktu masa pengemasan yang telah ditentukan. Kenapa pesanan barang di shopee belum dikirim akan tetapi sudah bayar bergantung kepada penjualnya ya, bukan kepada pihak admin shopee.

Maksud dari "Dikirim" dan "Beri Penilaian di Status Pemesanan Barang Shopee

Arti "Dikirim" dan "Beri Penilaian" di status pemesanan barang shopee tentunya akan membuat pembeli merasa senang karena barang sudah diserahkan penjual kepada jasa ekspedisi yang telah dipilih pembeli.

Maksud "Dikirim" di shopee berarti paket atau barang kiriman telah dikirimkan oleh penjual dan sekarang ini telah berada di pihak jasa ekspedisi. Pembeli selanjutnya harus berhubungan pihak ekspedisi dengan cara cek resi sesuai jasa ekspedisi yang dipergunakan.

Pembeli memiliki hak untuk mengembalikan barang pesanan apabila tidak sesuai dengan keinginan apabila masih dalam masa garansi shopee. Ada kalanya masa garansi shopee habis akan tetapi barang belum sampai, hal ini membuat resah pembeli karena berkaitan dengan klaim pengembalian dana di shopee ya.
Baca Juga: Berapa Lama Pengiriman Shopee dari Luar Negeri? Transit China ke Indonesia?

Kenapa Barang Sudah Dikirim Tetapi Status Masih Perlu Dikirim.

Kenapa barang sudah dikirim tetapi status masih perlu dikirim di shopee tentunya berkaitan dengan proses verifikasi pengiriman dari jasa ekspedisi. Penjual memiliki hak untuk mengantarkan barang ke kantor ekspedisi atau menyuruh kurir menjemput paket atau pickup ke alamat penjual.

Apabila penjual menggunakan layanan pickup dari kurir maka akan membutuhkan beberapa waktu agar pesanan berpindah ke tab dikirim karena kurir biasanya akan melakukan scan di kantor. Sedangkan, apabila anda mengantarkan pesanan langsung ke kantor maka masa pengemasan anda berhenti dan barang pesanan sudah berpindah ke tab dikirim.

Status Pesanan Bagi Pembeli dan Penjual di Shopee

Maksud dari "Perlu Dikirim" di Status Pesanan Shopee

Arti "Perlu Dikirim" di shopee bagi penjual tentunya adalah pembeli yang telah melakukan pembayaran terverifikasi oleh shopee dan shopee telah memberikan rincian barang yang dipesan oleh penjual tersebut.

Mulai saat inilah pesanan di shopee akan masuk dalam tahapan masa pengemasan, penjual yang tidak mengirimkan barang pada saat masa pengemasan akan mendapatkan sangsi. Jika masa pengemasan shopee lebih dari 3 hari maka penjual akan mendapatkan pembatalan pesanan otomatis dari sistem shopee ya.

Sudah transfer tetapi barang belum dikirim shopee tentunya akan berkaitan dengan ketersediaan produk di penjual. Penjual memiliki waktu 2 hari untuk mempersiapkan barang dan mengirimkan ke pembeli ya.

Maksud dari "Pengembalian" di Status Pesanan Shopee

Arti "Pengembalian" di shopee memberikan kabar buruk bagi penjual. Ada kemungkinan produk yang dijual tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembeli sehingga pembeli mengajukan pengembalian dana.

Cara mengajukan pengembalian dana di shopee karena barang tidak kirim sangatlah mudah, anda hanya tinggal menunggu masa pengemasan selesai dengan sendirinya sehingga dana yang telah dibayarkan akan dikembalikan ke shopee ke dalam akun shopee pay anda ya.
Baca Juga: Member Classic, Silver, Gold, Platinum Shopee Maksud dan Artinya Apa
Demikianlah Status Pesanan Bagi Pembeli dan Penjual di Shopee semoga anda paham dan barang pesanan cepat sampai ke alamat anda.

0 Response to "Status Pesanan Bagi Pembeli dan Penjual di Shopee"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel