Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest

Konten [Tampil]
Conth soal dan jawaban penggabungan usaha dengan metode pool of interest menjadi penyatuan kepemilikan dua perusahaan dimana harta dan hutang akan digabungkan menjadi satu neraca. Tujuan penggabungan usaha yakni menyatukan dua atau lebih aktiva dan passiva dari masing-masing perusahaan.

Contoh soal perhitungan penggabungan usaha dengan menggunakan metode pembelian dan penyatuan kepentingan menjadi dua metode yang berhak dipilih oleh perusahaan. Penggabungan badan usaha dengan metode pool of interest mudah dilakukan karena hanya menambahkan aset dari masing-masing perusahaan.

Perbedaan metode pembelian dan penyatuan kepemilikan sangatlah jelas dimana pada metode penyatuan kepentingan sebuah perusahaan tidak perlu dinilai harga wajar atau harga pasar akan tetapi perusahaan akan langsung menambahkan aset dari masing-masing perusahaan.

Cara menghitung dan konsep goodwill dalam penggabungan usaha layaknya perlu diperhatikan dikarenakan sebuah perusahaan yang bergabung tentunya mendapatkan nilai lebih. Contoh soal dan jawaban penggabungan usaha dengan metode pool of interest tidak mengakui adanya goodwill ya.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest

Perbedaan Metode Pembelian dan Penyatuan Kepemilikan

Perbedaan metode pembelian dan penyatuan kepemilikan nyata terjadi terutama dalam mengakui nilai lebih dari masing-masing perusahaan. Perbandingan metode penyatuan kepentingan dan pembelian yang paling bagus dipergunakan adalah metode purchase ya.

Contoh soal penggabungan usaha konsolidasi akuntansi keuangan lanjutan 2 akan memiliki dua metode yang dapat digunakan oleh perusahaan yakni metode purchase dan pool of interest. Perusahaan harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode purchase dan pool of interest tersebut.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Contoh Soal Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest

Contoh soal penggabungan usaha dengan metode pool of interest atau sering disebut dengan penyatuan kepentingan menjadi metode yang paling mudah dilakukan karena tidak perlu menilai sebuah aset menjadi nilai wajarnya. Penggabungan badan usaha akl 2 diatur dala psak nomor 22 dimana sebuah laporan keuangan gabungan harus dapat dibandingkan.

Contoh soal dan jawaban penggabungan usaha dengan metode pool of interest harus dilalui perusahaan dengan menggunakan prosedur yakni.
  1. Persiapkan neraca atau laporan posisi keuangan sebelum proses konsolidasi.
  2. Hitunglah nilai investasi pada anak perusahaan. 
  3. Apabila terjadi selisih maka harus mengurangkan antara agio perusahaan atau laba ditahan.
  4. Laporan posisi keuangan gabungan akan terbentuk dengan menjumlahkan dari laporan keuangan masing-masing perusahaan yang terlibat.
Nah contoh soal penggabungan badan usaha dengan metode pool of interest terjadi pada PT Rafinternet dan PT Masraffi merupakan dua perusahaan yang ingin melakukan penggabungan usaha. Adapun laporan posisi keuangan sebelum perusahaan bergabung adalah

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest
Baca Juga: Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Contoh Soal Perhitungan Penggabungan Usaha Menggunakan Metode Pembelian dan Penyatuan Kepentingan

Contoh soal perhitungan dan penggabungan usaha menggunakan metode pembelian dan penyatuan kepentingan menjadi permasalahan baru. Perusahaan harus memilih salah satu metode yang dapat menyelesaikan kasus penggabungan badan usaha akl 2.

Penggabungan badan usaha dengan metode purchase dan pool of interest dimulai dengan menghitung jumlah lembar saham maksimal yang dimiliki oleh perusahaan. Adapun jumlah saham maksimal PT masraffi yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest

Contoh soal penggabungan badan usaha akl 2 dilakukan ketika PT Rafinternet melakukan penggabungan usaha dengan cara menggantikan aset bersih PT Masraffi dengan memberikan saham sebanyak 100 lot. Bagaimana cara mencatat transaksi tersebut.

Jurnal penggabungan usaha dengan menggunakan metode pool of interest konsolidasi untuk memenuhi kebutuhan tujuan konsolidasi yakni.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest

Contoh soal dan jawaban penggabungan usaha dengan metode pool of interest penggabungan badan usaha akl 2 dapat menjadi laporan posisi keuangan atau neraca konsolidasi sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest semoga anda paham ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha dengan Metode Pool of Interest"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel